Cara Mencuci Helm yang Tepat untuk Kesehatan Kepala

Menjaga kebersihan helm sama halnya menjaga kebersihan pakaian kita. Selain berfungsi untuk melindungi kepala saat berkendara, helm juga sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Namun sudahkah anda rutin membersihkan helm yang digunakan?. Berikut ini cara mencuci helm yang tepat untuk kesehatan kepala.

Cara mencuci helm yang tepat untuk kesehatan kepala

Sebagai pengendara kendaraan bermotor untuk menunjang kegiatan sehari-hari, saya tidak pernah lepas dari aksesoris pengaman saat berkendara. Ya, salah satunya yaitu helm. Helm sendiri adalah peralatan berkendara yang wajib digunakan karena sangat penting untuk keselamatan dalam berkendara.

Dalam menggunakan helm, selain merek yang sudah dikenal karena kualitasnya, helm yang saya gunakan juga harus menyesuaikan dengan standar resmi, yaitu SNI (Standar Nasional Indonesia). Standar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk digunakan pada berbagai hasil produksi yang dibuat oleh masyarakat Indonesia.

Cara Mencuci Helm

Tidak hanya itu, menurut saya, kebersihan helm juga sangat penting. Tidak elok rasanya jika benda apa pun yang digunakan sehari-hari nampak kotor. Selain jorok, kesehatan rambut terabaikan karena menggunkan helm yang kotor. Untuk itu bisanya saya rutin mencuci helm maksimal tiga bulan sekali.

Agar helm yang digunakan tetap awet dan terlihat bersih, tentunya harus memperhatikan cara mencuci helm yang baik dan benar. Berikut ini cara mencuci helm yang tepat untuk kesehatan kepala:

Mencuci Helm Bagian Luar

Untuk mencuci helm bagian luar, gunakan kain yang lembut, seperti handuk atau gunakan kanebo. Basahi kain yang sudah beri sedikit detergen. Lap helm di bagian permukaan luar dengan lembut agar tidak tergores. Lakukan secara berulang hingga debu yang menempel pada helm dapat terangkat.
Baca juga: 
Tapi sebelum itu sebaiknya Anda lepas dulu bagian dalam helm, seperti bantalan busa yang menempel di pipi dan lapisan kain yang melingkar di dalam helm. Tujuannya agar tidak terkena cipratan air dari detergen pada saat mencuci helm bagian luar.

Mencuci Helm Bagian Dalam

Jika Anda jarang atau bahkan tidak pernah mencuci helm, pasti lapisan dalam helm akan nampak kotor karena menempelnya minyak dari kulit kepala serta keringat. Jika seperti itu maka proses membersihkan helm bagian dalam pun cukup lumayan lama. Agar mudah membersihkannya maka lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Lepaskan bantalan pipi, pelindung napas serta lapisan dalam helm.
  2. Siapkan shampo atau detergen sebagai pembersih
  3. Gunakan air hangat
  4. Celupkan bantalan pipi dan kain lapisan dalam helm
  5. Pijat secara lembut agar bantalan pipi tidak lepek
  6. Bilas bantalan untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel
  7. Lakukan berulang hingga kotoran benar-benar terangkat
  8. Tepuk-tepuk bantalan agar tidak ada sisa air (jangan diperas)
Setelah semua langkah-langkah mencuci helm selesai, langkah berikutnya yaitu mengeringkan helm bagian dalam. Pada saat proses pengeringan jangan menjemur langsung di bawah terik matahari. Sebaiknya lakukan pengeringan dengan menggunkan hair dryer atau kipas angin agar helm bagian dalam dapat kering seluruhnya.

Tujuan mengeringkan helm bagian dalam dengan menggunakan hair dryer ini agar helm tidak bau apek serta cat helm tidak mudah pudar.

Fungsi Helm

Menggunakan helm saat berkendara merupakan peraturan yang wajib dipatuhi oleh semua pengendara bermotor. Selain melindungi kepala dari benturan, menggunakan helm juga sebagai kepatuhan kita pada pemerintah tentang peraturan lalu lintas saat berkendara.

Selain itu dengan menggunakan helm, dapat melindungi pandangan mata pada saat berkendara sepeda motor. Mata akan lebih aman dari terpaan angin serta debu dalam perjalanan.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

2 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Baca artikel ini saya jadi malu
    Helm saya hampir tak pernah dicuci
    Paling dilal bagian luarnya saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, ayo mas mulai sekarang mesti rutin cuci helm ya. Supaya kesehatan rambut dan kepala lebih terjaga

      Hapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!