Berikut Tips Sewa Rumah di Jakarta Selatan Dengan Mudah

Sebagai salah satu kota yang banyak dikunjungi perantau dari berbagai daerah, Ibu kota Jakarta dari tahun ke tahun semakin padat penduduknya. Karena padatnya jumlah penduduk, tidak mudah bagi orang yang baru tinggal di Jakarta untuk menyewa sebuah rumah. Selain mencari sewa rumah yang murah, lokasi yang tepat pun harus diperhatikan.
Sewa Rumah di Jakarta Selatan
Gambar: sewa-rumah.net
Sama halnya seperti membeli sebuah rumah, menyewa rumah pun cukup melelahkan apalagi di kota besar seperti Jakarta. Biasanya masalah yang dihadapi seputar kondisi rumah yang tidak sesuai dengan harapan, harga yang terlalu tinggi, lokasi rumah yang jauh dari pusat keramaian, dan sebagainya.

Bagi Anda yang akan tinggal di Jakarta dalam waktu yang lama, baik itu untuk bekerja atau pun kuliah, ada beberapa hal yang harus jadi pertimbangan untuk mencari hunian sementara, baik untuk sendiri maupun bersama keluarga.

Mendapatkan rumah yang layak huni sudah pasti harapan semua orang. Namun sebelum mencari rumah yang akan di sewa khususnya di Jakarta Selatan, ada baiknya Anda perhatikan dahulu hal-hal berikut:

1. Harga sewa yang terjangkau
Hal pertama yang harus Anda perhatikan pada saat pertama kali akan menyewa rumah yaitu pilihlah rumah dengan harga sewa yang cukup terjangkau menurut kemampuan Anda. Harga sewa juga harus sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Sebagai perbandingan, Anda dapat membandingkan antara dua rumah dengan fasilitas yang sama, dan carilah yang memberikan harga lebih miring.

2. Teliti keadaan rumah
Sebelum menyewa rumah, hendaknya teliti lebih dulu keadaan rumahnya. Mulai dari jumlah kamar, kamar mandi, instalasi listrik, instalasi air, dan lain sebagainya. Perhatikan kondisi rumah yang akan disewa, apakah fasilitasnya sudah lengkap seperti yang Anda harapkan, dan apakah keadaan rumah tidak mengalami kerusakan seperti genteng bocor, kamar mandi yang bermasalah dan permasalahan lainnya.

3. Survei sekitar rumah
Survei ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah rumah yang akan di sewa bebas banjir, aman dari gangguan keamanan, dan juga bersih. Tinggal di rumah yang bersih akan menjaga Anda beserta keluarga tetap bersih dan sehat. Misalnya jauh dari selokan-selokan yang berbau, jauh dari tempat pembuangan sampah umum, jauh dari sisa-sisa pembuangan limbah pabrik, jauh dari polusi pabrik dan lain-lain.

4. Survei lokasi
Mensurvei lokasi juga perlu diperhatikan, apakah rumah yang akan disewa tersebut mudah diakses ke tempat kerja atau fasilitas umum. Dengan begitu akan menghemat waktu dan biaya transportasi. Oleh karenanya pastikan pula untuk menyewa rumah yang paling dekat dari tempat Anda beraktivitas. Karena dengan lokasi rumah yang berdekatan dengan tempat anda bekerja, selain menghemat waktu dan biaya transportasi, Anda juga dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan santai.

5. Fasilitas lengkap
Jika Anda berencana sewa rumah di Jakarta Selatan bersama keluarga dengan jangka waktu yang lama, sebaiknya pilihlah rumah yang sudah dilengkapi dengan perabotan rumah tangga agar tidak perlu membeli barang-barang untuk melengkapi rumah.

Rumah dengan fasilitas lengkap tidak harus mewah, akan tetapi fasilitas yang ada cukup untuk memberikan keperluan sehari-hari. Misalnya, ketersediaan air bersih, listrik, WC dan lain sebagainya.

6. Pertimbangan faktor keamanan
Menyewa rumah juga harus memperhatikan faktor keamanan lingkungan setempat. Harga sewa rumah yang murah bukan berarti mengabaikan faktor keamanan. Lakukan riset ringan dengan cara mencari informasi terkait area tersebut di internet. Atau Anda juga dapat mengumpulkan informasi dari warga di sekitar rumah tentang keamanan lingkungan sehari-hari.

Sebenarnya masih ada yang lebih penting lagi untuk Anda yang akan menyewa rumah di Jakarta, diantaranya dengan meminta bantuan saudara atau teman yang sudah lama tinggal di Jakarta untuk membantu mencarikan sewa rumah, atau dengan memanfaatkan situs sewa rumah. Biasanya pada situs tersebut terdapat review dari orang yang pernah menyewa rumah.

Salah satu situs yang dapat dijadikan rujukan untuk sewa rumah di Jakarta Selatan yaitu situs sewa-rumah.net. Pada situs tersebut, Anda dapat memilih tipe rumah yang akan ditempati nanti. Selain itu Anda dapat mencari berbagai informasi tentang rumah, apartemen, dan design, baik eksterior atau interior yang bisa anda dapatkan secara mudah.

2 comments

  1. Sekarang mencari hunian yang layak di jakarta makin mudah ya kang, banyak caranya, salah satunya cukup melalui situs yg disebutkan di artikel diatas.

    Sukses terus ya kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang, sekarang lebih mudah untuk mencari hunian di jakarta..

      Delete

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon