Panduan Cara Menghitung Bunga Tabungan Bank

Menyimpan uang di bank dalam bentuk tabungan memang menjadi salah satu cara terbaik untuk mengelola keuangan. Selain bisa menabung secara aman, kamu juga bisa menikmati bunga tabungan. Bunga inilah yang menjadi salah satu alasan banyak orang menyimpan uangnya di bank. Tak ada salahnya untuk membuat perhitungan bunga terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan untuk menabung di bank.
Panduan cara menghitung bunga tabungan bank dengan mudah
https://www.istockphoto.com/id/foto/konsep-suku-bunga-keuangan-dan-hipotek-tangan-menempatkan-blok-kubus-kayu-meningkat-gm1088424832-291984187 

Pilihan Cara Menghitung Bunga

Perlu diketahui bahwa setiap bank memiliki kebijakan perhitungan suku bunga tabungan yang berbeda. Namun, kamu tetap bisa membuat perhitungan dengan mengambil contoh yang spesifik. Berikut akan dibahas 3 pilihan cara untuk menghitung bunga sebagai bahan pertimbangan sebelum kamu mulai menabung.

Sebelumnya, mari gunakan acuan tabel simulasi tabungan di bawah ini:
TANGGAL KETERANGAN DEBET KREDIT SALDO
1 Maret 2022 Saldo - Rp10 juta Rp10 juta
4 Maret 2022 Setoran - Rp6 juta Rp16 juta
7 Maret 2022 Tarik Tunai Rp3 juta - Rp13 juta
9 Maret 2022 Setoran - Rp2 juta Rp15 juta

Kemudian, mari kita ambil contoh suku bunga tabungan sebesar 5%. Dari tabel dan suku bunga ini, bisa dilakukan perhitungan yang lebih rinci melalui 3 metode berikut:

  • Perhitungan Berdasarkan Saldo Harian

Cara pertama, nilai bunga bisa dihitung berdasarkan saldo harian yang kamu miliki. Rumus perhitungannya adalah:
(Saldo harian x suku bunga % x jumlah hari pada bulan yang sedang berjalan) : jumlah hari dalam satu tahun.
Dari tabel yang ada di atas, kamu bisa menghitung saldo harian dari setoran pertama dengan perhitungan sebagai berikut:
Rp16 juta x 5% x (3/365) = Rp6.575,00
Rp13 juta x 5% x (3/365) = Rp5.342,00
Rp15 juta x 5% x (2/365) = Rp4.109,00

Bisa diambil kesimpulan bahwa total bunga tabungan yang didapatkan berdasarkan perhitungan saldo harian adalah total dari semua nilai bunga tadi yaitu Rp16.026,00.

  • Perhitungan Berdasarkan Saldo Terendah

Metode kedua menggunakan data saldo terendah. Silakan lihat kembali tabel yang ada di atas. Berdasarkan tabel tersebut, diketahui saldo terendahnya adalah Rp10 juta. Oleh sebab itu saldo inilah yang akan digunakan dalam perhitungan bunga tabungan. Berikut adalah rumus perhitungan yang dipakai:
Saldo terendah x (persentase suku bunga x jumlah hari berjalannya bulan) : 365 hari.
Dari rumus tersebut bisa didapatkan hasil perhitungan seperti ini:
Rp10 juta x (5% x 31) : 365 = Rp42.465,00.

Kesimpulannya, nilai bunga tabungan yang bisa diterima berdasarkan saldo terendah adalah Rp42.465,00.

  • Perhitungan Berdasarkan Saldo Rata-Rata

Selanjutnya mari kita lakukan perhitungan bunga berdasarkan nilai saldo rata-rata. Artinya harus dicari tahu dulu berapa banyak saldo rata-rata berdasarkan data pada tabel di atas. Setelah itu bisa digunakan rumus sebagai berikut:
Saldo rata-rata x (persentase suku bunga x jumlah hari berjalannya bulan) / 365 hari.
Berdasarkan data dari tabel di atas, bisa dilakukan perhitungan saldo rata-rata dengan cara berikut:
Rp16 juta x 3 = Rp48 juta
Rp13 juta x 3 = Rp39 juta
Rp15 juta x 2 = Rp30 juta
Saldo rata-ratanya adalah Rp117 juta : 31 = Rp3.774.193,00
Nilai bunga dihitung dengan rumus Rp3.774.193 x (5% x 31) : 365 = Rp16.027,00

Kesimpulannya, bunga yang akan diterima pada bulan tersebut adalah Rp16.027,00
Baca juga:
Seperti itulah pilihan cara menghitung nilai bunga tabungan dari sebuah bank. Namun perlu diketahui bahwa perhitungan ini sangat dipengaruhi oleh suku bunga bank dan ketentuan yang berlaku. Sangat disarankan untuk berkonsultasi lebih jauh dengan bank jika ingin mendapatkan perhitungan yang tepat.

Menghitung bunga tabungan bank
https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-laptop-pena-mengetik-7888653/

Menabung Mudah dan Aman bersama digibank by DBS

Di zaman modern seperti sekarang ini menabung memang semakin mudah untuk dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi tabungan online dari digital banking digibank by DBS. Pembukaan akun dan proses menabung di layanan ini sangat praktis. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Aplikasi digibank by DBS:

  • Pembuatan Rekening Mudah

Kamu bisa merasakan kemudahan pembuatan akun rekening tanpa perlu mengumpulkan syarat dokumen yang ribet. Pendaftaran atau pembukaan akun bisa dilakukan secara online tanpa perlu pergi langsung ke bank. Sangat praktis dan memudahkan nasabah di era digital seperti sekarang.

  • Verifikasi Sangat Praktis

Kamu harus menjalani verifikasi agar bisa segera mengakses aplikasi tabungan online. Menariknya lagi, proses verifikasi sangat praktis dan simple. Kamu hanya membutuhkan e-KTP dan sidik jari. Unduh Aplikasi digibank by DBS di hp kamu, isi data diri, kemudian verifikasi pake sidik jari di booth digibank atau bisa juga panggil agen digibank di manapun kamu mau.

  • Gratis Transfer dan Tarik Tunai

Sebagai nasabah, kamu bisa mendapat banyak keuntungan menabung di digibank by DBS. Selain bisa menikmati bunga tabungan yang memuaskan, kamu juga bisa merasakan gratis transfer dan tarik tunai. Transfer bisa dilakukan kemana saja secara gratis melalui aplikasi mobile. Selain itu, kamu juga bisa tarik tunai lewat berbagai gerai ATM bebas biaya. Hanya dengan rata-rata minimal saldo perbulannya Rp1 juta.
Aplikasi tabungan online ini akan sangat membantu kamu untuk menabung dan mengatur finansial. Digital banking dari digibank by DBS ini memiliki fitur yang lengkap dan menawarkan banyak kemudahan. Semua kebutuhan perbankan bisa dipenuhi dengan mudah dan praktis lewat satu aplikasi saja.

Langsung saja lakukan pendaftaran akun rekening di digibank by DBS. Nikmati kemudahan menabung maupun berinvestasi lewat digital banking tersebut. Kamu juga akan menerima bunga tabungan yang memuaskan setelah menabung di sini. Pastikan untuk mengelola tabungan dan menggunakan bunga tersebut secara bijak. 

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.