Friday, October 18, 2019

Cara Mudah Membersihkan Sepatu Kulit Agar Awet

Sepatu kulit merupakan salah satu jenis sepatu yang banyak digunakan oleh kaum laki-laki. Selain memiliki tekstur yang lembut karena bahannya dapat mengikuti bentuk kaki, sepatu kulit juga mendukung penampilan seorang pria agar tampil lebih elegan, baik digunakan untuk pekerjaan formal atau pada  acara resmi. 

Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Agar awet, maka cara membersihkan sepatu kulit pun harus dengan hati-hati karena berbeda dengan cara membersihkan sepatu yang menggunakan bahan lain.

Cara Mudah Membersihkan Sepatu Kulit

Untuk membersihkan sepatu kulit, maka kita harus ketahui dulu jenis kulit yang digunakan. Umumnya sepatu kulit memiliki tingkat kelembaban, keelastisan, serta ketahanan yang berbeda, maka cara membersihkannya pun harus dapat dibedakan.

Mungkin bagi sebagian orang, mencuci sepatu kulit sangat dirasa riskan atau hawatir dapat merusak sepatu kulit tersebut. Padahal, jika dilakukan dengan cara tepat, maka kehawatiran tersebut dapat di hindari. Berikut ini adalah cara membersihkan sepatu kulit agar tetap awet dan nampak seperti baru:

1. Gunakan Air Dingin

Membersihkan sepatu kulit sebaiknya dimulai pada bagian bawah, yaitu dengan cara disikat menggunakan air dingin yang tujuannya untuk membersihkan tanah yang menempel. Tapi sebelumnya bersihkan terlebih dahulu dengan tangan atau menggunakan sikat yang memiliki tekstur bulu yang halus.

2. Gunakan Handuk

Untuk membersihkan permukaan/bagian atas sepatu, maka gunakan kain yang lembut atau handuk yang telah dicelupkan pada air. Tujuannya agar pada saat di usap tidak tergores.

Baca juga: 

3. Gunakan Detergen Cair

Membersihkan bagian luar sepatu sebaiknya gunakan detergen cair atau sabun cuci yang tidak mengandung bahan pemutih dan menghasilkan sedikit busa. 

Seperti produk deterjen cair Rinso, yang telah dibuat dengan menggunakan teknologi SmartFoam, agar tidak menimbulkan bercak noda pada sepatu. 

Gunakan handuk yang sudah dicelupkan ke cairan detergen kemudian usap permukaan sepatu dengan perlahan untuk menghilangkan debu yang menempel.

4. Gunakan Lap Lembap untuk Membilas

Setelah dicuci menggunakan detergen cair, berikutnya sepatu kulit di bilas dengan menggunakan lap lembap atau dapat juga dengan menggunakan kanebo

Karena teksturnya yang lembut dan halus, kanebo baik untuk membilas sepatu agar semua busa yang tersisa dapat terangkat dan tidak meninggalkan bercak putih saat sepatu sudah kering.


5. Gunakan Baking Soda/Soda Kue

Umumnya pada saat membersihkan sepatu kulit hanya bagian luarnya saja. Padahal bagian dalam pun sangat penting untuk dibersihkan. Pada bagian dalam ini adalah tempat bersarangnya kuman dan kerap kali menimbulkan bau yang tidak enak. 
Untuk membersihkan sepatu bagian dalam kita dapat menggunakan baking soda/soda kue dengan cara ditaburkan pada bagian dalam sepatu kurang lebih 12 jam. Kemudian bersihkan sisa baking soda agar bau yang ada pada sepatu hilang.

6. Gunakan Semir Padat atau Cair 

Untuk menjaga kelembaban sepatu dan agar warnanya tetap mengkilap, maka gunakan semir sepatu yang sesuai dengan jenis kulit sepatu, baik semir sepatu padat maupun cair. Agar sepatu selalu tampak baru, maka semirlah sepatu kulit secara rutin.

Dari beberapa cara membersihkan sepatu kulit yang sudah saya jelaskan diatas, maka yang tidak kalah pentingnya lagi yaitu jemur sepatu kulit di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung agar warna sepatu tidak pudar, kering dan retak.

Selain itu simpan sepatu kulit dengan menggunakan pengganjal khusus sepatu untuk mempertahankan bentuk sepatu ketika tidak digunakan jangka waktu yang lama. 

Cara membersihkan sepatu kulit ternyata tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak waktu, yang penting kita telaten untuk membersihkannya secara berkala.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

4 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Terima kasih untuk tipsnya memelihara sepatu kulit. Kebetulan saya punya sepatu boots yang terbuat dari kulit. Sekarang jadi tahu cara membersihkannya. Ternyata boleh pakai sabun cair Rinso yang mengandung smart foam ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sama-sama...
      Terima kasih juga telah mengunjungi blog saya

      Delete
  2. Nah lengkap ini penjelasannya.. thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas ulasan penilaiannya dan terimakasih juga telah berkunjung ke blog saya...

      Delete
avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri Blog