Khasiat Kopi Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

 Anda tentunya tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah ini memiliki berbagai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan yang ada pada buah ini diantaranya dapat menyembuhkan sakit kepala, tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah kanker, asam urat, batuk, diabetes dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Kopi Buah Mengkudu
Kopi mengkudu

Kandungan Buah Mengkudu 

Buah mengkudu ini sudah dipercaya turun-temurun oleh nenek moyang kita hingga sekarang zaman modern seperti sekarang. Setelah melalui proses penelitian oleh para ahli menemukan bahwa buah mengkudu memiliki kandungan, diantaranya zat terpenoid, nutrisi, zat anti bakteri, zat anti kanker, scolopetin, xeronin, zat bioaktif, zat iridoid, serat, metil, asetil, morindone, asam kapril.

Di zaman yang modern ini semuanya serba instan dan terkadang kita malas untuk mengolahnya sendiri untuk dibuat jamu tradisional atau pun obat herbal, padahal jika kita mengolahnya sendiri dengan baik maka buah ini benar-benar alami sebagai obat-obatan tanpa kandungan bahan kimia. 

Namanya buah mengkudu atau lebih dikenal dengan buah pace (jawa) karena baunya yang cukup menyengat hingga malas untuk kita mengkonsumsinya secara langsung baik dijadikan lalapan, jus atau pun rujak pedas yang jika kita mencium baunya pasti akan terasa mual-mual dengan bau khas seperti maaf (bau ketek.red).

Tapi yang saya bahas kali ini bukan cara membuat obat-obatan herbal atau jamu tradisional dengan bahan dasar mengkudu atau pace, tapi saya akan berbagi bagaimana caranya buah tersebut dijadikan minuman yang disukai oleh kaum adam. 

Ya namanya kopi buah mengkudu. Mungkin anda semua pasti baru mendengarnya jika ternyata mengkudu juga dapat dijadikan kopi ?
Buah Mengkudu
Buah mengkudu
Dengan cara dibuat bubuk kopi, mengkudu atau pace ini dapat kita konsumsi dan kita nikmati rasanya yang khas tanpa ada bau yang menyengat seperti pada saat masih berbentuk buah. Jadi jangan khawatir anda tidak akan mual-mual bahkan muntah-muntah setelah meminumnya. 

Jika anda penasaran dan ingin mencoba membuatnya sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Berikut ini cara pengolahan buah mengkudu menjadi bubuk kopi yang baik untuk kesehatan.

Cara pengolahan kopi buah mengkudu untuk kesehatan

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu beberapa buah mengkudu yang muda tapi tidak terlalu muda banget (mengkel) berwarna putih kekuning-kuningan dan jangan yang sudah tua/masak karena buah tersebut lembek jika sudah tua di pohon dan baunya pasti menyengat, kemudian cuci hingga bersih dan iris tipis-tipis tapi jangan terlalu tipis dan bijinya jangan dibuang.

Bubuk kopi Mengkudu
Bubuk kopi mengkudu
Setelah buah mengkudu diiris kemudian keringkan dibawah sinar matahari beberapa hari hingga benar-benar kering atau jika lagi musim hujan agar lebih praktis dan menghemat waktu ada bisa mengeringkannya dengan cara memasukan kedalam mesin pengering atau oven. 

Setelah irisan buah mengkudu tersebut sudah kering, kemudian sangrai tanpa menggunakan minyak sayur hingga berubah warnanya menjadi hitam kecoklatan. Setelah semuanya sudah selesai disangrai tiba saatnya anda menghaluskannya dengan cara ditumbuk terus-menerus hingga benar-benar lembut dan ayak hasil tumbukan buah mengkudu tersebut. 

Bubuk kopi dari buah mengkudu pun sudah jadi dan bisa anda nikmati dengan menambahkan gula pasir sesuai selera. Menikmati kopi dari buah mengkudu selain enak juga anda sekaligus mendapatkan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Selamat mencoba..

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!