Minggu, Desember 13, 2020

Tips Hemat Biaya Saat Beli Rumah Minimalis

Rumah saat ini menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, apalagi bagi mereka yang sudah berumah tangga dan memiliki anak. Rumah mutlak menjadi prioritas pertama, setidaknya untuk memberikan kenyamanan tinggal.

Ada beberapa cara untuk menghemat biaya saat beli rumah minimalis, berikut adalah tipsnya

Karena pertimbangan biaya, biasanya para keluarga yang baru ini akan berpikir matang-matang sebelum akhirnya membeli rumah secara cash keras. Mengingat harga properti yang terus naik, mau tidak mau, rumah minimalis adalah solusi untuk memiliki hunian awal.

Tips Hemat Biaya Saat Beli Rumah Minimalis

Tempat tinggal minimalis kini semakin banyak berkembang di kota-kota satelit, lokasi ini digemari masyarakat karena di sekitar perumahan sudah banyak infrastruktur pendukung yang memadai. Hal ini juga dirasa banyak memberi keuntungan bagi developer yang membangun tempat tinggal minimalis di sana.

Keuntungan tersebut antara lain hemat tempat, pembangunan landed house minimalis sederhana membutuhkan dana yang lebih rendah dibandingkan dengan hunian mewah, bagi developer tentu paham kenapa penting menghemat dana pada saat awal pembangunan.

Nah bagi anda yang berencana membeli rumah minimalis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya membeli rumah minimalis, berikut adalah tipsnya :

1. Lakukan Negosiasi Dengan Mantap 

Negosiasi saat hendak membeli rumah menjadi kunci penting agar anda mendapat harga yang jauh lebih murah. Biasanya saat negosiasi, anda diberikan pilihan atau ditawarkan fasilitas-fasilitas dari developer jika membeli perumahan minimalis tersebut.
Baca juga:
Jika anda rasa fasilitas yang ditawarkan oleh developer belum menarik perhatian anda dan bisa dimanfaatkan untuk menghemat biaya pembangunan rumahnya, mengapa tidak menghilangkan benefit itu, dan menggantinya dengan pengurangan biaya dari harga pembangunan rumahnya?

2. Pastikan Harga Bahan Baku 

Perumahan yang dibangun saat ini biasanya menerapkan konsep one wall, atau tembok yang dijadikan pembatas hanya satu layer. Hal ini digunakan oleh developer untuk menghemat biaya pembangunan.

Namun penting untuk memperhatikan apakah benar bahan baku yang digunakan memiliki harga yang relevan. Jangan sampai bangunan anda menggunakan bahan yang murah, tapi kualitasnya menjadi turun. 

Anda juga perlu menghitung biaya renovasi yang dibebankan kemudian hari atau setidaknya jangka waktu bahan itu bisa bertahan sebelum anda benar-benar memiliki tabungan untuk melakukan renovasi bangunan itu nantinya.

3. Lakukan Cross Checking Harga Tanah 

Tidak ada salahnya bertanya kepada instansi terkait harga tanah di lokasi pembangunan, seperti kelurahan, atau dinas pertanahan yang ada di sekitar daerah tersebut untuk memastikan apakah harga jual tanah di lokasi pembangunan benar-benar sesuai dengan harga yang diterapkan oleh developer.

Karena masih ada beberapa developer yang suka bermain dengan harga tanah, dan bahkan belum memiliki surat tanah yang sah secara hukum. Sehingga kita sebagai pembeli cenderung akan kesulitan kemudian hari, karena harus mengurus biaya pengesahan atau pengurusan administrasi di kemudian hari.
Baca juga:
Harga tanah juga berpengaruh pada strategis lokasi, kemungkinan biaya yang harus disiapkan untuk membeli tanah juga makin besar. Pilih dengan saksama agar tak menyesal membeli rumah dengan harga tinggi di lokasi yang tidak strategis nantinya.

Penutup

Tips terakhir mungkin selalu perhatikan informasi terbaru. Membangun rumah dengan konsep minimalis adalah solusi untuk menekan besaran biaya yang harus dikeluarkan. Namun, tetap saja harus cermat agar tak ada faktor pemborosan sehingga menyebabkan pembengkakan anggaran. Untuk itu, selalu perhatikan informasi terbaru yang ada, baik harga tanah, material, maupun tarif pekerja.

Nah demikianlah tips untuk menekan biaya saat membeli rumah minimalis, apakah anda berencana untuk membeli perumahan di Tangerang dengan konsep minimalis, mengapa tidak mencoba untuk melihat konsep yang di tawarkan di website https://daisan.co.id/. Karena mereka menjual unit perumahan dengan konsep perumahan Jepang. 

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

9 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Crosscheck harga tanah ni perlu bgt biar bisa dapetin harga yg wajar di wilayah itu

    BalasHapus
  2. Rumah minimalis memang lagi trend, tapi jarang yang bisa menuntaskan masalah akibat hujan deras

    BalasHapus
  3. Noted kak. tadinya aku nggak kepikiran harus cross check harga tanah segala.

    BalasHapus
  4. Status tanah emang penting banget ya. Dulu pernah batal beli rumah inceran gara-gara status tanahnya. Murah tapi ternyata status tanahnya bermasalah.

    BalasHapus
  5. Ahh, iya bangett nih.
    Kadang masyarakat awam banyak yg terjebak dan terperangkap beli rumah over-price.

    Padahal kalo mau jeli/telaten, bisa menghemat banyaaakkk yak.

    BalasHapus
  6. Survey tanah ini sungguh kayak jodoh deh beneran. Lalu crosscheck jugaa nih bener banget banding bandingkan harga juga ya dgn pertimbangan lokasi dan lingkungan

    BalasHapus
  7. Aku juga suka rumah minimalis kang karena bentuknya manis dan sederhana, harus hati-hati ya sebelum beli rumah pilih pengembang terpercaya dan surat dokumennya asli dan komplet...

    BalasHapus
  8. Rumah minimalis emang jadi tren belakangan ya kang. Minimalis memberi kesan bersih dan hemat, bersih karena tidak terlalu banyak barang, dan dirasa hemat karena kesannya nggak butuh barang banyak. Tapi pada kenyataannya yang minimalis belum tentu lebih murah. Makanya perlu dipertimbangkan matang-matang sebelum beli rumah, atau membangun rumah. Tips yang ditawarkan Kang Syahri aku catat buat bekal cari rumah nih. Terima kasih ya

    BalasHapus
  9. negosiasi adalah kunci, tapi menurutku lebih enak kalo observasi dulu sebelum negosiasi, setelah itu baru survey.

    Memang banyak hal sih yang harus dipertimbangkan saat mutusin buat membeli rumah, lokasi, tata letak dan aksesabilitas dan asupan air serta pendukung lainnya perlu banget dijadiin pertimbangan. Hal ini karena rumah tersebut bakal jadi tempat tinggal.

    thanks for sharing mas

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog