Sabtu, Agustus 28, 2021

Kratingdaeng Red Bull, Pencegah Peradangan dan Tingkatkan Metabolisme

DAFTAR ISI [Buka]
Padatnya aktivitas yang saya kerjakan setiap hari sudah pasti membutuhkan daya tahan tubuh agar tetap prima. Bekerja menjadi seorang tenaga pendidik dan merangkap sebagai tenaga administrasi sekolah yang setiap hari harus bergelut dengan siswa, buku dan komputer, agar seluruh pekerjaan dapat berjalan lancar, maka saya harus memiliki tenaga yang ekstra.

Kandungan Taurin pada Kratingdaeng Red Bull dapat mencegah peradangan dan meningkatkan metabolisme

Belum lagi jika ada pekerjaan yang tidak dapat terselesaikan di sekolah, seperti memeriksa hasil ulangan siswa, membuat soal-soal latihan maupun membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), maka mau tidak mau pekerjaan harus dibawa ke rumah untuk segera diselesaikan.

Selain menjadi tenaga pengajar dan tenaga administrasi, kegiatan saya yang lain yaitu menjadi blogger. Rutinitas ini sudah saya geluti kurang lebih tiga tahun kebelakang. Saat membuat artikel untuk blog, tak jarang tulisan mangkrak karena kelelahan bekerja pada siang hari. Agar tubuh dan pikiran saya selalu prima, saya rutin mengonsumsi suplemen kesehatan dalam bentuk minuman energi.

Kratingdaeng Red Bull, Cegah Peradangan dan Tingkatkan Metabolisme

Semenjak Covid-19 mewabah Indonesia dan dunia, mengonsumsi suplemen kesehatan penambah daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Biasanya, saya minum minuman energi yang mengandung taurin, yakni Kratingdaeng Red Bull 1 jam sebelum beraktivitas.

Kratingdaeng Red Bull minuman energi penambah stamina dan daya tahan tubuh

Suplemen kesehatan sendiri adalah nutrisi yang digunakan sebagai pelengkap makanan yang terdiri dari satu atau lebih bahan yang dapat berupa vitamin, mineral, herbal atau tumbuhan, dan asam amino. 

Agar merasakan nikmat dan memperoleh sensasi yang lebih, saya menggunakan campuran es batu saat minum Kratingdaeng Red Bull.

Manfaat yang saya rasakan setelah mengonsumsi minuman suplemen kesehatan ini tubuh menjadi lebih bergairah dan dapat meningkatkan konsentrasi. Jadi, meskipun berjam-jam menatap layar komputer, memberikan materi pelajaran pada siswa, tubuh tidak merasakan lelah yang berlebih. Selain itu, manfaat minum minuman energi Kratingdaeng Red Bull juga dapat mencegah peradangan dan meningkatkan metabolisme.

Kandungan dan Manfaat Kratingdaeng Red Bull

Sebagai minuman suplemen kesehatan, kandungan nutrisi yang ada pada Kratingdaeng dipercaya memiliki manfaat sebagai penambah stamina tubuh serta konsentrasi. Manfaat minum minuman energi ini juga dapat mencegah peradangan dan meningkatkan metabolisme.

Kandungan nutrisi pada Kratingdaeng Red Bull memiliki manfaat sebagai penambah stamina tubuh serta konsentrasi

Suplemen kesehatan dalam bentuk minuman energi ini sudah memenuhi standar BPOM, sehingga tidak ada efek samping karena bahan yang digunakan merupakan bahan alami. Meski rutin mengonsumsi suplemen kesehatan tidak akan membuat kecanduan karena tidak mengandung bahan baku zat adiktif.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang ada pada Kratingdaeng Red Bull dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh:

1. Taurin, 1000 mg

Kandungan 1000 mg taurin yang ada pada Kratingdaeng Red Bull memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme, memaksimalkan fungsi otak, memperbaiki fungsi kerja jantung. Taurin sendiri merupakan asam amino sulfonik yang diperoleh secara alami dalam tubuh manusia. Asam amino ini banyak ditemukan pada otak, sumsum tulang belakang, jantung, retina, hati, serta otot manusia.

Meskipun tubuh manusia dapat memproduksi taurin sendiri, namun beberapa orang perlu mengonsumsinya. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi taurin dalam bentuk minuman suplemen kesehatan.

