Apa itu Payroll? Ini Dia Arti dan Manfaatnya bagi Perusahaan!

Apakah Anda sering mendengar kata payroll, tetapi belum memahami secara mendalam mengenai makna dan manfaatnya?

Payroll sendiri merupakan sebuah istilah yang sering digunakan pada dunia kerja, terutama perusahaan. Istilah ini merujuk pada sistem penggajian yang dilakukan untuk membayarkan hak-hak setiap pegawai di perusahaan.
Apa itu Payroll dan manfaatnya bagi perusahaan

Karena sifatnya yang penting dan menyangkut keberlangsungan hidup banyak orang. Maka, kegiatan payroll ini perlu dilakukan secara optimal, agar tidak menimbulkan kerugian bagi kedua belah pihak.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas secara khusus mengenai pengertian payroll beserta dengan manfaatnya bagi perusahaan.

Pengertian Payroll

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Payroll adalah salah satu istilah yang berkaitan dengan sistem penggajian di sebuah perusahaan. Selain itu, payroll juga merujuk pada data dan juga jumlah kompensasi yang perusahaan harus bayarkan kepada karyawannya.

Payroll banyak digunakan oleh perusahaan, karena dapat mempermudah proses penggajian karyawan yang dilakukan setiap periodenya, terutama bagi perusahaan dengan skala yang besar. Payroll juga dinilai sebagai sistem penggajian yang lebih modern.

Sistem payroll akan mengotomatisasi penggajian yang ada di perusahaan. Dengan begitu, prosesnya akan lebih praktis dan akurat, dibandingkan melalui metode penggajian secara manual.

Manfaat Payroll bagi Perusahaan

Setelah Anda mengetahui gambaran payroll di perusahaan secara singkat. Berikut ini, beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dalam menggunakan sistem payroll, diantaranya:

1. Melihat Laporan Gaji Karyawan Lebih Mudah

Manfaat payroll yang pertama yaitu memudahkan perusahaan, terutama tim manajemen dalam melihat laporan gaji karyawan dan komponen lain, setiap bulannya.

Laporan gaji karyawan akan memiliki jumlah yang berbeda setiap bulannya. Hal ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti absensi, cuti, lembur, denda, dan sejenisnya.

Selain itu, pembayaran BPJS, asuransi, dan pajak penghasilan juga termasuk ke dalam komponen yang ada pada laporan gaji. Melalui laporan gaji ini, perusahaan dapat mengetahui jumlah upah yang harus diberikan kepada karyawan setiap bulannya secara akurat.

2. Meningkatkan Efektivitas

Kehadiran payroll di dalam perusahaan dapat meningkatkan efektivitas dari manajemen maupun HR perusahaan.

Payroll dapat secara otomatis membuatkan laporan gaji karyawan setiap bulannya. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu manajemen maupun HR dalam melakukan pembagian gaji kepada setiap pekerja di perusahaan.

Apabila terdapat hari dimana salah satu karyawan melakukan absen, maka sistem payroll akan melakukan perhitungan secara otomatis dan akurat.

3. Pembuatan Formulir Pajak Lebih Mudah

Manfaat selanjutnya yaitu memudahkan HR dalam membuat formulir pajak karyawan maupun bukti potong pajak karyawan. Karena prosesnya yang dilakukan secara otomatis, maka pembuatan pun bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan akurat.

Mudahkan Perhitungan Payroll Perusahaan dengan LinovHR

Melakukan perhitungan payroll secara manual, pastinya menguras banyak waktu dan juga tenaga, terlebih jika perusahaan Anda sudah termasuk ke dalam skala yang besar.

Selain menguras waktu dan tenaga yang banyak. Perhitungan payroll secara manual juga memiliki risiko yang tinggi akan terjadinya human error selama melakukan penginputan.
Oleh karena itu, diperlukan sebuah aplikasi ataupun software yang mampu menunjang kegiatan perhitungan payroll tersebut menjadi lebih optimal.

Salah satu software HRIS Indonesia terbaik yang ada saat ini yaitu LinovHR. Memiliki fitur-fitur yang lengkap dan saling terintegrasi satu sama lain.

Melakukan perhitungan payroll, penggajian, beserta dengan komponen-komponen lainnya bisa dilakukan dengan praktis dan mudah bersama modul Payroll LinovHR. Kini, Anda tidak perlu lagi khawatir dan membuang banyak waktu dalam mengurus payroll perusahaan. Serahkan semuanya ke software HRIS LinovHR!

Demikian pembahasan mengenai apa itu payroll, mulai dari pengertiannya, hingga manfaat yang diberikan kepada perusahaan. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda memahami peran penting dari sebuah sistem payroll.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

1 Comments:

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Software LinovHR pasti bakalan ngebantu banget sistem kerja HR di sebuah perusahaan. Seperti yang biasa terjadi di perusahaan tempat saya bekerja, menjelang gajian, pasti HR dan Finance yang paling repot ngurusinnya, meski sudah pakai sistem payroll. Makasih atas info super keren ini....

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!