Cek Rekening Bank dan Temukan Cara Efektif Kelola Gaji Bulanan

Banyak orang merasa kesulitan memenuhi kebutuhan hidup karena pengelolaan gaji yang tidak tepat. Cek rekening bank setelah gajian tak lagi terasa menyenangkan karena uang tersebut bisa habis dalam waktu singkat. Agar hal ini tidak terjadi dan kamu tetap bisa menabung untuk masa depan, kamu harus melakukan pengelolaan gaji secara efektif.
Cara efektif kelola gaji bulanan dengan PermataMobile X

Kelola Gaji secara Efektif

Pada dasarnya pengelolaan uang memang harus dilakukan secara cermat. Jika tidak teliti dan disiplin, gaji yang kamu terima bisa saja berlalu begitu saja. Berikut adalah beberapa cara efektif mengelola gaji bulanan yang dapat kamu terapkan:

  • Buatlah Peta Alokasi Dana

Pertama, buatlah peta alokasi dana gaji bulananmu. Alokasi dana ini bisa kamu buat sesuai dengan kebutuhanmu setiap bulan. Misalnya 40% untuk kebutuhan utama, 30% untuk cicilan, 20% untuk hiburan, dan 10% untuk tabungan.

Ingat, setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi buatlah peta alokasi dana sesuai dengan kebutuhan pengeluaranmu. Agar lebih mudah menentukan peta alokasi dana ini, cobalah dengan cek rekening bank terutama setelah kamu menerima gaji.

  • Susun Rencana Pengeluaran

Selanjutnya silahkan susun rencana pengeluaran terutama untuk kebutuhan pokok. Setiap orang pasti punya pengeluaran pokok atau pengeluaran yang sifatnya pasti setiap bulan. Catat apa saja hal-hal yang harus dibeli karena ini pasti akan membutuhkan alokasi dana yang sifatnya mutlak atau wajib. 

Lagi-lagi, cek rekening bank milikmu dulu dan pastikan kamu membuat rencana pengeluaran sesuai dengan jumlah uang yang kamu punya. Jangan membuat rencana pengeluaran melebihi pendapatanmu. Akan jauh lebih baik jika rencana pengeluaran ini dibuat sebijak mungkin. Kamu harus tahu mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan yang sebenarnya bisa ditunda. 

  • Buatlah Prioritas

Banyak orang kesulitan menggunakan gajinya karena tidak tahu prioritas kebutuhan yang dimiliki. Mereka tidak punya prioritas sehingga tiba-tiba bisa saja kehabisan uang padahal ada kebutuhan yang harus dipenuhi. Agar hal ini tidak terjadi, cobalah untuk menyusun prioritas pengeluaran.
Baca juga:
Cek rekening bank, catat berapa uang yang dimiliki lalu buat prioritas. Berapapun gaji yang kamu punya, entah kecil atau besar, pasti bisa dioptimalkan jika kamu tahu prioritas kebutuhanmu. Kamu tahu mana yang harus diutamakan dan mana yang bisa ditunda sehingga gaji yang kamu miliki bisa dimanfaatkan dengan baik. 

  • Terapkan Prinsip Berhemat

Tips ini berlaku untuk siapa saja bukan hanya bagi orang-orang yang gajinya terbatas. Berapapun banyaknya gaji yang kamu terima, usahakan untuk terus menerapkan prinsip berhemat. Cek rekening bank secara berkala untuk mengontrol keinginan konsumtif yang kamu miliki. Usahakan untuk menahan diri terhadap hal-hal yang sifatnya tidak primer. 

Agar kamu bisa tahu apakah kamu sudah hemat atau belum, lakukan evaluasi secara rutin. Cobalah untuk cek transaksi yang sudah kamu lakukan dalam kurun waktu satu bulan. Catat mana saja transaksi yang sebenarnya tidak kamu butuhkan dan terhitung boros. Pastikan transaksi tersebut tidak terulang kembali dan bisa lebih dikendalikan di kemudian hari. 

  • Gunakan Layanan Mobile Banking

Pakailah fitur mobile banking yang kini disediakan oleh pihak bank. Layanan ini akan mempermudah kamu untuk mengakses tabungan secara online. Kamu bisa mengurus pembuatan mobile banking ini ke pihak bank sehingga di kemudian hari kamu akan mendapat kemudahan cek rekening bank dan pengelolaan dana lewat aplikasi.

Bukankah layanan ini justru bisa meningkatkan potensi transaksi yang berlebihan? Jika kamu bijak, mobile banking ini justru akan mempermudah kamu dalam mengelola dana. Kamu bisa mengontrol jumlah uang yang kamu miliki dan cek transaksi secara berkala.

Cara mudah cek rekening bank dengan layanan mobile banking dari Permata Bank

Atur Gaji Bulanan dengan PermataMobile X

Kini telah hadir layanan mobile banking persembahan PermataBank yaitu PermataMobile X. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk mengelola gaji bulanan secara efektif. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh PermataMobile X:

  • Fitur Lengkap dan Canggih

Kelebihan pertama, PermataMobile X menghadirkan ratusan fitur yang canggih dan bermanfaat. Tidak hanya bisa cek rekening bank secara online, kamu juga bisa melakukan berbagai hal lewat ratusan fitur yang tersedia. 

  • Akses Dijamin Aman

Sebagai pengguna PermataMobile X kamu akan merasakan kemudahan dan jaminan keamanan. Layanan ini menggunakan fitur login ganda yang mengandalkan face ID dan sidik jari. 

  • Pemakaian Sangat Praktis

Melalui PermataMobile X kamu bisa melakukan berbagai macam hal dengan mudah dan praktis. Kamu bisa membuka rekening, transfer, cek transaksi, bayar kartu kredit, isi ulang pulsa, bahkan mengajukan KTA dari satu aplikasi saja. 
Memang ada banyak hal yang dapat kamu lakukan sebagai pengguna PermataMobileX. Inilah dia deretan aktivitas yang bisa dilakukan lewat layanan mobile banking PermataBank tersebut:
Cek rekening bank atau mutasi transaksi sampai 12 bulan.
  • Bayar berbagai tagihan (listrik, internet, telepon, dan lain-lain).
  • Isi pulsa, e-wallet, token listrik, juga beli voucher game.
  • Buka tabungan, buat kartu kredit, hingga ajuan KTA online.
  • Penjualan, pembelian, serta switching produk reksa dana.
  • Transaksi di toko atau merchant pakai fitur QR Pay dengan scan barcode.
  • Tarik uang cash melalui gerai Indomaret tanpa kartu dengan Mobile Cash. Masuk ke ‘Menu lainnya’ lalu klik opsi ‘Mobile Cash’ dan pilih ‘Indomaret’. Ketikkan nomor HP dan terima cash code untuk ambil dana di kasir Indomaret.
  • Kirim uang lewat WhatsApp Gift (transfer yang dilengkapi ucapan melalui WhatsApp).
  • Mengajukan kenaikan limit sementara kartu kredit.

Kemudahan cek rekening bank, transaksi, maupun pengelolaan gaji kini lebih mudah lewat mobile banking. PermataMobile X menjadi pilihan layanan yang tepat karena dijamin aman dan tepercaya. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui App Store dan Google Play Store.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.