Trik Rekrutmen Kandidat yang Tepat Sesuai Bisnis

Dalam menentukan kandidat recruitment yang tepat, perusahaan tentu akan menetapkan standar atau kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh kandidat pekerja. Oleh karena itu setiap perusahaan memiliki kriteria yang berbeda sesuai peruntukannya, termasuk dalam hal ini adalah kriteria perusahaan AI.
Trik rekrutmen kandidat calon karyawan yang tepat sesuai bisnis

Trik Temukan Kandidat yang Sesuai Perusahaan AI

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi terkini, perusahaan AI tentu menetapkan kriteria tertentu pada calon karyawannya. Untuk dapat menemukan kandidat yang tepat, sebenarnya ada beberapa trik yang bisa diterapkan oleh tim recruiter saat proses seleksi.

1. Jobdesk Pekerjaan Dideskripsikan Jelas

Trik pertama agar Anda bisa mendapatkan kandidat rekrutmen yang tepat adalah dengan mendeskripsikan jobdesk pekerjaan dengan detail dan jelas di iklan lowongan pekerjaan. Deskripsi yang jelas sedari awal diharapkan mampu mensortir kandidat secara alami sehingga didapatkan kandidat yang lebih spesifik.
Baca juga:
Meski terlihat sederhana, nyatanya mendeskripsikan jobdesk pekerjaan dengan jelas bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda harus memahami dengan detail hal apa saja yang dibutuhkan di bidang tersebut. Dibutuhkan pemahaman yang baik untuk mendeskripsikan pekerjaan ini di iklan lowongan kerja.

2. Memeriksa Referensi Pelamar

Trik kedua yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa referensi dari pelamar. Trik ini sebenarnya adalah trik umum yang harus diterapkan di semua bidang bisnis. 

Referensi bertujuan untuk mendapatkan gambaran lebih detail mengenai performa dan kemampuan dari si kandidat melalui orang yang pernah bekerjasama dengannya. Beberapa hal lain yang harus Anda cek meliputi riwayat pekerjaannya, kredensial pendidikannya termasuk latar belakang tindakan kriminalnya.
 

3. Melalui Seleksi Terkait Bidang AI

Ini merupakan trik khusus yang sangat pas diterapkan untuk menjaring kandidat siap kerja di bidang teknologi Artificial Intelligence. Trik ini paling lumrah digunakan oleh perusahaan teknologi besar dunia untuk menjaring talenta terbaik dari seluruh dunia.

Selenggarakan sebuah lomba untuk menerapkan teknologi AI di suatu bidang yang terkait dengan bidang perusahaan Anda. Dari sini Anda bisa menilai langsung kemampuan para kandidat.

4. Meminta Portofolio

Cara keempat adalah dengan meminta portofolio dari pelamar. Cara ini merupakan alternative apabila Anda merasa jika mengadakan seleksi melalui perlombaan di atas terlalu sulit dan menghabiskan sumber daya.
Baca juga:
Anda cukup menuliskan di lowongan kerja bahwa Anda meminta para pelamar untuk memasukkan portofolio dari pekerjaannya sebelumnya. Dari sini Anda juga bisa menilai langsung tingkat kualitas para pelamar. Cara ini biasa digunakan di bidang pekerjaan terkait seni dan web designer.

5. Integrasi ke Software Khusus Rekrutmen

Cara terakhir adalah dengan mengintegrasikan rekrutmen Anda ke software yang bergerak khusus di bidang recruitment anggota. Software ini sendiri saat ini sudah sering digunakan oleh perusahaan berskala menengah hingga besar. Keunggulan software adalah dapat menghemat waktu tim recruiter dan hasil yang lebih akurat.

Rekomendasi Software Rekrutmen Terbaik 

Untuk menemukan talenta AI terbaik dalam waktu cepat dan simpel adalah dengan menerapkan software berbasis AI ke dalam proses rekrutmennya. Shortlyst merupakan software yang bekerja berdasarkan algoritma AI untuk menyeleksi kandidat berdasarkan database profil yang tersimpan.

Shortlyst, rekomendasi software rekrutmen terbaik untuk menemukan kandidat yang tepat

Ada setidaknya 600 juta data kandidat yang tersebar di seluruh dunia tersimpan di dalam database Shortlyst. Data kandidat ini terhubung langsung ke media sosial seperti LinkedIn, email, WhatsApp dan Slack. Fitur utama lain yang dimiliki Shortlyst seperti fitur tag, fitur rekomendasi dan analisis.

Gunakan Shortlyst untuk proses seleksi yang lebih cepat dan tepat. Anda bisa mendapatkan beragam keuntungan dengan biaya yang sangat terjangkau.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!
Chat with WhatsApp