Minuman energi dengan kandungan taurin 1000 mg ini dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme otot agar dapat bekerja lebih keras dan lama. Berdasarkan penelitian, taurin juga dapat mencegah kelelahan otot dan mencegah peradangan. 

Selain itu, taurin juga berfungsi mempertahankan hidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, membentuk garam empedu yang membantu proses pencernaan, mengatur kadar mineral dan kalsium sel dalam tubuh, menjaga fungsi sistem saraf pusat dan mata, menjaga sistem kekebalan tubuh serta memiliki efek antioksidan yang penting bagi pencegahan kerusakan sel.

2. Kafein, 50 mg

Kafein merupakan antioksidan yang dijumpai pada kopi dan cokelat yang berfungsi untuk merangsang sistem saraf, meningkatkan metabolisme tubuh, meremajakan sel-sel dalam tubuh serta membantu meningkatkan daya fokus.

Kratingdaeng Red Bull masuk dalam daftar minuman yang aman dikonsumsi karena tidak menggunakan pemanis buatan

Dari hasil penelitian, dosis kafein yang baik dikonsumsi oleh manusia adalah 12,5-100 mg. Takaran 50 mg kafein pada minuman suplemen kesehatan ini setara bahkan lebih sedikit jika dibandingkan dengan satu cangkir kopi, yakni 80-135 mg sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Selain itu kafein juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan dapat membantu memperbaiki suasana hati.

3. Vitamin B Kompleks

Kandungan vitamin B kompleks yang terdiri dari B3, B5, B6 dan B12 pada Kratingdaeng Red Bull dapat membantu mengubah glukosa menjadi energi. Selain itu vitamin B kompleks juga dapat membantu meningkatkan metabolisme asam amino dan lemak, membantu pembentukan sel darah merah, merangsang sistem saraf dan membentuk jaringan yang melindungi serabut saraf.

4. Inositol, 50 mg

Pada Kratingdaeng Red Bull terdapat kandung inositol. Inositol sendiri berfungsi untuk membantu metabolisme lemak pada tubuh. Vitamin B3 (Niacinamide) merupakan komponen koenzim di dalam tubuh yang bermanfaat membantu mengkonversi karbohidrat dan lemak menjadi energi. Selain itu, inositol juga berfungsi untuk membantu meningkatkan daya pikir dan kecerdasan.

5. Kolin

Kandung kolin pada minuman berenergi ini digunakan untuk melindungi hati dan meningkatkan metabolisme lemak. Manfaat lain dari kolin yaitu dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memori.

6. Lisin

Manfaat lisin pada Kratingdaeng Red Bull untuk membantu metabolisme protein dan jaringan otot. Selain itu, lisin juga berfungsi membantu proses produksi energi, menurunkan kadar kolesterol serta membantu proses pertumbuhan tulang dan kulit.

7. Tanpa Pemanis Buatan

Sebagai minuman suplemen kesehatan, Kratingdaeng masuk dalam daftar minuman yang aman dikonsumsi karena tidak menggunakan pemanis buatan. Kratingdaeng Red Bull menggunakan gula alami sebagai bahan pemanisnya. Kandungan gulanya merupakan sumber utama dari energi.

Selain itu Kratingdaeng Red Bull sudah melalui tahap uji coba yang dilakukan oleh BPOM RI (Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan Republik Indonesia), dan hasilnya, Kratingdaeng Red Bull aman untuk dikonsumsi.

8. Bersumber dari Mata Air Pengunungan

Seperti halnya air mineral dalam kemasan, minuman energi yang memiliki kandungan kafein dan tanpa pemanis buatan ini berasal dari mata air pegunungan, sehingga lebih aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat dari Kratingdaeng Red Bull. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya jangan mengonsumsi secara berlebihan karena tubuh masih membutuhkan gizi yang lain agar tidak kelebihan energi sehingga mengalami kelainan.

Tentang Kratingdaeng Red Bull

Minuman penambah stamina yang pertama kali diformulasikan di Thailand tahun 1962 dibawah naungan TC Pharmaceutical ini menggunakan gula murni dengan kemasan yang praktis sehingga dapat langsung diminum. Karena keamanannya untuk dikonsumsi, Kratingdaeng juga telah mengantongi standar Internasional minuman energi yang telah dipasarkan di seluruh dunia dengan merek dagang RedBull.

