25 July 2019

Insto Dry Eyes Solusi Awal Atasi Gejala Mata Kering

Bye Mata Kering..! - Memiliki mata yang sehat adalah impian setiap orang. Tidak dipungkiri kesehatan mata menjadi salah satu bagian penting bagi kehidupan. Seperti diungkapkan oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), "Mata yang sehat adalah cerminan dari jiwa yang sehat, karena mata mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi tubuh kita". Dengan mata juga, kita dapat melihat seluruh alam semesta ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pasti sebagian besar dari kita pernah mengalami gejala mata kering seperti saya. Terutama yang memiliki aktivitas sehari-hari berada di depan layar komputer maupun gadget. Mata kering atau dalam ilmu kedokteran disebut Keratoconjunctivitis sicca, dimana tidak diperolehnya pelumasan pada mata yang cukup oleh air mata. Pada keadaan seperti itu biasanya mata sulit untuk menghilangkan benda asing yang masuk ke mata.

Insto Dry Eyes Solusi Awal Atasi Gejala Mata Kering
Insto dry eyes, Atasi mata kering
Gejala awal mata kering biasanya ditandai dengan keadaan mata sepet, mata pegel, mata perih serta mata lelah. Dari beberapa gejala tersebut, faktor yang menyebabkan mata kering diantaranya karena seringnya berlama-lama menatap layar komputer, penggunaan gadget yang berlebihan, berada di ruangan yang ber-AC yang terlalu lama, sering terpapar debu yang terkontaminasi dengan polusi udara, melihat tayangan televisi pada ruangan yang gelap, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Tidak dipungkiri, dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat saat ini, hampir di semua bidang pekerjaan bahkan dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan komputer/laptop, gadget atau perangkat elektronik digital lainnya sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat terpisahkan dari manusia modern seperti sekarang ini.

Namun terlepas dari semua itu, kita pun harus dapat mengontrol penggunaan teknologi tersebut. Karena penggunaan teknologi yang berlebihan pasti memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Dampak negatif yang sering kita abaikan pada kesehatan tubuh kita, yaitu diantaranya kesehatan indera penglihatan.
Seperti yang pernah saya alami, sebagai seorang guru honorer yang juga merangkap tenaga administrasi di sekolah dasar yang berada di pedesaan. Keadaan ruangan kelas yang masih menggunakan papan tulis hitam, dengan kapur tulis sebagai alat tulisnya. Sudah barang tentu setiap hari selama kurang lebih lima jam harus kontak langsung dengan debu dari kapur tulis pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kondisi seperti itu tidak jarang saya merasakan mata perih yang disebabkan oleh paparan debu yang dihasilkan dari kapur tulis.

Insto Dry Eyes Solusi Awal Atasi Gejala Mata Kering
Debu dari kapur tulis menyebabkan mata kering
Selain sebagai guru honorer yang mengajar di SD, saya pun mengajar mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMP yang tiap seminggu dua kali harus berada di ruang laboratorium komputer dengan menggunakan pendingin udara untuk memberikan praktikum pada siswa. Jadual praktikum hingga dua jam, mengharuskan saya berada di ruangan ber-AC hingga tanpa disadari kerap kali merasakan mata perih.

Biasanya pada kondisi mata perih seperti itu, mata akan mengeluarkan air mata yang berlebihan. Saat keadaan mata perih, biasanya saya langsung mengucek-ngucek mata, yang harapannya agar mata perih tersebut segera berkurang. Namun yang terjadi malah sebaliknya, mata saya bertambah perih. Dengan cara seperti itu sebenarnya sangat berisiko menyebabkan peradangan, bahkan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan gejala mata kering.

Baca juga : Gangguan kesehatan mata yang sering terjadi pada kita.

Saat jam istirahat, biasanya saya manfaatkan waktunya berada di depan laptop untuk membuat administrasi kelas. Baik itu membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) atau membuat laporan harian lainnya. Apalagi jika sudah menghadapi pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidik) atau aplikasi kependidikan lainnya yang dikerjakan secara online maupun offline, maka saya harus lebih lama lagi berada di depan layar komputer. Tidak jarang pula pekerjaan tersebut saya kerjakan di rumah sampai larut malam, dengan maksud agar cepat terselesaikan tepat waktu, yang tanpa saya sadari sering kali merasakan mata lelah karena terlalu lama menatap layar monitor.

2. Mata Pegel
Berlama-lama berada di depan layar laptop juga dapat mengakibatkan gejala mata pegel. Dimana otot di sekitar mata merasakan kaku, tegang dan sakit. Biasanya jika mata pegel dan lelah, yang saya lakukan yaitu memejamkan mata dalam-dalam dengan maksud untuk meregangkan otot disekitar mata agar terasa nyaman kembali. Namun itu hanya bertahan sebentar, beberapa saat kemudian saya merasakan mata pegel kembali. Mata pegel juga merupakan salah satu gejala awal dari penyakit mata kering.

Insto Dry Eyes Solusi Awal Atasi Gejala Mata Kering
Insto dry eyes solusi awal atasi mata kering
3. Mata Sepet
Gejala lain yang ditimbulkan dari mata kering yaitu mata sepet. Mata sepet biasanya ditandai dengan warna bola mata yang kemerah-merahan dan kurangnya air mata yang membasahi bola mata. Penggunaan perangkat elektronik digital dalam jangka waktu yang lama. Seperti smartphone, ternyata membaca ataupun mengemudi yang memerlukan tingkat fokus penglihatan yang tinggi dan seringnya mata terkena cahaya yang terlalu terang atau silau pun akan menyebabkan mata sepet dan mata lelah.

Jika keadaan mata saya mengalami hal seperti itu, biasanya yang saya lakukan yaitu mengalihkan pandangan ke arah lain dalam waktu beberapa saat agar mata sepet segera mereda.

Pengobatan Gejala Mata Kering

Sebagai langkah awal untuk mengantisipasi gejala mata kering, sebaiknya Anda harus pintar-pintar menjaga kebersihan mata, terutama area di sekitar mata. Melindungi mata dari paparan debu dan asap kendaraan, perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan omega-7, serta istirahat yang cukup jika mata sudah mulai terasa lelah atau tegang.

Dari beberapa cara pencegahan gejala mata kering yang saya sebutkan diatas. Untuk beberapa kasus pencegahan gejala mata kering yang lebih dini, yang saya lakukan adalah dengan cara mengedipkan mata secara teratur. Karena dengan berkedip, kelopak mata akan menghasilkan air mata yang berfungsi untuk melembabkan dan menyegarkan kembali.


Selain itu, saya juga menggunakan tetes mata Insto Dry EyesInsto Dry Eyes ini dapat mengatasi gejala mata kering, karena dapat memberikan efek pelumasan seperti air mata atau dengan kata lain, Insto Dry Eyes ini sebagai air mata buatan. Insto Dry Eyes juga dapat meringankan iritasi pada mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata, karena mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl Selulose dan Benzalkonium Chloride yang berfungsi untuk membersihkan mata dari virus maupun bakteri yang membahayakan kesehatan mata.

Pertama kali saya menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes, saya merasakan kesejukan pada bola mata, karena zat aktif yang terkandung pada Insto Dry Eyes tersebut selain dapat membunuh bakteri dan kuman juga dapat menyegarkan mata. Penggunaan Instro Dry Eyes yang sesuai dengan aturan pakai, dapat mencegah mata sepet, mata pegel, mata perih dan mata lelah sebagai penyebab gejala mata kering serta aman digunakan.

Obat tetes mata yang diproduksi oleh Compibhar ini aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di BPOM. Untuk mendapatkan Insto Dry Eyes ini, Saya dapat memperolehnya dengan mudah di apotek atau di supermarket terdekat dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu juga dengan kemasan yang hanya sebesar jempol tangan orang dewasa, Insto Dry Eyes mudah untuk dibawa kemana saja.

Insto Dry Eyes Solusi Awal Atasi Gejala Mata Kering
Bye mata kering
Setelah saya mengetahui manfaat yang begitu besar dari Insto Dry Eyes untuk kesehatan mata, terutama untuk membantu mengatasi gejala mata kering. Seperti mata sepet, mata pegel, mata perih maupun mata lelah. Mulai sekarang saya selalu membawa Insto Dry Eyes kemanapun, baik pada saat bekerja ataupun beraktivitas sehari-hari lainnya. Karena ada pepatah mengatakan "Lebih baik mencegah daripada mengobati". Sekarang saya terbebas dari gejala mata kering yang mengganggu kesehatan mata, dan aktivitas sehari-hari saya pun menjadi lancar. Bye Mata Kering..!

This post have 12 komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon

  1. Ngajarnya masih pake kapur ya hihi jadi berdebu dan bikin mata kering... coba pake infocus, nambah kering dong... kantongnya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya bener bang, Maklum sekolah di desa pedalaman. Kegiatan KBM yang masih menggunakan kapur tulis sbg alat tulisnya terkadang memang sangat menggangu kesehatan mata, terutama gejala mata kering.

      Infocus insya Allah menyusul kalo dapet giliran bantuan dari pemerintah..

      Delete
  2. Setuju Mas. Karena beberapa kali mengalami gejala mata kering ini, saya sekarang juga sedia Insto Dry Eyes jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dry eyes memang dpt dijadikan solusi awal untuk pencegahan gejala mata kering.

      Delete
  3. Klo saya sering depan kompi nih. Paling setiap beberapa jam sekali mengalihkan pandangan ke yang lain, biar gak terlalu perih. Alhamdulillah, hampir gak pernah kena perih misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang, dengan mengalihkan pandangan beberapa menit ke arah yg lain, setidaknya dapat mengurangi gejala mata kering

      Delete
  4. mantap, sukses selalu untuk ngajarnya Kang

    ReplyDelete
  5. Debu dari kapur selain bisa masuk ke mata dapat mudah terhirup ya, mungkin bila pakai whiteboard lebih aman. Jadi inget waktu awal kuliah dulu masih pake kapur dan ngelihatnya agak susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, debu kapur tulis sangat membahayakan. selain bahaya untuk kesehatan mata juga dapat mengganggu pernafasan..

      Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya...

      Delete
  6. Wahh sehat terus ya pak guru, semoga selalu terjaga kesehatan matanya demi kelangsungan pendidikan disana.karena mata adalah jendela dunia

    ReplyDelete