Ini Dia Faktor yang Mempengaruhi NAB Reksadana

Reksadana saat ini memiliki keuntungan yang semakin meningkat untuk investor dalam mengelola keuangannya. Bahkan investasi jenis ini sudah bisa dilakukan dengan perencanaan yang tepat. Sebelum melakukan investasi, pastikan mengenal NAB atau Nilai Aktiva Bersih untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi NAB Reksadana
Source by: https://pixabay.com/photos/money-rupiah-salary-economic-3431769/
NAB atau Nilai Aktiva Bersih merupakan nilai keseluruhan aset yang setelah dikurangi dengan nilai kewajiban. Pada permasalahan Reksadana bisa disebut dengan Net Asset Value yang digunakan untuk mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk melakukan investasi yang dipilih.

Adanya NAB bisa membantu investor untuk menganalisis jumlah keuntungan yang didapat dari produk Reksadana yang dipilih. Kerugian dalam melakukannya juga bisa diperkirakan untuk penentuan apakah produk dapat memberikan hasil pada investor. NAB harus diketahui investor untuk mengetahui apa saja manfaatnya dalam investasi agar bisa menentukan hasil dengan tepat.

Manfaat Memahami NAB Reksadana dan Faktor yang Mempengaruhi

Definisi Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari pemodal untuk dialokasikan ke dalam portofolio investasi oleh Manajer Investasi. Sehingga Reksadana bisa dikatakan sebagai pembelian surat berharga dari sebuah perusahaan atau produk tanpa mengeluarkan modal yang besar.

Manfaat Memahami NAB Reksadana
Source by: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-smartphone-telepon-genggam-tas-tangan-5717977/
Pengaruh NAB atau Nilai Aktiva Bersih bisa dipelajari oleh investor sebelum membeli produk yang diinginkan. Bisa menjadi salah satu penentu dan pembanding nilai terbaik untuk memberikan keuntungan sesuai. Tujuannya untuk memperkirakan bagaimana keadaan kedepannya jika investor membeli produk tersebut untuk dijadikan investasi.

Dalam melakukan investasi Reksadana ada pemahaman NAB atau Nilai Aktiva Bersih yang harus diketahui investor. Tujuannya agar dapat menganalisa hasil maupun kerugian yang bisa didapatkan dari investasi yang dilakukan tersebut. Sehingga NAB atau Nilai Aktiva Bersih memiliki banyak manfaat agar investor dalam menemukan perusahaan yang sesuai dengan beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu:

1. Dana Kelolaan

Dana kelolaan merupakan total dana yang sudah ditanamkan oleh investor kepada suatu produk Reksadana. Sehingga semakin besar dana yang dikeluarkan bisa memberi hasil yang tinggi. Hal itu mempengaruhi Nilai Aktiva Bersih yang akan dimiliki oleh investor.

2. Perubahan Nilai Pasar Wajar

Perubahan Nilai Pasar Wajar (NPW) bisa berdampak pada perubahan NAB atau Nilai Aktiva Bersih. NPW atau Nilai Pasar Wajar adalah nilai yang diperoleh dari transaksi yang sudah dilakukan oleh pihak tanpa ada paksaan. Sehingga bisa mempengaruhi nilai NAB dari produk investasi Reksadana yang dimiliki.

3. Suku Bunga Bank

Suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia juga menjadi faktor perubahan pada nilai NAB (Nilai Aktiva Bersih). BI rate atau suku bunga jika terjadi kenaikan bisa membuat perubahan besar pada keuntungan yang akan didapat oleh investor.

Jika BI rate naik, terkadang investor lebih memilih mencari investasi yang lainnya untuk meraih keuntungan yang lebih banyak. Hal ini bisa berdampak pada fluktuasi harga yang ditentukan pada produk.
Memahami NAB (Nilai Aktiva Bersih) Reksadana sangat memengaruhi keputusan investor untuk mempertimbangkan, membeli, bahkan menjual produk. Sehingga bisa menghitung terlebih dahulu hasil dan kerugian yang berpotensi terjadi pada produk yang dipilih. Pastikan untuk melakukan investasi Reksadana dengan perbankan DBS Treasures untuk kemudahan yang bisa didapatkan.

Investasi Reksadana dengan DBS Treasures Lebih Mudah dan Nyaman

Lakukan investasi Reksadana dengan mudah melalui produk yang tersedia di DBS Treasures untuk keamanan dan transaksi yang nyaman. Melalui DBS Treasures Anda bisa berinvestasi secara tepat di Reksadana mulai mulai dari Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Campuran sampai Reksadana Pasar Uang.

Kemudahan melakukan transaksi investasi melalui DBS Treasures bisa dilakukan melalui gadget dengan mudah. Pastikan sebelum melakukan transaksi, pisahkan dahulu uang sehari-hari dengan kebutuhan untuk modal investasi. Kemudahan investasi yang dilakukan investor akan terasa keunggulannya, yaitu:

1. Pengelolaan Investasi oleh Profesional

Investasi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara membeli saham atau surat utang untuk mendapatkan keuntungan. Perlu adanya pengelolaan investasi yang tepat oleh profesional di bidangnya. Sehingga pengelolaan bisa terjamin dan memberikan kenyamanan bagi investor saat melakukan investasi di produk manapun.

Pilihan investasi yang dimiliki DBS Treasures sudah dikelola oleh Manajer Investasi profesional dan terkemuka dengan baik. Sehingga produk yang dimiliki investor bisa bekerja dengan optimal untuk memberikan hasil maksimal.

2. Panduan Berinvestasi dengan Tepat

Investasi merupakan cara yang tepat untuk menghasilkan keuntungan dengan cara membeli saham atau surat utang. Panduan berinvestasi dengan tepat menggunakan wawasan terkini saat melakukan pembelian produk Reksadana bisa dimiliki bersama DBS Treasures.

Investor akan mendapatkan analisa pasar dan peluang terkini terkait Reksadana yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan minat, disampaikan oleh para ahli finansial yang andal. Sehingga memberikan gambaran tepat untuk produk investasi yang bisa memberi peluang optimal bagi para investor.

3. Mengurangi Risiko pada Aset Melalui Diversifikasi

Investasi Reksadana dengan DBS Treasures bisa mengurangi risiko melalui diversifikasi pada aset yang dimiliki. Tujuan mengurangi risiko melalui diversifikasi adalah untuk melakukan menyeimbangkan volatilitas pada aset dengan tepat. Sehingga bisa mencegah risiko kerugian oleh investor.
Melakukan investasi Reksadana dengan DBS Treasures bisa dilakukan dengan mudah. Transaksi bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS dan bisa juga melakukan analisis produk investasi dengan tepat.

Bagi investor baru, bisa mendapatkan SID (Single Investor Identification) oleh KSEI melalui Aplikasi digibank by DBS dengan mudah. Sehingga tidak perlu melakukan registrasi pada banyak platform.

Melakukan investasi memang perlu memperhitungkan kekurangan dan kelebihan dari produk yang diinginkan. Investor perlu melakukan analisis dengan tepat pada produk dan mengenalinya. Melalui DBS Treasures bisa lebih yakin mendapatkan produk tepat dengan bantuan ahli dan profesional. Hasil yang didapatkan investor akan maksimal dengan mengurangi risiko yang bisa terjadi.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.