Selasa, November 24, 2020

4 Jenis Pelaporan Keuangan yang Dibutuhkan Bisnis

Laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui sehat atau tidaknya sebuah bisnis atau usaha. Semakin baik bisnis mengelola utang dan aset yang dimilikinya, maka bisnis tersebut dapat dikatakan sehat.

Laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui sehat atau tidaknya sebuah bisnis atau usaha

Sebaliknya, jika bisnis tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik, berarti bisnis tersebut tidak sehat. Selain itu, laporan keuangan yang baik memudahkan pelaku bisnis dapat menyusun strategi untuk memaksimalkan keuntungan. 

Jenis Pelaporan Keuangan Bisnis

Laporan keuangan sendiri berisi kondisi keuangan sebuah perusahaan dalam satu periode waktu. Namun untuk membuat laporan keuangan yang memenuhi Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia sangat diperlukan kecermatan. Hal tersebut bertujuan agar data keuangan yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. 

Baca juga:

Sebelumnya, Anda wajib mengetahui jenis-jenis laporan keuangan yang dibutuhkan oleh bisnis berikut ini!

1. Laporan Laba Rugi

Jenis laporan keuangan yang pertama adalah laporan laba rugi yang pasti sangat diperlukan oleh semua perusahaan. Dari laporan ini, pelaku bisnis dapat mengetahui apakah bisnis yang dijalankan untung atau rugi. 

Selain itu, laporan ini juga dapat digunakan untuk melihat informasi mengenai pajak perusahaan. Dengan begitu, perusahaan evaluasi manajemen sebagai patokan untuk keputusan yang akan dibuat selanjutnya. Laporan jenis ini bukan hanya dibutuhkan oleh manajemen internal, melainkan juga investor dan juga pihak bank pemberi pinjaman. 

2. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan jenis laporan keuangan yang berfungsi untuk menunjukkan keluar masuknya kas perusahaan. 

Laporan ini juga bisa dijadikan indikator dalam memprediksi arus kas di masa yang akan datang dengan memperhatikan laporan saat ini. Dari laporan arus kas kita juga dapat mengetahui sumber arus kas masuk atau keluar. 

3. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal merupakan jenis laporan yang dapat menggambarkan informasi perubahan modal dari masing-masing pemegang saham. Perubahan di sini dapat berupa peningkatan maupun pengurangan. 

Ketika perusahaan berdiri, pasti ada investor yang menyetor modal  ke perusahaan untuk usaha. Kemudian, saat perusahaan sudah beroperasi kemungkinan akan terjadi perubahan modal awal sesuai kinerjanya. Sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk membuat laporan perubahan modal.

4. Laporan Neraca

Laporan neraca merupakan jenis laporan keuangan yang berguna untuk melihat posisi dan informasi keuangan dalam periode tertentu. 

Dari laporan ini, kita dapat mengetahui segala informasi data yang berhubungan dengan aset perusahaan, kewajiban atau utang, dan modal. Dengan kata lain, dalam laporan neraca terdapat tiga elemen, yaitu aset, kewajiban, dan juga modal. 
Baca juga:
Membuat laporan keuangan memang merupakan tugas yang sangat rumit. Oleh karenanya, sebelum membuat laporan keuangan, perusahaan harus punya buku catatan yang rinci dan akurat. Untuk itu, pelaku usaha memerlukan aplikasi BukuKas yang berfungsi untuk mencatat seluruh kondisi keuangan secara digital dengan lebih praktis. 

Fitur yang ditawarkan pun juga sangat beragam sehingga Anda bisa menyelesaikan berbagai tugas dalam satu aplikasi. Apalagi aplikasi BukuKas ini dapat diakses tanpa koneksi internet sehingga memudahkan pengguna. Yuk buruan unduh BukuKas di smartphone atau kunjungi https://www.bukukas.co.id

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

2 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Mantap Kali bang, saya setuju karena saya juga seorang Auditor Internal, ya yang di Pelajari ini aja bang ga ada yg lain.
    dari Alicyborg Magazine C4C Group

    BalasHapus
  2. kalau pelaporan yang sederhana untuk umkm bagaiamana ya gan?

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog