Siapkan Dana Masa Depan dengan Reksadana Saham

Untuk mempersiapkan dana masa depan, tentunya kamu akan membutuhkan investasi jangka panjang seperti reksadana saham. Menabung mungkin bisa menjadi cara yang tepat untuk mempersiapkan dana masa depan. Namun, berinvestasi adalah langkah yang paling tepat untuk mempersiapkan dana untuk masa mendatang.
Reksadana Saham menjadi pilihan investasi yang tepat untuk masa depan
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-laptop-buku-catatan-bekerja-8276193/ 
Reksadana dalam bentuk saham bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam menyiapkan uang untuk jangka panjang. Pasalnya, investasi yang satu ini dapat memberikan keuntungan dengan lebih maksimal jika dilakukan dalam waktu yang cukup panjang.

Manfaat Reksadana Saham

Agar kamu lebih yakin untuk memilih reksadana saham sebagai instrumen yang tepat untuk mengembangkan dana masa depan, coba kamu ketahui beberapa manfaat dari investasi reksadana dalam bentuk saham ini.

1. Cocok Dijadikan Sebagai Investasi Jangka Panjang

Untuk kamu yang sedang memiliki rencana beberapa tahun ke depan, reksadana saham bisa dijadikan sebagai tabungan jangka panjang yang tepat. Pasalnya, produk investasi reksadana yang satu ini bisa memberikan imbal hasil yang lebih optimal jika disimpan dalam waktu yang cukup panjang.

Agar mendapatkan keuntungan yang optimal, setidaknya kamu harus berinvestasi selama 5 tahun pada reksadana berbentuk saham itu. karena itu, jenis investasi ini bisa menjadi pilihan cocok untuk mencapai tujuan finansial kamu di masa mendatang.

2. Didukung oleh Manajer Investasi 

Pada saat kamu berinvestasi saham di reksadana, pengelolaan dana investasi yang kamu tanam akan dikelola dan dialokasikan oleh manajer investasi. Artinya, semua kegiatan jual beli reksadana akan dibantu oleh manajer investasi. Jadi, meskipun belum terlalu memahami investasi ini, kamu tetap bisa berinvestasi dengan baik.
Baca juga:
Biasanya dana yang kamu tanam nantinya akan dipecah belah ke beberapa produk saham yang tersedia dalam produk reksadana tersebut. Selanjutnya, manajer investasi yang akan mengelola dana tersebut hingga dapat menghasilkan keuntungan. Karena itu, keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan bergantung dari kelihaian manajer investasi.

3. Return Lebih Tinggi

Dari beberapa jenis reksadana yang ada, reksadana saham memang menawarkan keuntungan yang paling tinggi. Mungkin pada beberapa tahun pertama kamu akan mendapatkan investasi dalam keadaan negatif. 

Hal ini merupakan sebuah fenomena yang wajar karena reksadana dalam bentuk saham membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk bisa memaksimalkan keuntungannya. Namun, di tahun berikutnya kecemasan kamu akan terbayar karena reksadana ini akan memberikan return yang tinggi.

Karena hal ini, investasi reksadana dalam bentuk saham cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang untuk mempersiapkan dana masa depan.

4. Bersih dari Pajak

Investasi saham mungkin memang menggiurkan karena menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dari reksadana dalam bentuk saham. Namun, saat melakukan transaksi investasi saham, investor akan dikenakan pajak. Hal ini membuat keuntungan yang didapatkannya menjadi tidak maksimal.

Berbeda halnya dengan reksadana dalam bentuk saham, investor akan terbebas dari tagihan pajak. Jadi setiap kegiatan jual beli reksadana yang kamu lakukan tidak akan terkena biaya pajak karena reksadana bukan salah satu produk yang berada dalam naungan perpajakan.

5. Diawasi OJK

Perlu kamu ketahui jika semua produk reksadana sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, termasuk reksadana saham. Artinya, semua kegiatan transaksi yang kamu lakukan akan berada dalam pengawasan badan OJK.

Karena itu, dana yang kamu simpan di reksadana ini sudah pasti terjamin keamanannya dan tidak perlu khawatir jika ingin menyimpannya dalam waktu yang cukup lama untuk kebutuhan dana masa depan.

Siapkan Dana Masa Depan Bersama Reksadana Saham dari digibank by DBS

Jika kamu masih belum menemukan mitra keuangan yang tepat untuk menyimpan dana masa depan dalam investasi, digibank by DBS akan memberikan banyak kemudahan untuk kamu. Jika investasi bersama digibank by DBS kamu bisa menikmati beberapa kemudahan sebagai berikut.

digibank by DBS memberikan kemudahan dalam investasi untuk masa depan
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-smartphone-memegang-kemeja-kotak-kotak-putih-dan-hitam-lengan-panjang-5965577/

  • Aplikasi dengan Fitur Transaksi Lengkap

Kamu akan mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi, mulai dari registrasi Single Investor Identification (SID) yang akan tersedia setelah 2 hari kerja, jual, beli, hingga switching, bisa kamu lakukan dalam satu Aplikasi digibank by DBS karena fitur transaksinya lengkap.

  • Tersedia 50 Lebih Produk Reksadana

Perihal pilihan produk, digibank by DBS tidak perlu diragukan lagi. Kamu akan disuguhkan lebih dari 50 produk reksadana, termasuk reksadana saham. Jangan lupa untuk mempertimbangkan produk yang akan kamu beli sesuai dengan tujuan investasi.

  • Kategori Reksadana

digibank by DBS tidak ingin membuat kamu kebingungan dengan pilihan produknya yang begitu banyak. Karena itu, produk tersebut disajikan dalam 3 kategori yang terdiri atas terpopuler, scoring terbaik, dan kinerja terbaik.
Baca juga:
Jika kamu ingin membeli produk yang banyak dibeli investor, kamu bisa membuka kategori terpopuler. Jika kamu ingin membeli produk dengan riwayat kinerja terbaik selama satu tahun terakhir, pilih kategori kinerja terbaik. Sementara itu, scoring terbaik bisa kamu pilih jika ingin membeli produk reksadana berdasarkan analisis para ahli.

  • Beli Secara Berkala dan Fleksibel

Beli reksadana secara berkala dengan lebih mudah bersama digibank by DBS. Kamu hanya akan diminta melakukan registrasi SID pada awal transaksi saja. Selanjutnya, kamu bisa bertransaksi kapan saja tanpa harus melakukan registrasi ulang.

  • Dana Minimal Rp 100 Ribu

Tidak perlu menunggu memiliki uang segunung untuk mulai mempersiapkan dana masa depan. Dengan Rp100 Ribu saja, kamu sudah bisa mulai mempersiapkan dana masa depan dengan tenang. Jangan lupa untuk konsisten dalam berinvestasi agar hasilnya bisa kamu panen lebih maksimal.

Apalagi yang kamu tunggu? Segera siapkan dana masa depan di reksadana saham bersama digibank by DBS. Kamu tidak perlu melakukan analisis saham yang dalam, serahkan semuanya pada manajer investasi digibank by DBS.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.