Kratingdaeng Red Bull dipercaya mampu menambah stamina dalam beraktivitas

Di Indonesia, Kratingdaeng Red Bull yang diproduksi oleh PT. Asia Health Energi Beverages (Factory), Sukabumi. Minuman suplemen kesehatan ini telah memperoleh sertifikat IS0 9002 dan lulus uji keamanan pangan secara ketat serta resmi mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Sebagai minuman energi dengan bahan alami tanpa pemanis buatan, Kratingdaeng Red Bull banyak disukai oleh masyarakat. Kratingdaeng Red Bull dipercaya mampu menambah stamina dalam beraktivitas karena kandungan taurin mencegah peradangan dan meningkatkan metabolisme.

Suplemen kesehatan dalam bentuk minuman ini tidak berbahaya karena telah memenuhi standar BPOM Indonesia dan lolos uji keamanan pangan HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Points) sehingga Kratingdaeng masuk dalam daftar minuman yang aman untuk dikonsumsi. Minuman energi ini bukan merupakan jenis obat, sehingga tidak memiliki efek samping, tidak pula menimbulkan ketagihan dan tidak berbahaya untuk kesehatan.


Menurut BPOM, minuman berenergi adalah minuman yang mengandung satu atau lebih bahan yang mudah dan cepat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan energi dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diijinkan, dengan persyaratan total energi minimal 100 Kkal/sajian (SNI 01-668-2002).

Taurine Bantu Atasi Peradangan Akibat Covid-19

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Kratingdaeng Red Bull memiliki kandungan Taurin hingga 1000 mg yang berfungsi untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan membantu meningkatkan metabolisme. Ternyata taurin juga dapat mencegah peradangan berlebih pada tubuh.

Menurut dr. Muhammad Isman S, yang dilansir dari klikdokter.com, taurin memiliki sifat antioksidan untuk menetralkan radikal bebas serta berperan sebagai cytoprotector yang dapat melindungi sel leuksit, maka taurin juga dapat membantu mengatasi peradangan akibat Covid-19.

Mengingat sifat virus yang mampu bermutasi serta sulit untuk diatasi, maka manfaat minum minuman energi yang mengandung taurin ini ternyata bisa membantu mengatasi peradangan akibat Covid-19. Saat ini belum ada satu jenis obat pun yang berhasil menangani pasien penderita Covid-19 pada kondisi parah, maka salah satu pilihan selain membunuh virus SARS-CoV-2 dalam penanganan virus corona adalah mencegah badai sitokin.

Badai sitokin sendiri adalah proses peradangan tak terkendali yang terjadi pada pasien penderita Coronavirus. Terapi yang diberikan untuk membantu meredakan badai sitokin adalah penghambat interleukin-6.

Untuk saat ini, obat yang berfungsi sebagai terapi untuk menghambat aktivitas bakteri spektrum luas, baik bakteri gram negatif maupun positif pada penderita Covid-19 yakni menggunakan obat yang berasal dari taurin, yaitu TRD atau taurolidine.

Dan Kratingdaeng Red Bull merupakan salah satu minuman suplemen kesehatan yang memiliki kandungan taurin yang dapat bekerja untuk mendukung proses peradangan berlebih pada penderita Covid-19.

Tips Mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull

Kandungan nutrisi yang ada pada Kratingdaeng Red Bull diproduksi sesuai dengan batas keamanan yang ditetapkan BPOM sehingga aman dikonsumsi 3 botol sehari. Suplemen kesehatan dalam bentuk minuman energi ini diakui di seluruh dunia oleh para atlet, profesional yang aktif, mahasiswa maupun mahasiswi, dan wisatawan atau traveller yang sedang dalam perjalanan panjang.

Kratingdaeng Red Bull dapat dikonsumsi sebagai minuman olahraga baik sebelum maupun sesudah beraktivitas

Kratingdaeng Red Bull dapat dikonsumsi sebagai minuman olahraga baik sebelum maupun sesudah beraktivitas, khususnya aktivitas-aktivitas yang membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang tinggi.

Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan minum Kratingdaeng Red Bull 1 jam sebelum memulai beraktivitas, seperti sebelum berolahraga, ketika mau bekerja, saat mulai belajar atau mengerjakan tugas, waktu main video games, selama perjalanan atau travelling maupun aktivitas fisik lainnya. 

