7 Syarat Wajib Menjadi Wirausahawan Sukses Masa Kini

Wirausahawan, atau yang kita kenal dengan enterpreuner dalam bahasa Inggris, adalah orang yang mampu membuka usahanya sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Dan seorang wirausahawan sukses, juga mampu menciptakan sesuatu yang berbeda dan mampu menangkap peluang usaha.


7 Syarat Menjadi Wirausahawan Sukses


Syarat wajib seorang wirausahawan sukses


Berikut ini adalah 7 syarat yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan masa kini agar dapat meraih kesuksesan dalam berbisnis.

1. Mampu membaca peluang pasar

Membaca peluang pasar merupakan hal yang sangat penting dan wajib hukumnya bagi seorang pengusaha. Membaca peluang pasar ini tidak hanya dilakukan oleh seorang entrepreneur yang akan memulai usahanya, namun keahlian dalam membaca peluang usaha ini juga harus dimiliki oleh orang ingin mengembangkan usaha. Yaitu diantaranya dengan melakukan segmentasi pasar, ataupun pada saat melakukan pengembangan usaha.

Terkadang, kemampuan membaca peluang pasar ini seringkali tidak sesuai dengan sasaran utama, sehingga apa yang telah menjadi ekspektasi pada saat akan memulai usaha seringkali mengalami kegagalan. Hal pertama yang harus kita tempuh untuk membaca peluang pasar yakni harus kenali jenis bisnis atau usaha untuk ditekuni.

2. Selalu mencari ide-ide baru

Untuk menemukan ide cemerlang sendiri dapat dibilang tak semudah membalikkan telapak tangan, karena mencari ide yang baru sangat membutuhkan waktu dan menguras pikiran. Akan tetapi, tanpa hadirnya ide-ide yang baru, sebuah usaha akan berhenti di tempat dan tidak dapat berkembang dengan cepat. Hal ini akan mengakibatkan usaha yang sedang digeluti akan kalah beberapa langkah bahkan akan tertinggal jauh dari pesaing dalam bisnis yang serupa.

3. Memiliki kemampuan dan minat

Minat berwirausaha muncul karena adanya pengetahuan dan informasi mengenai kewirausahaan yang kemudian dilanjutkan untuk berpartisipasi secara langsung dalam rangka mencari pengalaman dan akhirnya timbul keinginan untuk memperhatikan pengalaman yang telah didapatkan tersebut. 

Memiliki perasaan senang dan mempunyai keinginan untuk terlibat dalam kegiatan pengambilan resiko. Untuk menjalankan bisnis atau usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang bisnis yang ada dan menciptakan bisnis baru dengan pendekatan inovatif. Minat berwirausaha tidak dimiliki dengan begitu saja, melainkan dapat dipupuk dan dikembangkan

4. Dapat mengatur waktu

Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih kesuksesan untuk menjadi seorang wirausahawan. Jika hal itu dilakukan, maka Anda akan kehilangan banyak sekali hal berharga yang seharusnya bisa dimiliki saat ini.

5. Disiplin dalam bekerja

Seringkali seseorang yang produktif akan merasa telah memenuhi aktualisasi diri dan kepercayaan diri (self-esteem). Dengan terpenuhinya aktualisasi diri seorang individu dapat lebih berani berkembang dan mengambil tahap selanjutnya. Saat seseorang memiliki kepercayaan diri, kebahagiaan akan meningkat dan akan cenderung lebih cerdas dalam membuat keputusan, dan hal itu dapat tumbuh dengan mudah jika dimulai dari kedisiplinan dalam bekerja.

6. Berani mengambil resiko

Resiko dapat diartikan sebagai suatu ketidakpastian dimasa yang akan datang  dan dapat diartikan juga sebagai suatu konsekuensi yang memunculkan dampak yang merugikan. Resiko bagi para wirausaha bukanlah sebagai suatu hambatan untuk meraih kesuksesan tetapi dijadikan sebagai suatu tantangan.

Sebagai seorang wirausahawan, dalam pengambilan resiko harus selalu memperhitungkan matang-matang keputusan yang akan diambil. Karena pengambilan resiko berkaitan erat dengan kepercayaan diri.

7. Tidak mudah putus asa

Orang yang pantang menyerah akan selalu menghindari sifat putus asa dan bangkit dari keterpurukan. Walaupun banyak rintangan dan hambatan yang akan dilalui, namun orang yang pantang menyerah akan selalu gigih berusaha keras untuk mewujudkan mimpinya.

Bukan berarti orang sukses tidak akan mengalami kegagalan. Dalam perjalanannya, bahkan mereka lebih sering gagal dibandingkan berhasil. Namun, justru karena seringnya mengalami kegagalan, akhirnya membuat imunity untuk dirinya sendiri agar menjadi pribadi yang tidak takut gagal.

Artikel Terkait :

2 comments

  1. Betul sekali, wirausaha sekarang memang harus bisa melihat peluang, memiliki ide bagus, disiplin, dan tidak mudah putus asa kalo usahanya turun.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti itulah kalau kita memang ingin menjadi seorang wirausahawan sukses...

      Delete

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon