Thursday, December 31, 2020

Rutin Latihan HIIT Cardio, Cepat Turunkan Berat Badan

DAFTAR ISI [Buka]
Memiliki tubuh yang sehat dengan berat badan yang ideal adalah impian setiap orang. Berbagai macam cara dilakukan untuk menurunkan berat badan, diantaranya dengan mengkonsumi jamu tradisional maupun obat-obatan herbal, melakukan diet, berolahraga secara teratur, termasuk dengan rutin latihan HIIT Cardio (High Intensity Interval Training) dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat.

Rutin latihan HIIT Cardio dapat menurunkan berat badan dengan cepat

Tidak hanya memberikan bentuk tubuh yang menarik dan proporsional, memiliki berat badan yang ideal akan jauh dari risiko terkena berbagai penyakit serius. Pola hidup yang tidak memperhatikan kesehatan, seperti mengkonsumsi makanan tanpa memperhatikan kandungan gizi, konsumsi cemilan secara berlebihan, malas berolahraga dapat mempengaruhi meningkatnya berat badan seseorang.

Jika keadaan sudah seperti itu, maka tidak heran jika pertambahan berat badan akan meningkat dengan cepat yang berakibat akan menderita kegemukan dan obesitas, bahkan dapat dengan mudah terserang penyakit yang berbahaya lainnya.

HIIT Cardio, Cepat Turunkan Berat Badan

Untuk mengatasi hal tersebut, maka alangkah baiknya untuk memulai menjaga berat badan dengan rutin latihan HIIT Cardio mulai sekarang. HIIT Cardio sendiri adalah kombinasi olahraga cardio ringan dengan sesekali intensitas tinggi. Misalnya dengan melakukan lari sprint selama 30 detik dilanjutkan dengan olahraga jalan kaki selama dua menit. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang selama 10 menit.

Manfaat HIIT Cardio

Dengan rutin melakukan latihan interval intensitas tinggi ini sangatlah bermanfaat, intensitasnya yang tinggi dan waktu istirahat yang singkat, menuntut tubuh untuk cepat beradaptasi. Rutin melakukan latihan HIIT Cardio, akan memperoleh manfaat yang sangat besar bagi tubuh, diantaranya:
  • Proses pembakaran kalori tetap tinggi setelah selesai latihan sehingga dapat dengan cepat menurunkan berat badan
  • Lebih banyak menggunakan otot untuk bekerja
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Menurunkan gula darah
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Baik untuk kesehatan kardiovaskular

Rutin Latihan HIIT Cardio

Padatnya kesibukan sehari-hari menyebabkan malas untuk berolahraga. Namun jika Anda bersungguh-sungguh menginginkan tubuh yang proporsional dengan berat badan yang ideal, olahraga dengan interval intensitas tinggi ini dapat mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun, termasuk di rumah meski tanpa menggunakan alat bantu olahraga.

Luangkan waktu kurang lebih 20 menit dan dilakukan sebanyak tiga kali seminggu sangat efektif untuk membakar kalori dengan cepat sehingga dapat menurunkan berat badan hingga 2 kg. Meskipun begitu, asupan gizi pada makanan harus tetap diperhatikan. Atur pola makan yang sehat dengan memperbanyak mengkonsumisi makanan yang kaya serat serta jauhi makanan-makanan berlemak.
Tidak hanya dapat menurunkan berat badan, latihan HIIT Cardio juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Melakukan gerakan-gerakan seperti Jumping Jacks atau Mountain Climbers diyakini dapat dengan cepat meningkatkan detak jantung, sehingga jantung lebih sehat.

Penutup

Meskipun olahraga dengan metode HIIT Cardio ini sangat baik untuk kesehatan dan dapat mempercepat menurunkan berat badan, namun tetap harus dilakukan dengan benar dan hati-hati. Ikuti semua prosedur agar tidak mengalami cidera di beberapa bagian tubuh.

Awali dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum pada inti gerakan. Gunakan alat olahraga dan pakaian yang nyaman digunakan serta jangan mengurangi atau melebihi batas waktu. Mulailah dengan olahraga intensitas rendah, kemudian secara bertahap tingkatkan intensitas olahraga.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Post a Comment

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog