Mengenal Hari Buruh Yang Diperingati Setiap 1 Mei

Buruh merupakan profesi yang dipunyai oleh banyak orang yang ada di Indonesia dan di dunia pada umumnya. Kerja buruh bisa dirasakan manfaatnya dalam banyak industri, tetapi banyak sekali yang tidak melihat manfaat tersebut.

Mengenal hari Buruh Nasional setiap tanggal 1 Mei

Bahkan tidak jarang stigma buruh juga tidak baik seperti profesi yang sering protes dengan demo yang diadakannya. Padahal juga demo buruh sendiri biasanya dilakukan ketika sangat urgent atau juga ketika hari spesial bagi para buruh yaitu setiap 1 Mei yang diperingati sebagai International Workers’ Day.

Mengenal Hari Buruh

Pada hari buruh tersebut biasanya juga merupakan evaluasi dengan kritik dan saran yang disampaikan oleh para buruh lewat demo-demo. Di mana di negara demokrasi seperti Indonesia, seharusnya demo atau unjuk rasa yang berlangsung seharusnya dilihat sebagai tanda negara yang masih sehat dan kebebasan menggunakan pendapat yang masih terjaga.

Kebebasan berpendapat dan menyuarakan aspirasinya tersebut tentunya juga dipunyai oleh buruh yang ada di Indonesia. Biasanya buruh akan berkumpul pada hari Buruh 1 Mei tersebut untuk memperingati hari tersebut bersama-sama.

Sejarah Hari Buruh Internasional

Sejarah hari buruh internasional sendiri diperingati setahun sekali yaitu setiap 1 Mei. Waktu tersebut dijadikan sebagai waktu khusus dan dipilih sebagai peringatan hari buruh tentunya bukannya tanpa sebab.

Hari Buruh 1 Mei diperingati mempunyai sejarah yang bermula pada abad ke-19. Tepatnya di Amerika Serikat yang terjadi unjuk rasa agar buruh mempunyai jam kerja 8 jam sehari.

May Day atau Hari Buruh Internasional tersebut juga diperingati untuk mengenang kerusuhan Haymarket yang terjadi di Chicago Amerika Serikat pada tahun 1886. 

Kerusuhan tersebut merupakan aksi masa buruh yang mogok dan berdemonstrasi, kemudian aparat mencoba meredam aksi yang menimbulkan kerusuhan dengan korban dari polisi di lapangan 8 tewas dan 60 lainnya terluka, sedangkan dari sipil 8 korban tewas dan 30-40 terluka.

Dari peristiwa tersebut, 1 Mei diperingati sebagai hari buruh yng ditetapkan oleh Konferensi Sosialis Internasional yang setiap tahunnya juga diperingati dan menjadi hari libur di Indonesia. Informasi lainnya mengenai hari-hari penting dan sejarahnya bisa dibaca lebih lengkap di EF Adults.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!