Tips Perawatan Kamera Pengintai agar Tetap Awet dan Berfungsi Maksimal

Kamera pengintai adalah bagian dari Closed circuit television atau CCTV yang merupakan perangkat keamanan yang bisa ditempatkan indoor maupun outdoor. Untuk memberikan layanan optimal kamera perlu dirawat agar bisa berfungsi dengan baik. Khususnya untuk penempatan luar ruangan yang rentan masalah.
Tips merawat kamera pengintai agar tetap awet dan berfungsi dengan baik
Gambar: https://unsplash.com/photos/N2XN_PBdnCg

Tips Terbaik Merawat Kamera Pengintai Yang Mudah 

Anda dapat mencegah tindak kejahatan, kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan dengan adanya kamera CCTV yang terpelihara. Hal ini akan meningkatkan kinerja perangkat CCTV sesuai dengan harapan. Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk merawat kamera pengintai yang bisa dilakukan dengan mudah oleh siapapun.

1. Memelihara Kebersihan Kamera

Kamera yang dipasang luar ruangan rentan terpapar perubahan cuaca dan suhu yang bisa membuat kamera rusak dan tidak bisa dipakai sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kamera harus sering diperiksa agar senantiasa bersih, khususnya ketika musim hujan tiba yang bisa membuatnya lembab, berembun dan cenderung jadi lebih dingin dari biasanya. Cuaca panas juga bisa merusak kamera bila tidak diperiksa secara berkala.

ColorVu dari Hikvision, CCTV Terbaik untuk Outdoor
Gambar: https://unsplash.com/photos/d-faGdPSjU4
Anda perlu cek lensa kamera CCTV, bagian dalam dan luar agar tidak ada kotoran dan debu yang menumpuk dan membuat kamera rusak yang parah. Kerusakan bisa dihindari kalau kebersihan kamera CCTV dijaga agar kebersihannya terpelihara.

2. Memeriksa Bagian Body CCTV

CCTV outdoor umumnya berupa kamera pengintai wireless jadi pemeriksaan komponen-komponennya tidak banyak. Fokus utamanya adalah kamera dan konektor CCTV. Pemeriksaan rutin untuk hubungan antara koneksi internet, rotator dan bagian lain sebagainya.

Anda bisa merawat kamera CCTV pengintai dengan memperhatikan posisi kamera CCTV dan apakah rotator, bracket dan bagian lainnya masih terpasang dengan baik. Penting juga untuk melihat apakah ada karat atau ada bagian yang rusak atau berpotensi rusak di masa yang akan datang.

3. Pengaturan Mode Kamera 

Kamera pengintai selain kebersihan, pengaturan sesuai dengan tujuan menjaga keamanan bagian luar ruangan. Anda tidak bisa melupakan kemungkinan kalau posisi CCTV perlu diubah untuk mendapatkan sudut yang paling pas sesuai dengan tujuan dipasangnya CCTV outdoor.

Hasil rekaman sangat penting untuk kebutuhan keamanan dan kepentingan lainnya. Oleh karena itu, mode rekaman kamera perlu diperhatikan untuk bisa menangkap gambar di siang maupun malam hari. Bila kurang jernih atau ada masalah, sebaiknya segera diperiksa agar tidak terjadi masalah yang lebih parah.

4. Pengecekan Akurasi Rekaman 

Kapankah Anda membutuhkan hasil rekaman CCTV? Bisa untuk memeriksa ketika ada tindak kejahatan atau ada musibah seperti kehilangan, kecurian dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut perlu data rekaman yang akurat baik sebagai bukti. Jadi, waktunya tidak menentu dan bisa terjadi kapan saja.

Jadi, perawatan kamera untuk mempertahankan keakuratan kamera CCTV sangat diperlukan. Hal ini dimulai dari akurasi jam dan waktu, indikator, pengendalian telemetri, kondisi rekanan dan lain sebagainya.

Kalau semua bagian rekaman CCTV sudah tepat, tentu hasilnya bisa diandalkan untuk berbagai keperluannya. Jangan menunggu kamera sampai tidak bisa merekam apapun sama sekali baru memiliki keinginan untuk bantu-bantu.

5. Penyimpanan Rekaman CCTV

Perusahaan atau instansi memiliki kebijakan berbeda-beda mengenai penyimpanan hasil rekaman. Paket CCTV dengan kamera pengintai wireless kerap dipakai di dalam ruangan dan memakai koneksi internet. Jadi, kalau menyimpan rekaman dalam bentuk file digital tentu jadi lebih praktis dan juga mudah.

Perawatan kamera juga berarti membiasakan untuk melakukan back-up hasil rekaman bisa pada memori atau komputer lainnya. Dengan demikian, kalau Anda membutuhkan rekaman pada waktu tertentu, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Jika kapasitas sudah terisi, sebaiknya buat cadangan dan simpan pada tempat yang mudah untuk dilihat kembali.
Baca juga:
Ada banyak cara merawat kamera untuk pengintaian pada sistem CCTV. Hal paling utama untuk diingat adalah pemeriksaan yang rutin dan teliti untuk memastikan semua sistem berjalan sebagaimana mestinya. Kalau Anda memilih produk kamera CCTV terbaik dan berkualitas tentu perawatan jadi lebih mudah.

ColorVu dari Hikvision, CCTV Terbaik untuk Outdoor

Solusi pengadaan CCTV dan ditunjang dengan kamera yang baik bisa diskusikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemasangan kamera pengintai outdoor ColorVu dari Hikvision sangat cocok untuk luar ruangan yang asri dan juga santai. Produk Hikvision ColorVu memiliki beberapa kelebihan, berikut adalah diantaranya.

  • Info Warna Sesungguhnya

Rekaman kamera CCTV Hikvision ColorVu ini memiliki render warna akurat sehingga Anda melihat warna sesuai apa adanya. Selain itu, kinerja kamera ini memiliki kualitas luar biasa, khususnya untuk pengerjaan dengan cahaya rendah.

  • Banyak Detail

Hasil rekaman terdiri dari informasi warna yang akurat dan juga dan detail yang lebih kaya, apalagi bila dibandingkan dengan pencitraan hitam dan putih.

  • Pengalaman Visual yang Lebih Baik

Memakai kamera Hikvision ColorVu berarti Anda akan melihat rekaman dengan kecerahan seimbang dan Apertur super F1.0 serta sensor lanjutan berkualitas yang menjamin hasil render yang realistis dan memanjakan mata.

Teknologi Kamera CCTV Hikvision ColorVu terdepan dalam merekam video dengan hasil warna berkualitas tinggi. Anda dapat melindungi properti, orang dan lingkungan kerja di malam hari dan siang hari.

Penutup

Itulah beberapa keuntungan memakai produk Hikvision ColorVu khususnya untuk kamera pengintai yang dipasang luar ruangan. Hasil rekaman akan bisa diandalkan untuk rekaman siang maupun malam. Anda juga bisa memeliharanya dengan mudah karena dibuat dari bahan terbaik dan terpercaya. 

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

1 Comments:

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Produk dari Hikvision memang sudah nggak diragukan lagi deh. Sudah banyak juga sih yang pakai Hikvision. Ternyata ada perawatan khusus untuk CCTV outdoor ya... Rentan rusak kalo nggak rutin ngecek..

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!