Jenis Olahraga dan Waktu Terbaik untuk Optimalkan Program Diet

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan banyak orang, tak heran jika saat ini metode diet semakin banyak bermunculan. Sebagian diantaranya mengira bahwa diet hanya perihal mengurangi porsi makan, padahal masih kurang jika tidak diimbangi dengan olahraga.
Jenis-jenis olahraga yang baik untuk program diet
Unsplash/Lindsay Henwood
Olahraga mengambil andil yang cukup besar untuk segera mewujudkan keinginanmu menurunkan berat badan menuju angka ideal. Aktivitas fisik ini akan membantu mempercepat proses metabolisme dan menjaga kesehatan tubuh secara lebih menyeluruh.

Selain manfaat jangka panjang, mengisi hari dengan berolahraga juga akan memberi kesan dietmu lebih hidup dan menyenangkan. Tapi kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting yang harus kamu penuhi sebelum berolahraga agar dietmu lebih optimal.

Beragam olahraga bisa kamu pilih mulai dari yang sederhana hingga menggunakan alat dan metode tertentu. Kamu juga perlu menentukan waktu yang tepat agar lebih dapat berkonsentrasi saat olahraga sehingga diet menjadi lebih optimal. Simak ulasan berikut untuk mengetahui jenis olahraga yang cocok dengan kondisimu hingga waktu yang tepat di sela-sela aktivitas harian mu.

Jenis Olahraga Mudah untuk Menurunkan Berat Badan 

1. Jalan Kaki

Siapa sangka, olahraga mudah dan murah satu ini terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin. Kamu bahkan tidak perlu menyiapkan alat atau menggunakan pakaian khusus, cukup berjalan kaki santai selama 30 menit.

Kamu juga tidak perlu meluangkan waktu khusus, misalnya dengan menggunakan cara ini saat berangkat ke kantor. Kamu bisa berjalan kaki menuju tempat pemberhentian kendaraan umum yang akan mengantarmu menuju tempat kerja.

Tapi jangan lupa membawa baju ganti ya, agar bisa tetap bersih dan nyaman saat bekerja. Jalan kaki juga dapat membantu menjaga tulang lebih kuat, menjaga tekanan darah lebih stabil, hingga menjaga kadar kolesterol.

2. Jogging

Hampir mirip dengan berjalan kaki, kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit tenaga tergantung intensitas dan kecepatan yang kamu inginkan. Selain jogging di tempat terbuka karena ada yang harus membuatmu tetap di rumah, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan treadmill

Tidak perlu terlalu memaksakan waktu dan kecepatan, berlarilah dengan santai di awal dan gunakan sepatu yang nyaman. Jika kamu melakukannya secara rutin, kamu akan terbiasa dengan sendirinya atau bisa juga dengan diselingi jalan kaki.

3. Bersepeda

Sebagai salah satu alat transportasi, selain hemat kamu juga akan memperoleh banyak manfaat saat bersepeda. Kamu bisa berolahraga sambil melakukan kegiatan lain seperti menggunakannya untuk berbelanja, bisa mendapat dua manfaat sekaligus bukan.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu bersepeda santai dengan keluarga atau orang terdekat, pasti akan sangat menyenangkan. Tapi jika kamu butuh ketenangan dan ingin bersepeda di dalam ruangan, silahkan menggunakan sepeda statis di rumah atau tempat gym.

Sebaiknya kamu tidak memandang sebelah jenis olahraga ini karena bersepeda juga dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh. Dengan bersepeda kamu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga kanker dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Lebih Optimal

1. Pagi Hari

Selain suasananya masih tenang serta udara pagi yang sejuk dan segar untuk dihirup, olahraga pagi hari sangat dianjurkan. Bahkan untuk orang yang sedang ingin menurunkan berat badan karena berolahraga saat perut kosong dapat membakar lemak dalam tubuh.

Kondisi demikian dapat terjadi karena tubuh akan secara alami meningkatkan kadar kortisol dan hormon pertumbuhan di pagi hari. Keduanya berperan penting dalam metabolisme tubuh sehingga tubuh akan menggunakan cadangan lemak untuk menarik energi.

2. Sore Hari

Setelah makan dua kali sehari, kamu jadi bisa mempunyai energi dan meningkatkan intensitas olahraga saat sore hari. Karena makanan yang kamu konsumsi akan berperan untuk meningkatkan kadar gula dalam bentuk darah.

3. Malam Hari

Jika saat pagi kamu harus segera berangkat dan sore hari masih lelah setelah pulang kerja, makan malam adalah pilihan terbaik. Kamu juga akan menjadi lebih nyaman dan fokus karena telah melepaskan tanggungan pekerjaan selama seharian.

Tapi usahakan untuk tidak berolahraga terlalu mepet dengan jam tidur dan tunggu kondisi badanmu menjadi lebih netral. Karena umumnya orang yang berolahraga akan cenderung berkeringat banyak, detak jantung lebih cepat, dan napas masih sedikit tersengal.
Baca juga:
Setelah cukup netral, segera bersihkan badan dan bersiaplah untuk tidur karena tidur yang cukup juga penting untuk program diet. Selain itu, olahraga di malam hari juga bisa mengurangi kadar hormon perangsang lapar atau ghrelin hormone. Dengan berkurangnya hormon ini, kamu jadi lebih mudah mengelola nafsu makan dan berat.

Selain berolahraga secara rutin, kamu juga harus ingat kewajiban untuk menjaga pola makan sehat dengan serat dan protein yang cukup. Dalam hal kondisi ini, kamu hanya perlu menjaganya dan jangan sampai terlalu menekan diri sehingga dapat menyebabkan stres.

Kamu bahkan tetap boleh mengonsumsi mie instan, asalkan memilih mie instan sehat seperti mie Jiwa Pagi. Mie tanpa MSG ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang berusaha menjalani pola hidup sehat. Karena makanan tanpa MSG tentu akan membuat dirimu terhindar dari dampak buruk konsumsi MSG seperti sakit kepala.

Tidak hanya itu, Mie Jiwa Pagi juga mengandung jenis sayur yang berbeda pada tiap varian rasanya, baik pada mie goreng atau mie kuah. Mie instan sehat ini bahkan diproduksi dengan cara dipanggang dan tentunya tanpa pengawet maupun pewarna.

Mie Jiwa Pagi merupakan mie tanpa MSG
Unsplash/Michele Blackwell
Harga Mie Jiwa Pagi juga masih terbilang murah jika dibandingkan dengan manfaat yang akan kamu peroleh. Jadi tunggu apalagi? Segera beli Mie Jiwa Pagi sebagai selingan sehat di antara menu diet harianmu.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!