Panduan Memilih Helm Motor yang Tepat Saat Berkendara

Mengenakan helm adalah aturan utama ketika mengendarai sepeda motor untuk alasan keselamatan. Saat memakai helm sebenarnya tidak boleh asal pakai, dan ukurannya harus pas. Untuk itu, perlu tahu bagaimana cara memilih helm sepeda motor supaya presisi dan nyaman di kepala.
Tips memilih helm motor yang tepat sesuai Standar Nasional Indonesia

Seiring banyaknya pengguna roda dua, untuk mendapatkan helm dalam segala bentuk, merek dan ukuran sesuai selera baik di toko helm atau beli secara online. Namun, sangat penting untuk mengetahui panduan memakai helm yang tepat.

Tips Memilih Helm Motor yang Tepat

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih helm motor. Yang diutamakan adalah memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengendara. Pilih helm yang sudah terstandarisasi kekuatan dan keamanannya dalam memberikan perlindungan. Itu menjadi poin pertama dalam memilih helm.

1. Berstandar SNI

Pilihan standarisasinya adalah SNI (Standar Nasional Indonesia), DOT (Department Of Transportation) yang diterbitkan oleh National Highway Traffic Safety Association, ataupun SNELL yang dikeluarkan oleh The SNELL Memorial Foundation.

Metode pengujian untuk mendapatkan standarisasi ini salah satunya dengan menguji helm saat dibenturkan ke tembok atau bidang baja dengan kecepatan minimal 7 meter/detik. Selain menguji kekuatan bahan luar helm, diuji pula kemampuan bagian dalam helm (styrofoam) dalam menyerap benturan.

Faktor kekuatan material dalam menahan gesekan keras dan panas pun diuji dengan ketat untuk mengetahui kelayakan helm.

2. Berdasarkan Fungsi 

Pilihan helm half face, open face, dan full face. Helm half face hanya memliki cangkang yang menutupi tempurung atas kepala, open face menutup kepala bagian belakang hingga leher, dan full face menutup hampir seluruh bagian kepala termasuk dagu, rahang, dan terbuka hanya pada bagian mata.
Baca juga:
Perlindungan helm terbaik adalah tipe full face yang benar-benar melindungi keseluruhan kepala kita. Namun karena alasan fungsional dan sering berada di dalam kota, disarankan kepada para bikers agar minimal menggunakan helm open face.

3. Warna Terang

Demi keselamatan pilihlah warna yang mudah terlihat oleh pengendara lain di jalan. Warna yang cerah akan lebih gampang terlihat oleh pengemudi lain yang memiliki kabin tinggi seperti bus dan truk.

4. Sesuaikan dengan Ukuran Kepala

Ukuran helm yang sesuai akan menambah kenyamanan. Hindari bagian pelipis seperti daerah antara mata dan telinga serta telinga tertekan oleh bagian dalam helm karena berpotensi cepat menimbulkan pusing dan berujung menurunkan konsentrasi berkendara.

5. Kaca Helm Bening

Perlindungan penting untuk mata dan wajah adalah kaca helm. Pilih kaca helm yang bening untuk memudahkan visibilitas saat siang maupun malam. Opsi lainnya, kita bisa memilih helm yang dilengkapi kaca helm ganda (double visor) yang berwarna gelap sehingga tetap nyaman saat digunakan berkendara disiang terik, bisa mengurangi cahaya silau yang masuk ke mata.

6. Memiliki Konstruksi yang Awet

Disarankan helm yang memiliki penguncian dan pelepasan yang mudah dan memiliki kontruksi yang awet serta memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menjaga suhu kepala pengguna helm tetap nyaman dan tidak lembab yang menyebabkan gatal dikulit kepala.

Penutup

Definisi helm keren itu adalah memiliki desain yang keren, namun tetap mengutamakan perlindungan yang aman, yang maksimal, dan kenyamanan bikers saat berkendara. Apabila bisa mendukung penampilan pengendara tentunya akan semakin menyenangkan.
Bagaimanapun, ukuran yang tepat jelas membuat rasa pas dan nyaman untuk kepala. Kepala bisa terasa sakit ketika memakai helm yang kesempitan. Kalau memakai helm yang longgar, ini sama saja seperti tidak memakai helm. Helm bisa mudah terlepas ketika terjatuh dan meningkatkan risiko cidera serius di kepala.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.