Mudahkan Proses Manufaktur dengan Software Manufaktur Berikut Ini!

Proses manufaktur adalah salah satu proses yang memerlukan banyak sumber daya dalam pengoperasiannya.
Seiring dengan perkembangan dalam bidang teknologi, kini sudah hadir sebuah software manufaktur yang dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan proses manufaktur.

Software Manufaktur memudahkan dalam proses manufaktur perusahaan

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu proses manufaktur hingga fitur-fitur apa saja yang harus tercantum di dalam software manufaktur, simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

Apa itu Proses Manufaktur?

Mengutip dari RedERP, proses manufaktur adalah sebuah cara yang sudah ditentukan oleh suatu bisnis ketika mereka hendak melakukan pengubahan terhadap bahan baku menjadi produk dalam jumlah besar siap dijual.

Proses manufaktur sendiri dapat terdiri dari beberapa rangkaian ketentuan atau proses yang bersifat sangat sederhana hingga kompleks. 

Dalam melakukan hal ini, nantinya akan dikaitkan dengan sejumlah faktor, di antaranya adalah permintaan konsumen, jenis produk, kualitas barang, bahan baku, hingga SOP internal perusahaan masing-masing.

Salah satu contoh proses manufaktur adalah penggilingan biji-bijian serta biji minyak, pembuatan gula, produksi produk gula, dan lain sebagainya.

Agar memudahkan perusahaan dalam melakukan proses manufaktur, maka perusahaan bisa memanfaatkan penggunaan software manufaktur.

Jenis-jenis Software Manufaktur

Dalam software manufaktur sendiri akan terdapat beberapa jenis, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Software Akuntansi

Software akuntansi adalah perangkat lunak yang berguna untuk memberikan kemudahan kepada perusahaan dalam mengelola hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi atau keuangan perusahaan.

2. Supply Chain Management Software

Penggunaan software jenis ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola rantai pasokan dari hulu ke hilir, yang dimulai dari kegiatan produksi, distribusi, hingga sampai ke tangan konsumen secara cepat, tepat, dan mudah.

3. Software Customer Relationship Management

Software Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan Anda dalam melakukan perhitungan akan kebutuhan konsumen melalui fitur otomatisasi yang diberikan.

4. Inventory Management Software

Software jenis ini akan memberikan kemudahan kepada perusahaan dalam melakukan manajemen stok barang, seperti pengelompokkan, pendataan, dan pengendalian barang yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Fitur yang Harus Tercantum di Software Manufaktur

Sebelum menggunakan software manufaktur, maka Anda harus mengetahui beberapa fitur penting yang harus tercantum di dalam software tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Manufacturing Plan

Fitur ini akan membantu perusahaan Anda dalam melakukan kegiatan tahap awal sebelum memulai produksi.

2. Manufacturing Order

Fitur manufacturing order dapat membantu perusahaan Anda dalam menunjang kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan proses produksi.

3. Work Order

Fitur satu ini memiliki hubungan dengan pendataan berbagai kebutuhan yang diperlukan untuk melanjutkan proses produksi barang setengah jadi untuk menjadi barang jadi, secara lebih efektif dan efisien.

4. Work Center

Fitur ini berguna dalam melakukan pengukuran efisiensi, kapasitas produksi, dan target efektivitas dari peralatan yang digunakan. Fitur ini juga dapat membantu produsen dalam menentukan waktu yang dibutuhkan dalam satu tahap produksi.

5. Bill of Materials (BoM)

BoM adalah fitur yang dapat membantu produsen dalam melakukan perhitungan material dan biaya produksi yang dibutuhkan dengan bantuan sistem manufaktur, termasuk biaya dan kuantitas yang dibutuhkan.

6. Routing

Routing merupakan tempat yang digunakan oleh produsen dalam menyusun tahapan yang dibutuhkan untuk memproduksi barang jadi. 
Baca juga:
Fitur ini dapat digunakan dalam menentukan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan produksi.

7. Reporting

Fitur ini berfungsi dalam memberikan gambaran atau pelaporan kepada produsen, terkait dengan informasi proses produksi secara real-time.

Itulah informasi mengenai proses manufaktur dan software manufaktur yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!