Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog [Update]

Kali ini saya akan berbagi daftar dan kirim artikel di Vivalog agar dapat menambah jumlah visitor dengan mudah. Namun sebelum itu akan saya ceritakan terlebih dahulu pengalaman saya tentang awal mula tertarik untuk mendaftar dan kirim artikel pada vivalog tersebut.

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
Tampilan iframe widget vivalog
Jujur, sebagai blogger pemula seperti saya, artikel yang dibuat berada di urutan 10 besar/page one pada pencarian mesin telusur google adalah sebuah kebanggaan. Namun hal itu bagi saya terasa sulit. Padahal dengan cara apapun sudah saya coba, termasuk belajar SEO untuk mengoptimalkan trafik pencarian organik.

Belajar SEO harus konsisten dan sabar, karenanya saya pun banyak belajar melalui tutorial yang dibagikan teman sesama blogger melalui artikel-artikelnya ataupun mendapatkan panduan dari grup blogger. Namun tetap saja hasil yang saya peroleh belum maksimal sesuai dengan harapan.
Baca Juga:
Tanpa disengaja saya mengunjungi sebuah blog yang terdapat tampilan Iframe dari Vivalog pada widget blognya. Saya pun penasaran, sebenarnya dengan maksud apakah blog tersebut menampilkan banner dari vivalog tersebut.

Cara Mudah Daftar Vivalog

Setelah mendapat petunjuknya, kemudian saya mencoba untuk daftar dan kirim artikel di Vivalog. Syarat untuk mendaftar sangatlah mudah, yaitu hanya dengan menggunakan email yang aktif serta mengisi passwordnya.

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
Gambar kolom registrasi vivalog

Keuntungan Kirim Artikel di Vivalog

Dari informasi yang saya peroleh, ternyata Vivalog adalah layanan sosial bookmark yang dimiliki oleh Viva.co.id yang tidak asing di Indonesia. Ketertarikan saya untuk mendaftar dan mengirimkan artikel melalui vivalog ini karena salah satunya adalah agar dapat mempromosikan artikel kepada ribuan pengunjung Viva.co.id tiap harinya.

Pengunjung yang banyak ini berpotensi meningkatkan traffic ke blog kita melalui artikel yang kita kirim di Vivalog. Pengalaman saya setelah kirim artikel ke Vivalog dan berhasil ditayangkan, pengunjung blog dan tayang halaman naik hampir 3 kali lipat dari sebelumnya.

Tidak semua artikel yang dikirim ke Vivalog akan ditayangkan. Ada beberapa kriteria tertentu agar kiriman artikel kita diterima dan dapat ditayangkan pada Vivalog, diantaranya artikel yang tidak mengandung unsur-unsur SARA, pornografi, kekerasan, tindakan provokasi yang merugikan orang lain dan menyiarkan kebencian.

Selain itu artikel yang dikirim pun harus menarik, unik dan informatif.. Hal ini terkait dengan kapasitas Vivanews sebagai induk dari Vivalog yang basicnya merupakan situs berita.
Baca juga:
Selain itu agar artikel kita dapat ditampilkan pada halaman Vivalog, maka artikel kita harus termasuk salah satu dari 19 kategori yang disediakan oleh Vivalog sendiri. Buatlah tulisan yang menarik dan bukan hasil copy paste dari artikel orang lain.

Artikel yang dikirim ke Vivalog biasanya tidak langsung dapat ditampilkan begitu saja pada halaman Vivalog, setiap artikel yang dikirim akan dikoreksi dan jika perlu diedit ulang terlebih dahulu oleh redaksinya.

Jika memenuhi syarat, maka akan diinformasikan melalui email dan tentu akan tampil pada halaman Vivalog. Pada halaman Vivalog hanya menampilkan sebagian teks beserta judul dan gambar, selebihnya Vivalog akan mengarahkan ke link artikel blog kita secara otomatis untuk membaca artikel aslinya.

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
Contoh artikel blog yang berhasil tayang di vivalog

Cara Kirim Artikel di Vivalog

Sebelum kita mengirim artikel, dan agar artikel kita diterima oleh redaksi Vivalog, maka kita harus memasang script iframe Vivalog terlebih dahulu di blog kita.

Untuk memasang script iframe Vivalog silahkan copy paste script dari halaman Vivalog kemudian letakkan pada widget blog anda dan atur posisinya sesuai dengan yang diinginkan. Anda juga dapat menggunakan ifram dibawah ini yang saya peroleh dari halaman Vivalog.
<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0; min-height: 225px;" src="https://log.viva.co.id/iframe" scrolling="no"></iframe>
Setelah semua siap, silahkan kirim Vivalog dengan cara seperti ini:
  1. Silahkan login ke Vivalog dengan akun yang telah kita buat sebelumnya pada alamat https://www.viva.co.id
  2. Setelah proses login berhasil, silahkan klik menu V-Log yang berada di pojok kanan atas.
  3. Setelah halaman baru terbuka, silahkan klik banner berwarna ungu yang bertuliskan "Kirim Blog" dalam lingkaran. 
    Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
  4. Kemudian akan menampilkan halaman kirim artikel seperti gambar dibawah ini
  5. Isi parameter yang disediakan seperti Judul blog, Pilih Kategori Artikel, Isi blog dan URL blog, File gambar (pilih dari komputer).
  6. Keterangan file/gambar (beri nama sesuai gambar)
  7. Selanjutnya silakan isi/ceklis kode Captcha pada fitur keamanan sesuai gambar diatas.
  8. Setelah selesai, silahkan centang persetujuan Syarat dan Ketentuan lalu Klik Kirim Blog.
Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
Halaman kirim artikel vivalog
Selanjutnya artikel yang kita kirim harus antri untuk mendapat koreksi dan persetujuan dari redaksi Vivalog. Proses ini bisa mencapai beberapa hari. Pengalaman saya bisa mencapai tiga hari, jika artikel kita diterima dan layak tayang, Anda akan memperoleh pemberitahuan melalui email.
Baca juga:
Namun sebaliknya jika artikel kita ditolak, kita tidak akan memperoleh pemberitahuan apapun. Sebaiknya Anda sering mengunjungi halaman Vivalog untuk mengecek apakah artikel yang kita kirim layak atau tidak untuk ditayangkan pada halaman Vivalog.

Penutup

Untuk daftar dan kirim artikel di Vivalog itu sangatlah mudah. Yang sulit itu adalah membuat artikel yang berkualitas, dari beberapa artikel yang saya kirim tidak seluruhnya yang dapat ditayangkan. Meskipun begitu saya tidak kapok untuk terus mengirim artikel-artikel saya. Itung-itung sebagai parameter hasil uji kelayakan pada artikel di blog yang saya kelola.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

2 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Punten Kang,

    Jadi kita harus bikin akun blog telebih dahulu seperti di blogger.com, baru kemudian di copas ke Vlog? atau Vlog sudah menyediakan kanal layaknya di blogger.com?

    Nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jadi dari artikel blog kita di copas ke vivalog dengan menyertakan gambar dan link artikelnya

      Hapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!