Apa Itu NFT, Cara Buat dan Daftar NFT Marketplace Indonesia

Beberapa bulan yang lalu, jagat dunia maya Indonesia dihebohkan dengan sosok anak muda yang memperoleh penghasilan hingga miliaran rupiah. Ya, dia adalah Ghozali Everyday. Dia memperoleh penghasilan tersebut hanya bermodal mengunggah foto selfie-nya di salah satu NFT marketplace.
Mengenal apa itu NFT, cara membuat dan daftar NFT Marketplace Indonesia

Yang mungkin menjadi pertanyaan oleh banyak orang, mengapa hanya mengupload foto selfie bisa mendapatkan cuan hingga miliaran rupiah, dan apa itu NFT?. Ya, Non-Fungible Token atau yang lebih dikenal dengan NFT ini menjadi salah satu terobosan baru dari blockchain.

Mengenal Apa Itu NFT

NFT merupakan salah satu aset digital yang dimiliki oleh seseorang, termasuk Anda. Pada umumnya, untuk merekam transaksi di NFT marketplace menggunakan teknologi blockchain ethereum. NFT juga dapat dikatakan sebagai barang berharga yang nilai tukarnya tidak bisa diganti dengan barang yang lain.

Di NFT marketplace, Anda dapat menjual berbagai macam barang, baik berupa karya seni seperti musik, video, foto bahkan dokumen pribadi menjadi NFT. Untuk menentukan harga jual, biasanya pembeli akan menentukan harga berdasarkan kualitas, kreativitas dan reputasi penjualnya.

Hadirnya NFT marketplace banyak dimanfaatkan oleh para seniman, mulai dari artis, musisi, kreator, influencer hingga atlet. Disamping sebagai media koleksi digital, NFT juga menawarkan imbalan yang besar dari investor yang bersedia membayar aset NFT mereka.

Meski saat ini NFT masih terbatas pada dunia industri seni, hiburan dan hobi, namun tidak menutup kemungkinan orang awam pun dapat melakukan jual beli aset NFT yang penting memiliki mata uang kripto dan ada aset yang akan dijual, terutama aset berharga yang memiliki nilai seni.

Cara Membuat NFT

Sebelum menentukan aset apa yang akan dijual untuk mendapatkan banyak penghasilan, sudah barang tentu Anda harus memiliki akun di NFT marketplace dan memiliki aset kripto yang sesuai dengan platform yang akan digunakan untuk transaksi.

Oleh karenanya, sebelum mulai bertransaksi sebaiknya tentukan dulu pasar NFT dan miliki aset kripto yang sesuai dengan marketplace jual beli aset. Berikut ini cara membuat NFT, dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum jual beli NFT.

1. Pilih NFT Marketplace

Karena tiap NFT marketplace memiliki aturan transaksi yang berbeda-beda dan menawarkan spesialisasi jenis aset digital yang bisa dijual dengan NFT, maka sebaiknya pilihlah NFT marketplace yang memberikan kenyamanan saat menggunakannya.

2. Buat Akun di NFT Marketplace

Setelah menentukan NFT marketplace yang dipilih untuk transaksi aset NFT, langkah berikutnya yaitu membuat akun di NFT marketplace tersebut dengan menautkan dompet cryptocurrency sebagai pendukungnya

Sebagai contoh, gunakan dompet MetaMask sebagai dompet kripto dan ditautkan pada marketplace OpenSea. Tetapkan juga jumlah royalti selama proses pencetakan untuk memonetisasi pekerjaan secara pasif dari waktu ke waktu.

3. Upload Aset NFT yang Akan Dijual

Setelah selesai membuat akun, Anda langsung dapat mendaftarkan aset NFT dan menjualnya di pasar. Anda juga akan diberikan opsi untuk mentransfer dan menjual NFT di pasar lain dan dikenakan biaya tambahan.

Untuk mulai menjual aset, klik tombol jual dan ikuti langkah selanjutnya sesuai dengan perintah. Berikan informasi secara lengkap, mulai dari nama aset, harga, batas waktu lelang hingga jenis mata uang kripto yang digunakan untuk membayar.

Selanjutnya, Anda akan dikenakan biaya jaringan blockchain Etherium (biaya gas fees) untuk mencatat transaksi. Biaya gas fees pada tiap NFT marketplace jumlahnya bervariasi tergantung sibuk atau tidaknya jaringan blockchain.

Daftar NFT Marketplace Indonesia

Setelah mengetahui tentang apa itu NFT, cara membuat dan apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan transaksi jual beli aset di NFT marketplace. Berikutnya yaitu mengetahui daftar NFT marketplace lokal Indonesia.

TokoMall adalah salah satu NFT marketplace Indonesia

Terdapat beberapa NFT marketplace yang dapat dijadikan opsi untuk menjual dan mengoleksi NFT. Berikut ini 5 jenis NFT marketplace lokal yang dikembangkan langsung oleh orang Indonesia, antara lain:
  1. TokoMall
  2. Enevti
  3. Baliola
  4. Paras.id
  5. Kolektibel

Penutup

Untuk memulai menjual aset di NFT marketplace, saran saya pilihlah marketplace TokoMall. NFT marketplace asal Indonesia ini sebagai jembatan antara dunia nyata dan dunia digital. TokoMall sangat mendukung para seniman digital, artis, kreator hingga brand lokal yang ingin mengenalkan produk mereka melalui NFT.
Baca juga:
TokoMall sendiri merupakan pengembangan TKO (Toko Token) yang dibuat dengan menggunakan jaringan Binance Smart Chain (BSC). Selain mudah digunakan, marketplace ini juga dapat digunakan untuk menembus barang fisik dari mitra resmi NFT marketplace TokoMall.

Referensi:
  • https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220117115005-37-307907/apa-itu-nft-hal-yang-bikin-ghozali-tajir-melintir-bak-sultan
  • https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220112074207-37-306541/ini-daftar-marketplace-nft-buatan-indonesia-dan-internasional

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

5 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. menarik informasinya bagi saya yang gaptek ini kak, pernah dengar sih cerita Gozali ini
    hak paten perlu sih agar salaing menghargai kreativitas pembuatnya

    BalasHapus
  2. NFT ini emang lagi update. Banyak yang sudah mencobanya walaupun kadang asal2an. Hehe. Paling aman dan mudah ya pilih di marketplace NFT

    BalasHapus
  3. Informatif banget Kang.
    Baru tahu jika NFT Marketplace beda banget dengan marketplace yang sering sliweran di televisi. Ternyata barang yang dijual di NFT Marketplace lebih banyak tentang sebuah karya, ya.
    Pantes saja pelaku bisnisnya orang-orang yang bergerak di bidang seni digital dan para kreator, selain para atis.
    Nice info Kang Syahri.

    BalasHapus
  4. Bermain kripto memang menggiurkan ya. Terutama NTF yang keuntungannya banyak. Harus belajar lagi sebelum benar benar terjun. Biar untungnya juga maksimal

    BalasHapus
  5. Menggiurkan ya. Cuman satu foto selfie bisa jadi jutawan. Kripto dari dulu memang bikin kepengen. Apalagi NTF yang menawarkan keunggulan tersendiri. Salut sama yang sudah lihai di dunia kripto

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!