Rekening Bank: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengeceknya

Rekening bank adalah sebuah akun yang tersusun atas beberapa digit nomor dengan fungsinya sebagai alat dalam bertransaksi di sebuah bank. Transaksi yang bisa Anda lakukan sebagai nasabah di sebuah bank di antaranya yaitu menyetor uang untuk menabung, mentransfer uang, hingga transaksi tarik tunai.
Pengertian, jenis, dan cara cek rekening bank
Sumber gambar: https://www.istockphoto.com/photo/cash-dispenser-with-smartphone-gm900792194-248522610
Dewasa ini memiliki rekening bisa dikatakan sebagai sebuah kebutuhan. Selain itu, dengan memiliki rekening Anda bisa menjadikannya sebagai tempat yang aman untuk menabung dan menyimpan uang. Berikutnya Anda juga bisa belajar untuk mengatur keuangan apabila telah memiliki rekening sendiri.

Di zaman yang serba digital ini, kepemilikan sebuah rekening wajib dimiliki oleh orang di berbagai kalangan usia. Untuk pemahaman selanjutnya, di bawah ini akan dijelaskan terkait macam-macam rekening, cara cek rekening, hingga rekomendasi rekening tabungan yang memiliki banyak keuntungan.

Jenis-Jenis Rekening Bank

Rekening yang dimiliki nasabah dapat dibedakan jenis-jenisnya, yaitu sebagai berikut:

1. Rekening Aktif

Jenis rekening yang pertama yaitu rekening aktif. Jenis ini memiliki ciri-ciri berupa terdapatnya mutasi saldo dalam bentuk penarikan maupun setoran. Selain itu yang perlu diperhatikan supaya rekening bank Anda tetap aktif, yaitu untuk selalu menjaga saldo pada rekening Anda. Jangan sampai saldo di tabungan berada di bawah saldo minimal atau bahkan sampai menyentuh angka 0.

2. Rekening Mati

Berlawanan dengan rekening aktif, jenis berikutnya yaitu rekening mati. Sebuah rekening dikatakan sebagai rekening mati apabila tidak terdapatnya transaksi atau mutasi saldo baik melakukan penarikan ataupun setoran.

Apabila sebuah rekening sudah lama tidak melakukan transaksi dalam bentuk apapun dan telah melewati jangka waktu sesuai ketentuan bank, maka bank berhak untuk menonaktifkan rekening yang Anda punya.

3. Rekening Giro

Rekening giro adalah produk yang dibuat oleh bank yang merupakan simpanan atau tabungan dalam mata uang rupiah atau mata uang asing milik nasabah baik individu atau badan usaha yang sistem penarikan saldonya dilakukan dengan menggunakan bilyet giro dan warkat cek.

4. Rekening Koran

Rekening koran merupakan rangkuman perincian dari seluruh transaksi yang telah dilakukan oleh seorang nasabah. Detail rincian ini hanya dapat diprint atau dicetak selama satu bulan sekali.

5. Rekening Bersama

Poin terakhir dari pembahasan topik jenis-jenis rekening bank ini yaitu rekening bersama. Rekening bersama, sesuai dengan namanya, maka dapat diartikan sebagai sebuah rekening yang bisa dimiliki oleh lebih dari satu orang.
Baca juga:
Rekening bersama dapat dimanfaatkan bagi Anda yang tertarik untuk merintis bisnis dengan kerabat, sehingga dengan rekening bersama ini bisa kalian kelola bersama. Sementara itu, rekening bersama juga dapat dimanfaatkan secara sederhana bagi para pasangan dan keluarga.

Cara Cek Rekening Bank

Untuk mengetahui nomor rekening, maka Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

1. Melihat Buku Tabungan

Cara yang paling mudah untuk mengetahui nomor rekening bank milikmu yaitu dengan melihat buku tabungan yang Anda punya. Biasanya, nomor rekening akan tertera pada sampul buku tabungan bagian dalam.

2. Mengecek Lewat Mesin ATM

Selain mengecek di buku tabungan, Anda juga mengecek nomor rekening milikmu melalui mesin ATM. Anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan kartu ke mesin ATM kemudian memilih opsi untuk mengecek saldo. Berikutnya, akan keluar struk berisikan informasi saldo yang pada struk tersebut juga terkandung informasi terkait rekening Anda.

Cara mudah cek rekening bank
Sumber gambar: https://www.istockphoto.com/photo/person-entering-pin-code-using-atm-bank-machine-to-withdraw-money-close-up-gm1281693485-379661090

3. Mengecek Lewat E-Banking

Cara lainnya yang bisa dilakukan di rumah untuk cek rekening Anda, yaitu dengan membuka aplikasi e-banking yang Anda punya.

Ketika Anda sudah masuk ke dalam aplikasi, Anda bisa mengklik menu yang memberitahumu terkait informasi saldo. Biasanya pada menu tersebut, Anda akan diperlihatkan dengan informasi rekening.

Apa Sih PermataME Itu?

Salah satu rekening bank yang bisa Anda gunakan dan memiliki banyak keuntungan, yaitu rekening PermataME. PermataME merupakan produk tabungan online keluaran PermataBank yang didesain dan menjadikan anak milenial sebagai target utama nasabahnya. Hal ini dikarenakan PermataME memiliki berbagai keuntungan yang dapat menunjang gaya hidup mereka.

Keunggulan PermataME?

  • Ketika Anda akan membuka rekening PermataME maka Anda akan menemukan fakta bahwa proses pengajuannya cepat dan mudah, serta dilakukan secara online lewat sebuah aplikasi mobile banking milik PermataBank, PermataMobile X.
  • Anda juga akan mendapatkan cashback sebesar 10% di setiap transaksi transportasi online, lalu cashback sebesar 20% di setiap transaksi belanja online serta cashback sebesar 30% di setiap transaksi membeli kopi dan menonton bioskop.
  • Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari rekening bank PermataME, berupa gratis biaya transaksi untuk tarik tunai di seluruh ATM dalam negeri dan luar negeri yang memiliki logo VISA/PLUS dengan syarat saldo sebelum transaksi minimal Rp 1 juta.
  • Kartu Debit PermataME eksklusif dan didesain secara khusus bagi seluruh Nasabah PermataME akan Anda dapatkan usai proses pembukaan rekening Anda selesai.
  • Anda bisa menikmati beragam promo eksklusif bagi pemegang PermataME debit card.
  • Bebas biaya transfer online via PermataMobile X, PermataNet, dan PermataATM bisa Anda dapatkan apabila Anda membuka rekening PermataME.

Penutup

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dengan membuka tabungan PermataME. Transaksi yang bisa dilakukan pun bisa beragam.
Baca juga:
Apabila Anda merupakan generasi milenial, maka rekening PermataME bisa menjadi jenis tabungan yang cocok untukmu. Mengapa demikian? Karena PermataME telah didesain menyesuaikan gaya hidup Anda.

Prosesnya yang anti ribet tidak akan membuatmu menunggu lama hanya untuk membuka rekening. Tunggu apa lagi? yuk buruan buka rekening bank PermataME Anda sekarang!

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!