Midtrans, Solusi Payment Gateway yang Aman untuk Bisnis Online

Majunya teknologi saat ini telah mengubah kebiasaan masyarakat. Karena teknologi, masyarakat juga telah dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Mayoritas kegiatan sehari-hari masyarakat didominasi oleh kegiatan digital, dari yang sederhana hingga kompleks. Mulai dari cara berkomunikasi, menggunakan transportasi, berbelanja, hingga sistem pembayaran yang dilakukan secara digital.
Midtrans, solusi payment gateway yang aman untuk bisnis online

Selain itu, perkembangan teknologi juga telah mengubah cara bertransaksi masyarakat. Jika sebelumnya menggunakan metode pembayaran dengan uang tunai, kini sudah mulai beralih pada sistem pembayaran nontunai.

Midtrans, Solusi Payment Gateway Bisnis Online

Dalam dunia usaha, teknologi juga telah melahirkan transformasi baru. Digitalisasi bisnis tidak hanya dinikmati oleh pengusaha berskala besar saja, tetapi telah dinikmati pula oleh beragam entitas bisnis, mulai dari start-up hingga UMKM. 

Apa pun sektor bisnis yang dijalankan, agar tidak mengalami kegagalan dan berani menghadapi persaingan bisnis, maka harus pula mengikuti perkembangan digitalisasi. Pentingnya transformasi digital dilakukan pada bisnis, tidak lain bertujuan untuk menyederhanakan proses operasional agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Agar usaha yang sedang dijalankan memiliki prospek yang baik, salah satu caranya yaitu dengan menerapkan sistem pembayaran secara digital, yakni dengan menggunakan layanan payment gateway dari Midtrans.

Layanan tersebut diyakini dapat menjadi solusi pembayaran yang aman untuk bisnis online. Sistem pembayaran online dengan berbagai metode pembayaran juga menjadi solusi untuk kebutuhan bisnis sehingga segala transaksi dalam bisnis lebih mudah.

Keuntungan Payment Gateway bagi Pebisnis 

Hal utama yang harus dipikirkan dalam menjalankan usaha adalah proses pembayaran yang mudah dan efisien. Untuk memberikan kemudahan pembayaran agar pelanggan dapat melakukan transaksi dengan mudah, pengusaha wajib menggunakan layanan payment gateway.

Sistem pembayaran online dan ragam solusi untuk kebutuhan bisnis/usaha

Tidak hanya memberikan kemudahan bagi pelanggan, sistem pembayaran dalam bisnis online juga memberikan kemudahan bagi para pengusaha. Di antaranya adalah dapat mencocokkan data pembayaran yang telah diterima dari pelanggan dan memudahkan dalam membuat buku laporan keuangan.

Sebagai salah satu payment gateway terdepan di Indonesia, Midtrans memberikan solusi bagi pebisnis dengan sistem pembayaran online dan ragam solusi kebutuhan bisnis/usaha. Berikut ini beberapa alasan bagi pebisnis harus mengikuti transformasi digital dengan menggunakan layanan Payment Gateway dari Midtrans, antara lain:

1. Transaksi Lebih Mudah dan Aman

Dengan menggunakan Payment Gateway, dapat mempermudah pelanggan memilih metode pembayaran yang disukai. Online payment yang dilakukan akan terkonfirmasi secara otomatis sehingga proses transaksi lebih cepat. Selain itu, pelanggan juga tidak direpotkan melakukan konfirmasi ulang pembayaran.

Sistem pendeteksi fraud pada Payment Gateway dapat mengurangi resiko finansial, sehingga bagi pelaku usaha tidak khawatir terjadi kecurangan dalam transaksi. Saat pelanggan melakukan transaksi online, dana akan otomatis masuk ke akun bisnis online.

2. Pencatatan Transaksi Lebih Akurat

Dengan menggunakan sistem pembayaran online, semua pencatatan data transaksi lebih akurat dalam satu gerbang pembayaran. Meski menangani banyak transaksi, Payment Gateway akan mencatatnya secara otomatis.
Baca juga:
Setiap transaksi pembayaran dapat dilihat secara detail pada dashboard online payment, mulai dari nomor dan nama virtual account, rekening bank, hingga nilai nominal yang dibayar oleh pelanggan. Dengan begitu, dapat meminimalisasi kesalahan dan mempermudah pembuatan laporan keuangan.

3. Metode Pembayaran Lebih Beragam

Payment Gateway juga dapat membantu pelaku usaha menyediakan metode pembayaran yang beragam dalam satu platform. Hal ini akan memudahkan konsumen saat berbelanja. Selain itu, banyak pilihan pembayaran yang sesuai keinginan pelanggan sehingga lebih nyaman saat berbelanja.

Di sinilah pentingnya bisnis/usaha menggunakan sistem pembayaran online dalam menyediakan metode pembayaran yang lebih variatif. Transfer antar rekening atau bank, kartu kredit, uang elektronik atau dompet digital, pembayaran di minimarket, hingga cicilan tanpa kartu kredit lebih mudah.

4. Jangkauan Bisnis Lebih Luas

Jika dibandingkan dengan menggunakan sistem pembayaran manual yang berpotensi mempersempit jangkauan pelanggan, penggunaan payment gateway akan memperluas jangkauan bisnis dan memudahkan pelaku usaha untuk menjaring pelanggan dari berbagai wilayah sehingga bisnis/usaha mudah berkembang.

Selain dapat meningkatkan kenyamanan transaksi online, layanan pembayaran online juga memungkinkan transaksi pembayaran relatif singkat.

5. Memperoleh Kepercayaan Konsumen

Dengan transaksi online dan/atau online payment, pebisnis akan memperoleh kepercayaan dari konsumen. Pelanggan percaya karena mendapatkan kenyaman saat melakukan transaksi online. Dengan begitu, konsumen juga tidak khawatir jika diminta memberikan nomor kartu kredit saat melakukan pembayaran.

Payment Link, Fitur Unggulan Midtrans

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika majunya bisnis online juga sangat bergantung pada metode pembayaran yang digunakan. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Midtrans adalah fitur Payment Link. Fitur ini merupakan produk unggulan yang dapat mempermudah transaksi online dan/atau online payment meski pengguna tidak mahir dengan teknologi sekalipun.

Payment Link sebagai salah satu produk unggulan dari Midtrans

Payment Link merupakan tautan pembayaran yang mudah diakses oleh pembeli menuju halaman pembayaran yang ditentukan oleh penjual. Proses pembayarannya pun sangat sederhana, pengguna dapat menerima pembayaran tanpa perlu menggunakan akun media sosial atau menautkan pada website apa pun. 

Hanya dengan membuat link pembayaran, dan membagikannya pada pembeli, setelah proses pembayaran selesai, penjual akan mendapatkan notifikasi langsung. Pembuatan Payment Link juga dapat dilakukan dimana saja, baik melalui web dashboard atau pada aplikasi mobile Midtrans.

Untuk menghindari kesalahan saat pengetikkan data transaksi, Payment Link juga dapat digunakan oleh pebisnis untuk pembuatan invoice pembayaran. Payment Link menjadi solusi proses pembayaran online yang lebih cepat dan aman bagi bisnis online.

Keuntungan Menggunakan Payment Link

Payment Link juga merupakan terobosan baru dalam sistem pembayaran online yang memiliki banyak keuntungan bagi penjual maupun pembeli. Berikut ini beberapa keuntungan Payment Link sebagai solusi awal dan cepat untuk pembayaran online di masa awal usaha/bisnis:
  1. Dapat menerima transaksi online secara real time
  2. Dapat menerima pembayaran dari berbagai sumber dana
  3. Dilengkapi dengan 3D Secure, sehingga transaksi lebih cepat dan aman
  4. Link dapat dibagikan ke berbagai jenis media sosial dan layanan aplikasi pemesanan lain
  5. Pelanggan mudah melakukan pembayaran

Sebagai penyedia Payment Gateway yang terintegrasi dan terfavorit di Indonesia, Midtrans memungkinkan pebisnis online dapat menciptakan tautan pembayaran sendiri. Setiap transaksi online yang terjadi dapat terlaksana dan tercatat dengan baik.

Cara Aktivasi Akun Midtrans

Untuk aktivasi Midtrans, dan mulai menerima pembayaran dengan cepat, registrasi dapat dilakukan melalui website atau dapat menghubungi sales Midtrans. Proses pendaftarannya pun sangat cepat. Pebisnis dapat langsung menerima pembayaran dari pelanggan dengan aman. Berikut ini langkah-langkah aktivasi akun Midtrans:
  1. Langkah pertama yaitu akses situs Midtrans, atau dapat menggunakan link pendaftaran berikut: https://dashboard.midtrans.com/register
  2. Setelah berhasil registrasi, Anda akan menerima email aktivasi akun Midtrans yang dikirim ke email saat pendaftaran
  3. Lakukan login di dashboard.midtrans.com/login, untuk masuk ke halaman Passport
  4. Lengkapi dan unggah data yang dibutuhkan, seperti KTP, NPWP, dan rekening bank. Pastikan juga rekening bank menggunakan identitas yang sama saat registrasi.
  5. Baca dengan cermat ketentuan dan berikan tanda centang "I agree to the Terms & Conditions".
  6. Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke akun Midtrans, dengan metode pembayaran Bank Transfer dan GoPay yang sudah aktif.
  7. Anda akan menerima email laporan yang berisi informasi persetujuan dan instruksi untuk melanjutkan integrasi teknis agar dapat menerima pembayaran dari website bisnis.

Ada dua pilihan registrasi Midtrans, yakni registrasi bisnis perorangan dan registrasi badan usaha. Anda dapat memilih salah satunya sesuai kebutuhan. Sebagai panduan lengkap pendaftaran, Anda juga dapat melihat tayangan video di Official Channel YouTube Midtrans berikut:


Sistem Pembayaran Online Lebih Aman

Setiap pelanggan pasti menginginkan transaksi yang aman dan nyaman. Karena alasan itulah, sebagai pemilik usaha perlu menyediakan pelayanan dan sistem pembayaran yang aman saat melakukan transaksi online.

Untuk menjamin keamanan sistem pembayaran online, pengusaha harus memilih layanan yang menggunakan sistem fraud detection. Salah satu layanan Payment Gateway yang menggunakan sistem fraud detection, yaitu Midtrans. Sistem ini  memiliki tugas untuk:
  • Melacak dan mengawasi sumber data yang digunakan, seperti perangkat, server atau jaringan
  • Dapat mengidentifikasi ancaman atau serangan
  • Dapat melaporkan aktivitas yang mencurigakan
  • Dapat melindungi data sensitif yang pelanggan miliki

Dengan sistem pendeteksi anomali berteknologi tinggi, pengguna dapat menerima pembayaran dengan aman. Setiap transaksi yang diproses akan dianalisis Aegis secara otomatis. Midtrans juga telah memiliki izin dari Bank Indonesia, dan telah terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik pada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) sehingga online payment di Midtrans lebih aman.

Tidak hanya itu, Midtrans juga telah memastikan dapat melindungi data sensitif dari pencurian dan akses yang tidak diotorisasi. Setiap transaksi terlindungi oleh AES 256, yakni standar enkripsi elektronik yang didirikan oleh U.S. National Institute of Standards and Technology.

Sebagai layanan Payment Gateway, Midtrans juga telah memegang lisensi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS) yang diterbitkan oleh PCI Security Standard Council. Jadi, sudah dipastikan jika sistem Midtrans telah memenuhi standar keamanan data yang tinggi.

Yang tidak kalah penting, Midtrans juga telah bersertifikasi ISO/IEC 27001. Standar Internasional yang menetapkan ketentuan dalam mendirikan, menjalankan, mempertahankan, dan memajukan keamanan sistem manajemen informasi sebuah organisasi. Dengan memenuhi ketentuan ISO 27001, Midtrans dapat melindungi data dan transaksi dari risiko internal dan external berdasarkan standar Internasional.

Fasilitas Payouts yang Mudah dan Cepat

Selain Payment Link sebagai salah satu fitur unggulan Midtrans, fitur lain yang tidak kalah menarik yaitu Payouts. Dengan menggunakan fitur Payouts, pelaku bisnis/usaha akan memperoleh fasilitas yang cepat dan mudah dalam mengirimkan dana ke semua akun bank di Indonesia dan e-Wallet.

Payouts untuk pembayaran rekanan bisnis

Layanan Payouts ini merupakan bentuk inovasi Midtrans sebagai Payment Gateway yang dapat diandalkan oleh para pebisnis. Sebagai solusi cash disbursement yang memungkinkan setiap pengguna dapat melakukan pembayaran ke rekening bank manapun di Indonesia.
Baca juga:
Payouts Midtrans terhubung ke host bank, memungkinkan transfer tanpa hambatan dengan menggunakan API yang terintegrasi. Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh oleh pengusaha jika menggunakan fitur Payouts dari Midtrans, di antaranya:
  1. Pengiriman dana lebih mudah dan cepat
  2. Platform sudah terintegrasi dan mudah digunakan
  3. Keamanan transaksi lebih terjamin
  4. Dapat melakukan pengiriman ke berbagai bank dan e-wallet dengan biaya flat price

Tidak hanya pencairan dana, Sistem pembayaran dengan fitur Payouts juga dapat digunakan untuk berbagai jenis pembayaran online yang lain, di antaranya:

1. Pembayaran ke Partner atau Vendor

Pembayaran melalui Payouts dapat dilakukan terjadwal dan secara berkala sehingga lebih praktis.

2. Pengembalian Dana (refund)

Proses pengembalian dana ke pengguna dapat dilakukan jauh lebih mudah karena tanpa proses manual yang memakan waktu lama.

3. Gaji, Insentif, atau Komisi Karyawan

Dapat melakukan pembayaran gaji ke berbagai akun bank sekaligus, dan top-up ke e-Wallet lebih praktis dan mudah.

4. Penyaluran Dana Pinjaman

P2P (peer-to-peer) lending dapat terbantu dalam melakukan distribusi dana ke pihak peminjam.

Tentang Midtrans

Midtrans merupakan layanan payment gateway bagian dari ekosistem pembayaran Gojek Group. Sebagai perusahaan finansial berbasis teknologi, Midtrans mendukung pertumbuhan berbagai lini bisnis online lewat solusi pembayaran yang komprehensif dan inklusif dengan menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online untuk berbagai entitas bisnis, mulai dari startup, UMKM, hingga usaha besar.
Baca juga:
Sebelum berganti nama menjadi Midtrans, awalnya aplikasi ini memiliki nama Veritrans Indonesia yang berdiri sejak tahun 2012. Karena kelebihannya memudahkan transaksi online, perusahaan asal Jepang ini telah dipercaya lebih dari 500 ribu merchant di Indonesia.

Layanan payment gateway Midtrans juga menyediakan hingga 24 metode pembayaran yang aman, dan tetap berfokus pada pengembangan pebisnis online. Layanan online payment Midtrans terintegrasi dengan mudah dalam satu dashboard, sehingga berbagai transaksi online lebih baik dan aman. Yuk, coba Midtrans sekarang juga.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

9 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Bagi pebisnis, payment gateway seperti Midtrans akan memudahkan mereka menerima pembayaran dari berbagai rekening bank dan w-wallet, ketimbang harus membuka banyak rekening. Bisa dibilang sebuah solusi.

    BalasHapus
  2. Midtrans memudahkan hidup orang banyak dalam pengelolaan keuangan terutama bertransaksi. Untuk pembukaan rekeningnya juga mudah bisa dilakukan secara online

    BalasHapus
  3. Ini jenis aplikasi nya apakah seperti perbankan atau menjurus ke aplikasi investasi mas

    BalasHapus
  4. Payment gateway itu menjadi perantara proses transaksi/jual beli antara pebisnis dengan pelanggannya ya?

    BalasHapus
  5. Sekarang hidup rasanya dipermudah. Semua pakai aplikasi. Midtrans termasuk salah satu aplikasi penunjang kegiatan payment yg perlu dicoba

    BalasHapus
  6. Useful banget ini mah buat pebisnis online. Satu platform untuk semua jenis transaksi...ga perlu bikin akun di mana-mana dan bayar biaya admin pula.

    BalasHapus
  7. Payment gateaway ini sangat mempermudah kita sebagai orang yang punya mobilitas cukup tinggi ya kang. Misalnya saja pebisnis online yang selalu bisa lakukan pembayaran di mana pun juga

    BalasHapus
  8. Sepertinya sangat solutif ya kak. Adanya payment ini, jadi lebih informatif dan bisa membuat pembisnis semakin produktif.

    BalasHapus
  9. Sekarang tuh pelangggan maunya serba mudah makanya pemilik usaha pun harus cerdas mulai cari sistem payment yang memudahkan. Menariknya ada solusi payment gateway gini apalagi kalo aman pasti makin cocok untuk jalankan usaha.

    BalasHapus