Untuk konsumsi harian dalam aktivitas ringan, Kratingdaeng Red Bull cukup diminum 1 botol perhari secara rutin. Sedangkan untuk meningkatkan stamina dan konsentrasi tubuh sepanjang beraktivitas, maka disarankan minum Kratingdaeng Red Bull 3x sehari. Manfaat minum minuman energi ini akan hilang bahkan berbahaya bagi tubuh jika:
  1. Konsumsi lebih dari yang dianjurkan
  2. Dioplos dengan minuman lain
  3. Konsumsi berbarengan dengan minuman lain yang memiliki kandungan yang sama
  4. Sensitif terhadap salah satu bahan yang terkandung didalamnya

Oleh karena itu, agar memperoleh hasil yang maksimal serta memperoleh manfaat yang baik untuk kesehatan, maka minumlah Kratingdaeng sesuai dengan petunjuk yang di anjurkan pada botol kemasannya.

Suplemen kesehatan ini baik dikonsumsi 3 kali sehari

Selain manfaat minum minuman energi yang mengandung taurin mencegah peradangan dan meningkatkan metabolisme, suplemen kesehatan ini dapat memberikan efek peningkatan energi pada kelompok subjek usia 18 hingga 55 tahun. Efek yang paling tinggi dapat dirasakan 30 hingga 60 menit setelah mengonsumsi, dan efek ini dipertahankan selama sekurang-kurangnya 90 menit.

Untuk mendapatkan Kratingdaeng Red Bull, biasnya saya membelinya di Minimarket dan Supermarket terdekat. Saat ini, pada E-commerce, seperti Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store pun sekarang sudah dipasarkan. Hanya dengan harga Rp.6.700,- perbotol, saya memperoleh manfaat yang besar dari minuman suplemen ini.

Artikel pendukung:

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

33 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Jobdesknya banyak sekali Kang. Pasti sibuknya bukan main. Salah satu solusi buat nambahin tenaga bisa mengonsumsi Kratingdaeng ya Kang. Apalagi kandungan Kratingdaeng cukup banyak ya.

    Pantesan banyak yang mengonsumsi Kratingdaeng, soalnya manfaatnya banyak juga, salah satunya adalah taurine yang ampuh mengurangi peradangan akibat covit. Nice inpoh. Sehat dan semangat selalu Kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, dengan kita konsumsi kratingdaeng red bull 1 jam sebelum beraktivitas, tubuh kta gak bakal loyo deh

      Hapus
  2. Minuman Kratingdaeng memang ampuh untuk jaga stamina bagi orang yang aktivitasnya banyak. Cukup aman dikonsumsi karena nggak mengandung pemanis buatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak, dan yang pasti gak bakal bikin ketagihan

      Hapus
  3. Waah saya baru tahu nih kalau minuman ini banyak manfaat ny untuk tubuh.

    BalasHapus
  4. Dengan harga yang terjangkau Kratingdaeng bisa menjadi teman ngonten yang menyemangati ya Kang. Emang kerasa sih habis minum terasa lebih segar dan melek.

    BalasHapus
  5. Saya baru tau kalo kratingdaeng bisa bantu atasi peradangan. Selama ini sih taunya cuma buat biar gak gampang capek aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kandungan taurinnya bisa cegah peradangan berlebih akibat Covid-19 juga tuh mbak

      Hapus
  6. kang syahri, kartingdeng ini aman ga ya buat ibu menyusui atau hamil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minuman energi umumnya tidak dianjurkan untuk anak-anak, ibu hamil, dan menyusui. Ini dikarenakan kandungan minuman berenergi mengandung stimulan, termasuk kafein dan gula.

      Tidak dianjurkan, bukan berarti tidak boleh. Namun, untuk anak-anak memang harus banyak istirahat, dan ibu hamil sangat sensitif terhadap bahan-bahan di dalam energy drink

      Hapus
  7. Waa... Serasa diingatkan ini. Udah lama, hampir dua tahun saya dan team ga minum Kratingdaeng ini. Iya, biasanya kami beli satu krat, buat bekal kalau mengadakan pendakian. Terkahir beli di Kersik Tuo, saat mau naik Kerinci Agustus 2019. Tuh udah dua tahun nih ga naik gunung, gak minum lagi deh. Jadi kangen. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum nulis artikel blog minum kratingdaeng red bull dulu jg gpp kok mbak. Bisa memulihkan daya ingat juga kok. Nulis jadi lancar deh pokoknya

