31 March 2018

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru

Kali ini saya akan berbagi cara mendaftar dan mengirimkan artikel pada Vivalog agar dapat menambah jumlah visitor dengan mudah. Namun sebelum itu akan saya ceritakan terlebih dahulu pengalaman saya tentang awal mula tertarik untuk mendaftar dan kirim artikel pada vivalog tersebut.

Jujur saja sebagai seorang blogger pemula saya ingin sekali artikel yang saya buat berada di urutan 10 besar pada pencarian mesin telusur google. Namun hal itu bagi saya sendiri sangatlah sulit, padahal dengan cara apapun sudah saya coba, baik yang saya dapat dari informasi pada sebuah group blogger maupun dari kunjungan di beberapa blog yang memberikan tutorial agar artikel cepat terindeks oleh google tapi tetap saja hasilnya belum maksimal sesuai dengan harapan.

Tanpa disengaja saya membaca sebuah artikel yang pada blog tersebut terdapat tampilan Iframe dari Vivalog pada widget blognya. Saya penasaran, kemudian mencari informasi agar pada blog saya sendiri juga dapat memasang iframe widget Vivalog.

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
Tampilan iframe widget vivalog

Tata cara pendaftaran vivalog

Setelah mendapat petunjuknya, kemudian saya mencoba untuk mendaftar dan mengirim artikel melalui Vivalog. Syarat untuk mendaftar sangatlah mudah, yaitu hanya dengan menggunakan email yang aktif serta mengisi paswordnya.

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
Gambar kolom registrasi vivalog

Keuntungan yang diperoleh dari kirim artikel di Vivalog

Dari informasi yang saya peroleh, ternyata Vivalog adalah layanan sosial bookmark yang dimiliki oleh Viva.co.id yang tidak asing di Indonesia. Ketertarikan saya untuk mendaftar dan mengirimkan artikel melalui vivalog ini karena salah satunya adalah agar dapat mempromosikan artikel kepada ribuan pengunjung Viva.co.id tiap harinya.

Pengunjung yang banyak ini berpotensi meningkatkan traffic ke blog kita melalui artikel yang kita kirim di Vivalog tersebut. Pengalaman saya setelah kirim artikel ke Vivalog dan berhasil ditayangkan, pengunjung blog dan tayang halaman naik hampir 2 kali lipat dari sebelumnya. Memang tidak semua artikel yang dikirim ke Vivalog akan ditayangkan, karena ada beberapa kriteria tertentu agar kiriman artikel kita diterima dan dapat ditayangkan pada Vivalog diantaranya artikel yang tidak mengandung unsur-unsur SARA, pornografi, kekerasan, tindakan provokasi yang merugikan orang lain dan menyiarkan kebencian. Selain itu artikel kita harus menarik, unik dan informatif.. Hal ini terkait dengan kapasitas Vivanews sebagai induk dari Vivalog yang basicnya merupakan situs berita.

Selain itu agar artikel kita dapat ditampilkan pada halaman Vivalog, maka artikel kita harus termasuk salah satu dari 19 kategori yang disediakan oleh Vivalog sendiri. Buatlah tulisan yang menarik dan bukan hasil copas dari artikel orang lain. Artikel yang dikirim ke Vivalog biasanya tidak langsung dapat ditampilkan begitu saja pada halaman Vivalog, setiap artikel yang dikirim akan dikoreksi dan jika perlu diedit ulang terlebih dahulu oleh redaksinya. Jika artikel tersebut memenuhi syarat, maka akan diinformasikan melalui email dan tentu akan tampil pada halaman Vivalog. Pada halaman Vivalog hanya menampilkan sebagian teks beserta judul dan gambar, selebihnya dari pihak Vivalog akan mengarahkan ke link kita secara otomatis untuk membaca artikel aslinya..

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
Contoh artikel blog saya yang berhasil ditayangkan di halaman vivalog

Bagaimanakah cara mengirim artikel ke Vivalog ?

Sebelum kita mengirim artikel, dan agar artikel kita diterima oleh redaksi Vivalog, maka kita harus memasang script iframe Vivalog terlebih dahulu di blog kita. Untuk memasang script iframe Vivalog silahkan copy paste script dari halaman Vivalog kemudian letakkan pada widget blog anda dan atur posisinya sesuai dengan yang anda inginkan. Atau anda juga dapat menggunakan ifram dibawah ini yang saya dapatkan dari halaman Vivalog.
<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0; min-height: 225px;" src="//log.viva.co.id/iframe" scrolling="no"></iframe>
Setelah semua siap, silahkan kirim Vivalog dengan cara seperti ini:
  1. Silahkan login ke Vivalog dengan akun yang telah kita buat sebelumnya pada alamat https://www.viva.co.id
  2. Jika proses login berhasil, kita akan langsung diarahkan pada halaman kirim artikel seperti gambar dibawah ini
  3. Isi parameter yang disediakan seperti Judul blog, Kategori, Isi blog dan URL blog, File gambar (pilih dari komputer).
  4. Keterangan file (gambar)
  5. Selanjutnya silahkan isi kode Chapta pada fitur keamanan sesuai gambar diatasnya.
  6. Setelah selesai, silahkan centang persetujuan Syarat dan Ketentuan lalu Klik Kirim Blog.
Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Terbaru
Halaman kirim artikel vivalog
Selanjutnya artikel yang kita kirim harus antri untuk mendapat koreksi persetujuan dari redaksi Vivalog. Proses ini bisa mencapai  beberapa hari seperti misalnya pengalaman saya bisa mencapai tiga hari. Jika artikel kita diterima, kita akan memperoleh pemberitahuan melalui email. Namun sebaliknya jika artikel kita ditolak, kita tidak akan memperoleh pembaritahuan melalui email. Tapi sebaiknya kita sering mengunjungi halaman Vivalog tersebut untuk mengecek apakah artikel yang kita kirimkan layak atau tidak untuk ditayangkan pada halaman Vivalog.

Untuk mendaftar dan mengirim artikel pada Vivalog itu sangatlah mudah, bagi saya, yang sulit itu adalah membuat artikel yang berkualitas. Karena dari beberapa artikel yang saya kirim tidak seluruhnya yang dapat ditayangkan, meskipun begitu saya tidak kapok untuk terus mengirim artikel-artikel saya. Itung-itung sebagai parameter hasil uji kelayakan pada artikel di blog yang saya kelola.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

2 komentar

Sama-sama.. Mudah-mudahan dengan menggunakan perantara vivalog, artikel anda yang dimuat di vivalog dapat dibaca oleh banyak orang serta menambah pengunjung pada blog yang anda kelola

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon