Mengenal Penyakit Asam Urat dan Cara Pencegahannya

Apakah Anda pernah mengenal penyakit asam urat? Penyakit asam urat ini terjadi karena terdapat pembengkakan pada area persendian. Biasanya orang yang menderita penyakit ini akan merasakan nyeri yang tak tertahankan pada bagian pergelangan kaki, lutut, jari kaki dan jari tangan.

Mengenal penyakit asam urat dan cara pencegahan asam urat

Mengenal Penyakit Asam Urat

Pada umumnya penyakit asam urat ini menyerang laki-laki yang berusia diatas 30 tahun. Namun penyakit ini juga dapat diderita pada wanita yang setelah terkena monopause. Penderita asam urat biasanya akan merasakan sakit selama 3 sampai 10 hari, dan gejalanya dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa jam.

Kurangnya pengetahuan tentang penyakit asam urat ini, banyak orang beranggapan bahwa penyakit asam urat adalah rematik. Sebenarnya tidak demikian, rematik hanyalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit ini disebabkan oleh terlalu banyaknya mengkonsumsi purin dalam jumlah besar. Makanan yang banyak mengandung purin diantaranya bayam, kangkung, buncis, daging merah, jeroan, ikan dan seafood, kedelai olahan dan makanan yang berkadar gula tinggi.

Gejala Penyakit Asam Urat

Untuk mengenal penyakit asam urat, Anda dapat mengamatinya melalui gejalanya. Ada banyak gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, diantaranya:
  • Persendi terasa sakit mendadak
  • Kaki sulit untuk berjalan normal
  • Rasa sakit yang berkembang dengan cepat disertai pembengkakan, rasa panas seperti terbakar, dan muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Kulit terasa gatal dan terlihat bersisik serta mengelupas pada area persendian jika gejala asam urat sudah mereda.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Meskipun gejala penyakit asam urat ini dapat mereda dengan sendirinya, namun sebaiknya harus tetap melakukan pencegahan dan pengobatan untuk menghindari risiko kambuh dengan tingkat gejala yang lebih tinggi.

Sebagai pencegahan awal sebaiknya atur pola makan. Upayakan hindari makanan yang banyak mengandung purin dalam jumlah besar dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Berikut makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat, diantaranya:

1. Sayuran yang Mengandung Purin Tinggi

Meskipun sayuran seperti bayam, kangkung dan buncis terkenal sebagai makanan sehat, namun bagi penderita asam urat tidak semuanya sayuran aman untuk dikonsumsi. Sebagai gantinya, konsumsilah sayuran yang rendah purin, diantaranya tomat, kubis, wortel.

2. Daging, Jeroan dan Seafood/Makanan Laut

Jika Anda penikmat daging, jeroan dan seafood sebaiknya kurangi porsinya. Sebaiknya mengkonsum daging tidak lebih dari 85-113 gram per hari. Pilih bagian brisket, karena pada brisket ini memiliki kadar purin lebih sedikit.

3. Makanan dan Minuman Berkadar Gula Tinggi

Hindari makanan, minuman dan buah-buahan yang mengandung kadar gula tinggi seperti jus buah, minuman bersoda, apel dan pir. Jenis makanan, minuman buah-buahan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat karena terdapat kadar fluktosa yang tinggi. Sebaiknya konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C jeruk dan paprika

4. Minuman Beralkohol

Hindari minuman yang beralkohol dan mengandung ragi. Jenis minuman beralkohol ini dapat menurunkan keseimbangan asam-basa yang mendorong asam urat mengkristal. Dan minuman beragi pun mengandung purin yang sangat tinggi.
Baca juga:
Selain harus mengubah pola makan dengan cara menghindari makanan yang banyak mengandung purin dalam jumlah besar dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Untuk mencegah penyakit asam urat ini dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, perbanyak minum air putih dan minum kopi secukupnya.

Setelah Anda mengenali gejala penyakit asam urat dan mengetahui cara pencegahannya, maka sebaiknya ikuti apa yang sudah dipaparkan diatas agar tidak dialami oleh Anda sendiri.

Namun jika Anda pernah mengalami atau memiliki beberapa gejala asam urat tersebut, maka sebaiknya segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan agar tidak bertambah parah.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

29 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Btw ini penyakit asam urat bisa dialami oleh orang rentang usia berapa ya? Tipsnya bermanfaat sekali, semoga selalu diberi kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk laki-laki usia 30 tahun keatas dan untuk perempuan yang sudah terkena monopouse. Tapi tidak menutup kemungkinan usia dibawah 30 tahun juga ada yang mengalaminya. Biasanya hal itu berawal dari pola makan yang salah mas

      Hapus
  2. Terimakasih buat info lebih baik mencegah penyakit asam urat dari sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, lebih baik pencegahan sebelum menderita sakit

      Hapus
  3. Banyak sekali ya makanan yang tidak boleh dikonsumsi dengan orang yang asam urat. Memang benar kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mumpung masih muda jadi harus jaga pola makan

    BalasHapus
  4. Ayahku yang punya asam urat begini. Alhamdulillah beliau tahan tahan banget makan makanan pemicunya. Mudah-mudahan kita semua sehat selalu. Thanks for sharing kak.

    BalasHapus
  5. Saya dulu pernah nyeri banget di persendian sampai hampir ga bisa jalan. Pas chek asam urat trnyata normal. Kenapa bisa gitu ya pak.

    BalasHapus
  6. Memang sebaiknya kita harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Sebab kebanyakan penyakit datang karena salah pola makan.Hendaknya kita mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang supaya kesehatan tetap terjaga...

    BalasHapus
  7. Jadi lebih paham apa dan bagaimana penyekit satu ini. Kata orang yang pernah ngalamin, rasa sakit di sendinya itu benar-benar berasa banget dan bisa terjadi kapanpun.

    BalasHapus
  8. Semenjak papa pernah mengalami asam urat, jadilah kami agak berhati-hati dengan jeroan. Papa pun juga sudah mengurangi kangkung dan bayam. Kalau udah kumat sampai enggak bisa jalan saking sakitnya

    BalasHapus
  9. Bener banget harus menjaga pola makan. Dan jangan lupa olahraga :)

    BalasHapus
  10. Mertua saya terkena asam urat. Harus seleksif dalam memilih makan dan menjahui pantangannya. Salah satu cara yang dilakukan adalah meminum ramuan obat dari daun suruhan. Insyaalah rasa sakitnya berkurang.p

    BalasHapus
  11. Ini penyakit ibu saya nih. Jadinya sekarang masa tuanya makannya harus pilah-pilih. Gak bebas makan sayur, gak boleh makan daging sapi, kambing, cuma boleh ayam dan ikan. Pokoknya serba ada aturan sehatnya. Kalo melanggar, siap-siap aja nangis nahan sakit. Huhuhu

    BalasHapus
  12. Emmakku mengalaminya kak. Langsung aku kasih tahu deh untuk sayuran yang jangan di konsumsi dan yanh boleh di konsumsi. Mksh infonya kk.

    BalasHapus
  13. Memang butuh cara menyikapi asam urat ini. Kalau dihindari pantangannya, in syaa Allah aman.

    BalasHapus
  14. Mencegah lebih baik mengobati. Mulai sekarang kurangi makan bayam, kangkung, buncis. Ketiga sayur itu makanan favoritku nih, ternyata bisa bikin asam urat ya?

    BalasHapus
  15. Kebetulan mamaku kayaknya kena asam urat. Harusnya gak makan bayam, kangkung dan buncis dulu ya. Karena mengandung purin yang tinggi

    BalasHapus
  16. Saya udah mulai gejala gejala nih
    Saya suka pulak dengan sayuran hikau huhu
    Makasih info2nya ya

    BalasHapus
  17. Artikelnya bagus banget. Jadi pengingat kita-kita yang blom kena biar lebih hati-hati soal makan..( aduh, jangan sampe kena deh).
    Om ku mengalami ini, kang. Beliau udah usia lanjut sih. Apa memang orang-orang usia lanjut ya yang mengalami asam urat? Atau orang muda pun bisa?

    BalasHapus
  18. bapak aku pola makan dijaga sekarang, juga nggak sering konsumsi manis manis
    jaga jaga kalau misal kambuh asam uratnya, kayaknya nggak terlalu sering hadir gejalanya, tapi kalo melihat usia biasanya takutnya tiba tiba suka muncul, jadi jaga kesehatan lebih penting sekarang

    BalasHapus
  19. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Salah satunya dengan melakukan penataan pola makan. Yg intinya tidak boleh berlebihan. Apa saja kalo berlebihan khan gak baik

    BalasHapus
  20. semakin bertambah usia semakin bertambah juga nih ya yg namanya penyakit..jadi hars betul2 jaga pola makan ya..mksh infonya..

    BalasHapus
  21. Jadi tahu penyebab penyakit asam urat ternyata banyak juga jenis makanannya ya infonya sangat ngebantu nih kakak makasih

    BalasHapus
  22. Unfngysyaa tidak punyaasam urat sehingga bisa makan makanan yg purinnya tinggi. Enak sih. 😘
    Tapi nggak banyak. Ingat usia sendiri. Hihihi

    BalasHapus
  23. Usia saya masih 20an semoga bisa terhindar dari penyakit asam urat ini. Terima kasih infonya gan, harus benar-benar menjaga pola makan.

    BalasHapus
  24. wah orangtuaku nih kena asam urat, makasih informasinya kang. emang ya jeroan meski enak harus hati-hati, kalo kebanyakan bisa kena asam urat. sekarang orangtuaku menghindari bangeet makan jeroan hehe.

    BalasHapus
  25. Memang penyakit sekecil apapun tetap mengganggu kita ya kang sebagai manusia yang produktif bekerja. Semoga kita semua diberi kesehatan Allah SWT. Aamiin

    BalasHapus
  26. Saya kalau habis makan sayur pucuk ubi, langsung kaki sakit sakit. ngilu dan panas, mungkin ini asam urat ya.

    BalasHapus
  27. Penyakit asam urat ini identik dengan orang usia lanjut ya, Mas. Tapi bukan berarti anak muda tidak bisa terkena. Akhirnya memang kita harus perhatian dengan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit satu ini.

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!