Tips Aman Saat Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Sudah menjadi budaya yang tidak dapat dipisahkan bagi masyarakat Indonesia. Setiap tahun menjelang lebaran Idulfitri, bagi warga urban yang tinggal di kota-kota besar akan melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk berlebaran bersama orang tua dan keluarganya.
Tips aman dalam perjalanan mudik lebaran denga mobil

Saat musim mudik tiba, sudah dipastikan perjalanan akan mengalami lonjakan dan terjadi kemacetan karena banyaknya masyarakat yang akan pulang kampung dalam waktu bersamaan. Belum lagi, pemerintah telah mengijinkan aktivitas mudik dalam rangka Hari Raya Idulfitri sehingga volume kemacetan lalu lintas akan mengalami lonjakan yang lebih besar.

Tips Aman Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi 

Kondisi lalu lintas yang padat seperti itu sudah dipastikan akan sangat menguras banyak waktu, dan tenaga dalam perjalanan. Oleh karenanya, agar lebih aman saat mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya simak beberapa tips sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran.

1. Jaga Kondisi Tubuh

Sebelum menentukan waktu pemberangkatan, hal pertama yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah kondisi kesehatan. Kondisi fisik yang prima dapat menambah konsentrasi saat mengemudikan mobil.

Pastikan Anda mengonsumsi suplemen atau vitamin serta makanan bergizi sebelum pemberangkatan. Jika merasa tubuh kurang fit, sebaiknya urungkan jadwal mudik meskipun sudah ditentukan agar menghindari hal-hal yang tidak diharapkan saat perjalanan.

2. Kondisi Mobil Prima

Selain menjaga kondisi tubuh sebelum mudik, kendaraan pribadi yang akan anda gunakan juga mesti dalam keadaan prima. Lakukan pengecekan secara berkala serta perawatan mobil secara keseluruhan sebelum mudik lebaran di dealer resmi. Jika performa mesin keadaan prima, maka akan mengurangi risiko dari kecelakaan.

3. Pastikan Membawa Barang Bawaan Secukupnya

Hal berikutnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum perjalanan mudik, yakni pastikan membawa barang bawaan secukupnya serta batasi jumlah penumpang. Bawalah barang bawaan sesuai dengan kapasitas mobil sebagaimana ketentuan dari pabrikan.

Jika terpaksa ada banyak barang yang harus dibawa ke kampung halaman, maka sebaiknya dikirim terlebih dahulu dengan jasa pengiriman jauh-jauh hari sebelumnya.


4. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Bawalah uang tunai secukupnya untuk persiapan dalam perjalanan. Dengan membawa uang tunai, anda dapat lebih mudah menggunakannya jika saat beristirahat atau mampir di warung untuk membeli makanan atau cemilan.

5. Ketahui Rute Perjalanan

Meski tujuan mudik ke kampung halaman anda sendiri sudah hafal lokasinya, namun alangkah baiknya anda mempelajari kembali rute tujuan perjalanan. Hal tersebut dimaksudkan agar perjalanan lebih lancar dan tidak terjebak dalam kemacetan sehingga dapat mempercepat waktu tempuh.

6. Isi Penuh Bahan Bakar Kendaraan

Persiapan mudik lebaran dengan mobil pribadi berikutnya yakni, pastikan tangki mobil Anda terisi penuh bahan bakar. Kondisi tersebut untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar dalam perjalanan yang cukup jauh dan macet.

Meski tempat pengisian bahan bakar banyak dijumpai saat perjalanan, namun biasanya saat mudik lebaran, pom bensin banyak dipenuhi oleh pemudik yang antri mengisi bahan bakar.


7. Cukup Istirahat

Jika tujuan mudik cukup jauh, sebaiknya seringlah beristirahat. Manfaatkan waktu perjalanan malam hari untuk beristirahat di tempat-tempat yang aman dari tindak kejahatan, seperti rest area atau di masjid-masjid.
Baca juga:
Anda beserta anggota keluarga diharuskan istirahat yang cukup agar dapat meningkatkan kondisi tubuh tetap fit sepanjang perjalanan. Dengan begitu dapat mengurangi risiko masalah di tengah jalan.

8. Beri Perlindungan Asuransi Mobil

Yang tidak kalah pentingnya sebelum mudik lebaran agar lebih aman dalam perjalanan, pastikan mobil anda sudah dilengkapi dengan perlindungan asuransi mobil. Asuransi mobil ini sebagai bentuk perlindungan sekaligus antisipasi jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Salah satu portal online yang memberikan informasi dan perbandingan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi mobil adalah cekpremi.com. Melalui portal online ini, anda dapat memperoleh banyak informasi serta perbandingan produk asuransi kendaraan pribadi anda, sehingga perjalanan mudik lebaran lebih aman.

Sebagai mitra asuransi terbaik, cekpremi.com memiliki berbagai keunggulan, seperti tidak menaikkan harga polis dengan cara atau dalam bentuk apapun, tidak membebankan biaya apapun kepada konsumen atas servis, dan tidak membebankan biaya kepada mitra asuransi apabila tidak terjadi pembelian asuransi.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!