Cara Mudah Gunakan LinkedIn Mendapatkan Pekerjaan

Salah satu platform media sosial yang dapat dimanfaatkan mencari atau melamar pekerjaan adalah LinkedIn. Platform medsos ini berbeda dengan jejaring sosial lainnya, LinkedIn bersifat profesional sehingga dalam profil penggunannya harus memasukkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan.
Cara efektif gunakan LinkedIn peroleh pekerjaan

Cara Mendaftar LinkedIn

Cara penggunaan platform ini sangat mudah, pengguna cukup pendaftar dengan menggunakan email yang aktif dan gunakan akun medsos ini sesuai kebutuhan. Seperti misalnya untuk menyimpan portofolio pekerjaan, membangun kredibilitas, membagikan link artikel blog atau website agar memperoleh banyak pengunjung hingga mencari karir melalui pekerjaan baru. Berikut ini langkah-langkah membuat akun di LinkedIn:
  1. Buka laman pendaftaran LinkedIn di https://www.linkedin.com/reg/join
  2. Ketik nama lengkap (gunakan nama asli), alamat email, dan kata sandi yang akan digunakan
  3. Lengkapi data diri, mulai dari pengalaman bekerja, pendidikan, hingga keahlian
  4. Selesai

Cara Mencari Pekerjaan di LinkedIn

Platform yang mempermudah mencari lowongan pekerjaan sesuai keahlian serta kualifikasi ini dapat dilakukan melalui kolom pencarian di bagian halaman utama saat mencari pekerjaan. Pengguna atau pencari kerja dapat menyesuaikan jenis pekerjaan, lokasi yang diminati. 

Berikut ini cara mencari lowongan pekerjaan di LinkedIn yang dikutip dari laman resmi LinkedIn: 
  • Klik ikon 'Pekerjaan' di bilah atas halaman utama
  • Masukkan kata kunci berdasarkan posisi nama perusahaan
  • Anda juga dapat memilih pekerjaan yang disarankan LinkedIn sesuai kualifikasi pada profil akun LinkedIn
  • Masukkan lokasi pekerjaan yang diinginkan pada kolom lokasi kota atau negara
  • Untuk mencari pekerjaan sesuai kualifikasi, Anda dapat menggunakan opsi filter pencarian pekerjaan sesuai kebutuhan

Setelah melamar kerja di LinkedIn, orang atau perusahaan yang mengunggah lowongan pekerjaan dapat melihat surat lamaran yang Anda ajukan. Selanjutnya Anda akan mendapatkan notifikasi yang memberitahu apakah orang atau perusahaan yang merekrut telah melihat dan mendownload resume yang Anda masukkan dalam lamaran.
Baca juga:
Agar perusahaan tertarik dengan resume yang Anda lampirkan saat pendaftaran, sebaiknya sebelum melamar pekerjaan melalui LinkedIn, lengkapi dulu profil akun LinkedIn Anda dengan cara:

Melengkapi Profil LinkedIn

Karena LinkedIn berbeda dengan akun media sosial lainnya dan platform ini khusus untuk mencari pekerjaan, maka profil yang disematkan pun harus nampak profesional. Berikut yang harus dilengkapi dalam profil LinkedIn agar lebih profesional, dan cara ini efektif untuk menarik minat rekrutmen.

  • Gunakan Foto Profesional dan Terbaru

Sebaiknya sematkan foto profil terbaru yang terlihat profesional. Gunakan foto tampak depan setengah badan seperti pada foto ijazah dengan background warna biru atau merah atau gunakan foto standar CV agar lebih baik.

  • Buat Kolom 'Tentang' yang Menarik

Pada kolom "Tentang" isilah dengan keadaan yang sebenarnya namun tidak berlebihan. Deskripsikan tentang diri Anda sesuai dengan keahlian yang dimiliki secara singkat, padat dan jelas.

  • Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Pendukung

Isikan riwayat pendidikan terakhir beserta dengan jurusannya. Jika memiliki pengalam kerja, isikan poin-poin pengalaman kerja, pengalaman magang, seminar atau pengalaman mengikuti pelatihan.

  • Skill dan Sertifikasi

Tambahkan skills yang dimiliki. Jika Anda memiliki keahilan menggunakan Adobe Photoshop, design, animasi, lengkapi profil dengan mengisikan sertifikasi adobe profesional keahlian Anda pada profil akun LinkedIn.

  • Update Profil

Selalu perbarui profil Anda agar lebih mernarik rekruiter. Sama halnya dengan CV, profil LinkedIn pun harus selalu diupdate secara berkala.

Cara Menggunakan LinkedIn

Setelah profil LinkedIn dibuat secara lengkap dan profesional, Langkah selanjutnya yakni bagaimana cara menggunkan akun media sosial LinkedIn ini agar lebih efektif mencari pekerjaan.

  • Perbanyak Jaringan

Dengan memperbanyak jaringan atau koneksi akan berguna dikemudian hari, terutama perbanyak koneksi dengan rekruiter, HR, manager atau CEO agar sering mendapatkan notifikasi dari job yang mereka sebarkan.

  • Beri Komentar dan Like

Agar profil LinkedIn Anda banyak dilihat oleh rekruter, sering-seringlah memberikan komentar atau tanda suka pada tiap postingan dari akun yang Anda ikuti. Dengan begitu akan membuat penasaran pengunggah pekerjaan sehingga mereka cenderung sering mengunjungi profil LinkedIn Anda.

  • Perkenalkan Diri

Perkenalkan diri Anda dengan sebenar-benarnya dengan menggunakan bahasa yang sopan dan jelas. Jika mendapatkan undangan baru dari koneksi baru, segera balas dengan memperkenalkan diri.

  • Rutin Buka Kolom Pekerjaan

Agar tidak ketinggalan informasi rekruitmen pekerjaan, sebaiknya seringlah membuka kolom "Job". Jika menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang Anda miliki, segera buat CV semenarik mungkin dan kirimkan lamaran yang Anda minati.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

2 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Wah keren suhu, mainannya LinkedIn... Ayo saling follow akun LinkedIn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah lama follow hu, tapi blm difolback 🤪🤪🤪

      Hapus