11 Juli 2020

7 Manfaat Olahraga Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

DAFTAR ISI [Buka]
Manfaat olahraga jalan kaki, selain dapat membantu menurunkan berat badan serta membakar kalori, ternyata dapat pula membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius lainnya. Agar tubuh manusia dapat berfungsi normal dan terjaga kesehatannya, maka butuh aktivitas fisik. Dan jalan kaki merupakan salah satu kegiatan olah fisik paling mudah untuk dilakukan.

Manfaat olahraga jalan kaki, selain dapat membantu menurunkan berat badan serta membakar kalori, ternyata dapat pula melindungi tubuh dari penyakit serius.

Meskipun semua tahu jika jalan kaki dapat menyehatkan tubuh, sayangnya manusia modern saat ini hampir keseharian menggunakan kendaraan bermotor dalam beraktivitas. Hal tersebut menjadikan tubuh jarang melakukan gerakan fisik sehingga mudah terserang barbagai penyakit.

Manfaat Olahraga Jalan Kaki

Berikut beberapa manfaat olahraga jalan kaki secara rutin yang bisa Anda dapatkan bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah Diabetes

Salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan serta ditakuti manusia saat ini yaitu diabetes. Penyakit ini tidak hanya diderita orang dewasa, pada usia muda pun sangat rentan risiko diabetes. Apalagi, jika memiliki pola hidup yang tidak sehat, maka penyakit diabetes ini sangat mudah menyerang.

Dengan rutin melakukan olahraga jalan kaki secara rutin sedikitnya 30 menit setiap hari ternyata bisa menstabilkan dan mencegah diabetes.

2. Dapat Mencegah Risiko Darah Tinggi

Jalan kaki sangat diajurkan dalam berbagai aktivitas, dengan berjalan kaki dapat mencegah risiko darah tinggi. Manfaat jalan kaki selain dapat mengontrol detak jantung dengan normal, mengurangi lemak dalam tubuh.

3. Mencegah Risiko Jantung

Selain sangat baik untuk mencegah risiko tekanan darah tinggi, manfaat bersepeda juga untuk bantu mencegah risiko serangan jantung. Sistem vena termasuk bagian sirkulasi yang dikenal sebagai jantung kedua, yang dibentuk oleh otot, vena, dan katup yang terletak di betis dan kaki.
Baca juga:
Sistem ini berfungsi untuk mendorong darah kembali ke jantung dan paru-paru. Dengan berjalan kaki sedikitnya selama 20 menit setiap hari akan membantu mengontrol detak jantung, mencegah risiko mudah lelah, dan mencegah obesitas. 

4. Kekuatan Otak Lebih Meningkat

Manfaat olahraga sudah banyak dijelaskan jika dapat menyehatkan otak dan meningkatkan daya ingat serta dapat mengurangi perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari. Manfaat berjalan kaki juga dapat membuat aliran darah menjadi lancar.

5. Mengatasi Insomnia/Susah Tidur

Bagi penderita insomnia, manfaat olahraga jalan kaki telah diyakini dapat mengatasi gangguan susah tidur. Lakukan olahraga jalan kaki selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Manfaat jalan kaki di pagi hari dapat membantu menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat olahraga jalan kaki dapat mengurangi risiko kanker. Orang yang memiliki tubuh sehat, bahkan hingga usia tua, rendah terhadap risiko terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat berjalan kaki secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.
Baca juga:

7. Memperkuat Otot Persendian

Berjalan kaki membantu memperkuat otot-otot disekitar persendian. Berjalan kurang lebih 10 menit sehari atau sekitar satu jam setiap minggu dapat mencegah kecacatan dan nyeri radang sendi terutama manula. Hal tersebut terjadi karena rentang gerak dan mobilitas tubuh rutin terjadi, sehingga dapat memperkokoh tulang dan otot tubuh terutama kaki.

Penutup

Setelah mengetahui besarnya manfaat olahraga jalan kaki bagi kesehatan tubuh, maka mulai sekarang luangkan waktu untuk beraktivitas dengan berjalan kaki. Olahraga jalan kaki dengan intensitas sedang minim terhadap risiko cedera dan jarang menimbulkan masalah kesehatan. Namun jika memiliki kondisi medis tertentu, alangkah baiknya konsultasikan ke dokter sebelum memulainya.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

1 Comments:

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Menguatkan otak itu yang menjadi tujuan utama
    Selain secara fisik badan.
    Biar daya ingat terjaga

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog