Senin, Agustus 09, 2021

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi dan Manfaatnya

Asuransi merupakan jaring pengaman finansial yang sangat penting dalam kehidupan. Pasalnya, dengan kita menjadi keanggotaan dalam asuransi, setidaknya kita telah menjaga diri kita beserta keluarga jika terjadi hal-hal secara finansial yang tidak diharapkan. Namun sebelum menentukan bergabung menjadi pesertaan asuransi, ada baiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis asuransi yang umum di Indonesia.

Jenis-jenis asuransi beserta manfaatnya sebagai pengaman dari risiko finansial

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui jika setiap tanggal 18 Oktober kita memperingati Hari Asuransi Nasional. Adanya peringatan hari asuransi nasional tersebut secara tidak langsung agar mengingatkan kita jika asuransi memang sangat penting untuk kehidupan kita.

Memilih sebuah asuransi bukanlah hal yang mudah, sebelum Anda memilih asuransi, alangkah baiknya mempertimbangkan berbagai macam faktor, seperti harga premi yang mesti dibayar, manfaat yang nanti akan diterima serta memilih apakah proteksinya sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis asuransi. Jenis-jenis asuransi yang dibutuhkan biasanya tergantung sesuai kebutuhan peserta. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang umum dijadikan pilihan beserta manfaatnya sebagai pengaman dari risiko finansial.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang menanggung risiko kesehatan, seperti biaya tagihan rumah sakit dan lain sebagainya. Jenis asuransi ini merupakan salah satu asuransi wajib yang dimiliki semua masyarakat karena siapapun dapat berisiko terkena penyakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan diri merupakan asuransi yang menanggung risiko finansial dari kecelakaan, baik itu biaya tagihan operasi atau pertanggungan atas kematian akibat kecelakaan.

Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis merupakan asuransi yang melindungi Anda dari risiko penyakit serius, seperti serangan jantung, stroke. dan kanker Asuransi jenis ini hanya melindungi Anda dari risiko penyakit tertentu. 

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini menanggung risiko kematian. Setiap orang pastinya akan mengalami kematian. Namun, jika risiko kematian yang mendadak, terutama pada pencari kepala keluarga sebagai pencari nafkah dalam rumah tangga, dapat menyebabkan hilangnya pendapatan untuk satu keluarga.
Baca juga:
Oleh karena itu, fungsi dari asuransi jiwa yaitu memberi dukungan finansial pada sebuah keluarga jika seseorang tidak dapat lagi memberi nafka keluarganya, baik itu disebabkan karena kematian atau lain sebagainya.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah asuransi yang menjamin pembiayaan sekolah anak dari peserta tertanggung. Besarnya biaya pendidikan yang terus mengalami kenaikan, maka dengan merencanakan asuransi pendidikan, dapat membantu Anda meringankan biaya pendidikan anak.

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi umum yang melindungi dari risiko finansial pada kendaraan pribadi, baik itu kendaraan mobil atau bermotor. Biasanya asuransi kendaraan ini ditawarkan bersamaan pada saat pembelian kendaraan. Namun, begitu ada juga yang dibeli secara terpisah sesuai kebutuhan.

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang melindungi Anda dari risiko saat dalam perjalanan. Biasanya Asuransi yang ini hanya dibayar sekali, tidak seperti asuransi lainnya yang harus dibayar rutin setiap bulan. Biasanya asuransi ini sepaket dengan tiket perjalanan yang dibeli, baik itu tiket pesawat atau kereta api.

Mengenal Asuransi

Asuransi sendiri adalah suatu perjanjian antara kedua belah pihak, yakni Penanggung, dalam hal ini adalah pihak perusahaan asuransi, dan Tertanggung, yaitu pihak nasabah yang risikonya ditanggung oleh pihak penanggung.
Kedua belah pihak mengadakan perjanjian yang menyatakan tertanggung wajib membayar premi kepada penaggung, dan jika terjadi masalah keuangan maka pihak penanggung akan memberikan sejumlah besaran uang pertanggungan kepada tertanggung sesuai dengan polis asuransi yang telah disepakati.

Manfaat Asuransi dalam Kehidupan

Dalam kehidupan kita, tidaklah selalu masalah keuangan lancar terus. Adakalanya risiko finansial tiba-tiba mengalami permasalahan, baik itu karena masuk rumah sakit sehingga membutuhkan biaya yang besar atau pun disebabkan karena butuh biaya pendidikan, kecelakaan maupun kematian.

Dengan kita menjadi menjadi peserta asuransi, hal tersebut dapat teratasi dengan mudah. Melalui asuransi dapat mengalihkan risiko secara finansial sehingga dapat menjamin kestabilan ekonomi Anda beserta keluarga.

Itulah beberapa jenis asuransi yang dapat dijadikan pilihan yang sesuai untuk Anda sebelum menentukan menjadi kepesertaan asuransi. Dengan menjadi kepesertaan asuransi, Anda dapat  membantu, melindungi Anda pribadi beserta keluarga dari kerugian secara finansial dan melindungi aset berharga yang Anda miliki.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Blog Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!
Chat with WhatsApp