      Hapus
  8. Dengan minuman suplemen yang tepat seperti Kratingdaeng, badan tetap bugar, kerjaan utama pun lancar, hobi nulis di blog juga berkibar.
    Sehat-sehat selalu dalam banyaknya ativitas ya Kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, Kratingdaeng memang minuman suplemen kesehatan yang tiada duanya deh

      Hapus
  9. aku belum pernah minum ini kak, rasanya gimana yaahhh penasaran juga sih kadang2. soalnya banyak om dan sodaraku yang suka konsumsi kratingdaerng red bull ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya manis dan menyegarkan. Cobain deh mbak, gak bakal ketergantungan kok. Kan suplemen kesehatan ini bukan obat, jd gak ada efek sampingnya kalo dikonsumsi sesuai anjuran

      Hapus
  10. Jadi ingat dulu zaman bapak masih kerja, sering bawa Kratingdaeng berkrat2... aku suka ikut minum, tapi nggak boleh banyak2. Emang bikin badan jadi seger sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya orang yg beraktivitas berat malah butuh minuman berenergi untuk menjaga staminanya agar tetap energik

      Hapus
  11. ah iya, ingat papaku
    saat harus kerja lembur, papa biasanya minum kratingdaeng
    dan memang membantu memulihkan energi, jadi semangat lemburnya

    BalasHapus
  12. Mantap, lengkap sekali tulisannya, Mas.
    Kratingdaeng Red Bull ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu waktu saya masih SMA, jadi sudah tidak diragukan lagi memang manfaatnya. Apalagi ternyata ada manfaat anti-inflamasi ya, cocok sekali untuk situasi di masa pandemi begini.

    BalasHapus
  13. Btwe, saya baru tahu kratingdaeng ini punya banyak juga manfaat. Dulu sering minta dikit punya bapak ku, haha. Memang bikin melek sih, katanya juga kalau naik kapal terus mabukan bisa dicegah dengan minuman ini.

    BalasHapus
  14. Ih enak nih emang, Kang, Kradingdaeng diminum dingin2. Segeeer. Ternyata selain menyegarkan, banyak juga ya manfaatnya. Aku baru tau sih, Kang.
    Kirain emang cuma untuk penambah energi kita aja gitu supaya gak gampang lelah saat kita beraktivitas, apalagi aktivitas yg berat2 gitu. Ternyata ada manfaat lainnya juga ya minuman berenergi ini.

    BalasHapus
  15. wah dulu sering banget lihat iklan ini di TV, dan memang udah lama sekali ya produk ini, ternyata manfaatnya banyak banget ya

    BalasHapus
  16. wah aku kira kratingdeng cuma buat stamina aja kayak minuman serupa lainnya, ternyata khasiatnya lebih dari itu ya..

    BalasHapus
  17. Dengan aktivitas yang seabrek, emang wajib banget jaga stamina biar ga gampang drop. Alhamdulillah ya dibantu dengan kandungan nutrisi dari Kratingdaeng red bull

    BalasHapus
  18. Surpris. Ternyata kandungan kafeiin dalam Kratingdaeng termasuk rendah ya. Padahal setahu saya ini minuman berkafein tinggi. Dulu sering minum saat lembur agar tetap melek dan tetap berstamina padahal harusnya sudah capek.
    Perlu update informasi, memang, agar lebih paham.

    BalasHapus
  19. Seger banget ini buat penambah energi dan semangat ya Kang. Aku juga minum sesekali

    BalasHapus
  20. Aku belum pernah sih minum kraringdaeng. Emang ngaruh ya buat nambah stamina..

    BalasHapus
  21. Baru tahu kalau krati
    Ngdaeng ternyata terbuat dari bahan gula asli sehingga tidak memiliki efek samping ya karena tidak termasuk kategori obat juga

    Tapi pertanyaan saya apakah kratingdaeng ini aman dikonsumsi oleh bumil atau busui juga nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minuman energi umumnya tidak dianjurkan untuk anak-anak, ibu hamil, dan menyusui. Ini dikarenakan kandungan minuman berenergi mengandung stimulan, termasuk kafein dan gula.

      Tidak dianjurkan, bukan berarti tidak boleh. Namun, untuk anak-anak memang harus banyak istirahat, dan ibu hamil sangat sensitif terhadap bahan-bahan di dalam energy drink

      Hapus
  22. Belum pernah minum kratingdaeng, hihi. Kalo kratingdaeng gitu boleh diminum tiap hari gak mas?

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog