Kelebihan Belanja Online Shop

Kemajuan teknologi yang sangat pesat telah memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai sendi kehidupan, diantaranya bidang bisnis. Oleh generasi millenial sebagai pengguna internet aktif, praktek bisnis dapat dilakukan melalui media promosi yang ada di internet. Atau lebih dikenal dengan istilah online shop.

Kelebihan Belanja Online Shop

Sebelum adanya internet, transaksi jual beli dilakukan dengan pertemuan antara kedua belah pihak, yaitu antara penjual dengan pembeli di sebuah tempat seperti pasar, toko atau pun warung. 

Mereka dapat melihat langsung kondisi fisik dari barang yang akan dijual maupun dibeli dan terjadi tawar menawar harga hingga memperoleh kesepakatan antar keduanya.

Pengertian Online Shop

Online shop sendiri adalah merupakan suatu tindakan menjual atau membeli produk dan layanan melalui internet dimana antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Biasanya barang yang diperjualbelikan ditampilkan melalui gambar yang ada di sebuah website atau pun media sosial sebagai tempat promosinya.

Dengan banyak bermunculnya startup jual beli produk, banyak orang yang merasa nyaman dan mudah karena adanya online shop ini. Melalui online shop, kita tidak perlu repot untuk mengantre dan berdesakan di toko karena berbelanja menjadi lebih mudah dan praktis serta tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya hanya untuk membeli barang yang diinginkan.

Cara Melakukan Transaksi Online Shop

Cara melakukan transaksi online shop ini sangat mudah. Hanya dengan menggunakan smartphone atau perangkat lainnya, Anda dapat melihat berbagai macam produk yang ditawarkan pada startup jual beli produk. 

Jika sudah menemukan barang yang dicari, maka Anda dapat langsung membelinya dengan melakukan pembayaran melalui transfer sejumlah uang ke rekening milik penjual. Dalam waktu beberapa hari, maka barang yang dibeli akan langsung diantar ke rumah Anda.

Selain itu berbelanja melalui online shop juga dapat membandingkan harga antar produk lain yang sejenis antar toko online yang satu dengan yang lainnya. Bahkan Anda juga dapat mencari produk yang harganya lebih murah dengan mudah.

Sistem pembayaran online shop terus dikembangkan oleh setiap perusahaan e-commerce yang tujuannya adalah agar lebih mempermudah konsumen untuk melakukan transaksi. 

Mudah Melakukan Pembayaran

Pembayaran online shop ini dapat dilakukan diantaranya melalui transfer antar bank, rekening bersama, melalui jasa pengiriman uang secara online (biasanya dilakukan lintas negara atau dalam satu negara) maupun COD (Cash On Delivery).

Namun sayangnya segala kelebihan dari online shop tersebut memiliki kekurangan yang menjadi dampak negatif dalam pelaksanaannya. Proses transaksi yang tidak langsung bertatap muka, dapat memicu terjadinya penyimpangan dan penipuan. Apalagi pembeli dan penjual tidak saling mengenal.

Dampak Negatif Online Shop

Online shop berisiko terhadap penyimpangan, karena berlangsung atas dasar saling percaya tanpa landasan hukum dan tanpa bukti fisik yang kuat. Keamanan transaksi sangat dibutuhkan oleh konsumen dalam hal ini untuk terhindar dari potensi penipuan.

Oleh karena itu sebelum melakukan pembelian produk pada online shop, ada baiknya Anda ketahui dulu kualitas barang yang ingin dibeli dan jangan jadikan harga murah sebagai patokan. Cara termudah yang sebaiknya Anda lakukan sebelum membeli barang adalah dengan melihat rating dan membaca testimoni orang lain yang membeli barang tersebut terlebih dahulu. 

Cek harga barang tersebut di berbagai sumber, hal ini dilakukan agar Anda dapat menghindari barang yang bermutu rendah.

Sebagian online shop besar telah membuat sistem keamanan yang cukup baik dalam proses transaksi. Namun tetap saja kita masih mendengar adanya penyimpangan dan penipuan. Untuk itu, kembali kepada para pengguna jasa online shop. Berhati-hati dan selalu waspada menjadi kuncinya.

18 comments

  1. Pengalaman belanja daring saya biasanya produk buku, ke toko daring maupun penerbitnya. Terkadang langsung ke penulisnya.
    Saya pernah beli serutan kayu secang yang tidak terdapat di kita kecil saya, keberadaan market place sangar membantu, apalagi sistem belanja dan bayarnya mudah. Sempat khawatir barang tidak dikirim, ternyata kekhawatiran saya tidak perlu. Yang penting cari toko tepercaya saja.

    ReplyDelete
  2. Saya juga pernah nih curhat soal ini. Kapan-kapan mau sharing juga di grup. Yg jelas, godaan impulsive buying itu akan terus ada. Setannya banyak soalnya yg menggoda. "Beli dong, beli dong, beli dong." Itu terus yg terngiang di telinga, apalagi kalo mantengin HPnya tengah malam pas suami dan anak sudah pada tidur. Tiba-tiba aja tangan langsung click buy. Hahahaha

    ReplyDelete
  3. Wahh belanja online memang bikin nagih sie , untungnya ga punya aplikasi dan ga begitu tertarik dengan online sie. Tapi kalau udah di tempat kerja malah racunnya banyak deh.

    ReplyDelete
  4. Saya sekarang malah lebih suka belanja online untuk berbagai keperluan rumah, apalagi kalau ada promo, harganya lebih murah dibanding beli langsung di toko/minimarket dekat rumah

    ReplyDelete
  5. Kalau saya memilih belanja online di marketplace yang terpercaya, setidaknya ada jaminan uang kembali kalau barang tidak dikirimkan.

    Kalau online shop yang dikelola perorangan ya harus extra hati-hati.

    ReplyDelete
  6. Aku suka sih belanja online, terutama produk kesehatan, misalnya vitamin atau suplemen. Bisa baca dengan tenang. Kalo di toko, bingung dikerubutin Mbak Sales. Hehe...Tapi kalau baju, gatot beli online. Selalu engga cocok ukuran. Dan aku engga pasang aplikasi di HP. Takut belanja...Haha...

    ReplyDelete
  7. Saya cukup terbantu dengan adanya toko online, entah sudah berapa barang yang saya beli online, enaknya itu kegiatan belanja jadi praktis. Bisa diselesaikan di hp.

    ReplyDelete
  8. Sejak jadi ibu dan malas antri panas entah kenapa saya love bgt dgn belanja online dibanding versi offline. Apalagi dg belanja online memungkinkan saya membeli barang yang ga tersedia di toko sekitar rumah. Hihi..

    ReplyDelete
  9. Saya kalau belanja on line masih ke toko yg sudah terpercaya dan besar besar... seperti bl, tokped jadi kalau terjadi sesuatu ada adminnya yg menengahi

    ReplyDelete
  10. kadang suka was-was juga kalo mau belanja online takut barang nggak dikirim. tapi setelah beberapa kali beli online ternyata fine-fine aja, asalkan kita beli di toko online yang terpercaya ya kak..

    ReplyDelete
  11. Dampak negatif online shop itu satu, ya NGURAS DUIT

    ReplyDelete
  12. Hal yang susah dari jual beli online itu memastikan produk yang dibeli berkualitas baik, kecuali memang belinya di tempat yang terpercaya.

    ReplyDelete
  13. Gaya hidup digital membuat seseorang jadi percaya aja dengan online shop. Begitu juga dengan saya. Gak khawatir tertipu tapi terus berhati hati biar gak kecolongan

    ReplyDelete
  14. Karena gampang, jadi orang lebih mudah untuk mengeluarkan uang yaa. Padahal ini yang membuat bocor halus juga huhuhu.

    ReplyDelete
  15. Mungkin saya termasuk orang yg main aman di online shopping. Hampir gak pernah langsung ikut beli d marketplace A, kecuali udah baca review 1-2 bulan dia jalanin bisnis.

    resikonya ya memang sering gk dpt extra bonus2 diskon soft opening dll.

    ReplyDelete
  16. saya sampai dilabeli anak olshop karena sering belanja online, abis enak sih, ga perlu macet2an tapi barang yang diinginkan tetap bisa sampai ke rumah hehehe

    ReplyDelete
  17. aku team belanja online untuk item-item tertentu aja kak karena masih harus belanjanya dengan sistem ngerasain kelembutan sebuah bahan. Tapi ada beberapa keuntungan kalo online tuh kayak kemarin beli kompor portable malamnya langsung BBQ ala-ala

    ReplyDelete
  18. aku suka juga belanja online ketimbang offline, tapi skrg aku batasin,, buka marketplace juga jarang kak skrg,, beneran gak baik untuk kesehatan finansial sih,, wkkwkw byk kegodanyaa

    ReplyDelete

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon