Storytel, Aplikasi Audiobook Indonesia yang Menyenangkan

Mas, asik bener sih dengerin lagu?, tanya saya saat melihat Mas Hendra duduk santai sambil buka handphone yang tersambung headset ke telinganya. Bukan dengerin lagu, ini lho, saya sedang dengerin cerita dari aplikasi audiobook Storytel, jawabnya.

Aplikasi apaan tuh, tanya saya penasaran!. Aplikasi Storytel adalah sebuah layanan streaming buku audio dan e-book terbesar di dunia. Aplikasi ini menawarkan pada penggunanya dengan cara mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul buku di seluruh dunia, jawabnya menjelaskan!.
Storytel merupakan aplikasi audiobook terbesar di dunia

Ya, itulah sedikit obrolan saya, awal kali pertama mengenal dan menggunakan platform Storytel untuk membaca banyak buku dengan cara mendengarkan melalui sebuah aplikasi yang dapat diakses dengan mudah melalui gawai hingga berlangganan sampai sekarang.

Keunggulan Storytel Audiobook Indonesia

Di era modern saat ini, minat terhadap literatur yang tetap tinggi mulai bergeser ke bentuk digital. Kehadiran aplikasi audiobook, bagi pecinta literasi akan sangat menguntungkan. Pasalnya, selain mudah diakses melalui gawai, Storytel juga memudahkan perluasan pengetahuan serta wawasan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Menurut saya, setelah baca buku online dari audiobook Indonesia, ada beberapa keunggulan yang saya rasakan. Berikut ini beberapa keunggulan menikmati buku dari aplikasi Storytel, diantaranya:

1. Baca Buku Dimana Saja

Bagi pecinta buku, membaca merupakan keharusan. Di sela-sela kesibukan, pasti akan meluangkan waktu untuk membacanya. Nah, begitu juga dengan Storytel. Melalui aplikasi ini, kita dapat menikmati buku dengan mendengarkan dimana saja dan kapan saja.

Storytel juga sebagai referensi baca buku online, kita dapat mendengarkan ratusan ribu buku best seller dengan mudah. Hanya melalui smartphone, kita dapat mendengarkan berbagai macam judul buku tanpa harus membuka buku langsung.

2. Tersedia Ratusan Ribu Audiobook

Di aplikasi Storytel, tersedia lebih dari 150.000 judul buku, mulai dari buku best seller lokal sampai Internasional. Aplikasi Storytel berisi katalog audiobook lengkap, sehingga kita dapat mendengarkan banyak buku terlaris, thriller, biografi, puisi, bahasa, sejarah, pemuda, pengembangan diri, cerpen, ekonomi, bisnis hingga spiritual.

Tidak hanya itu, berbagai rekomendasi buku best seller, novel fiksi, cerita non fiksi, baik lokal maupun Internasional pun tersedia. Ada beberapa judul buku best seller Internasional menarik seperti Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games dan banyak lagi lainnya.

Selain itu, banyak buku best seller lokal lainnya yang bisa dinikmati dengan membaca e-booknya maupun mendengarkan audiobook melalui gawai. Berbagai judul novel fiksi dan non fiksi seperti Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara juga dapat mudah ditemukan.

3. Tersedia Banyak Kategori Buku

Tersedia berbagai kategori buku yang bisa dinikmati, mulai dari anak, biografi, puisi, bahasa, kriminal, sejarah, pengembangan diri, cerita pendek, bisnis, romance, agama bahkan bisnis dan ekonomi. Tidak hanya itu, novel fiksi, non fiksi, genre horor dan buku best seller lainnya pun tersedia secara lengkap.

Pada aplikasi Storytel, kita dapat menikmati buku sepuasnya. Bagi penghobi, ini menjadi suatu keuntungan yang sangat besar. Jika kita sedang tidak memiliki kuota data internet pun, kita juga dapat mengunduh buku, kemudian mendengarkan buku secara online dan secara offline.

4. Narator Berkualitas

Keunggulan lain baca buku online Storytel yakni, kita dapat mendengarkan suara narator yang sudah berpengalaman. Bahkan public figure ternama pun ikut menjadi pengisi suara di audiobook Indonesia. Sebagai pendengar, kita akan lebih menikmati serta ikut mendalami alur cerita yang disampaikan sehingga akan terbawa imajinasi lebih jauh dan lebih menghayati isi cerita.

Tren Baca Buku Online di Indonesia

Dikutip dari laman perpustakaan.kemendagri.go.id, Indonesia merupakan negara yang menempati ranking ke 62 dari 70 negara dengan tingkat literasi rendah. Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA (Program for International Student Assessment) yang di rilis oleh OECD atau Organization for Economic Co-operation and Development pada tahun 2019 yang lalu.

Audiobook Indonesia menjadi media edukasi generasi muda

Berbeda dengan sekarang, rendahnya minat baca masyarakat Indonesia saat itu, kini telah ditepis oleh generasi muda menjadi penghobi literasi dengan cara mendengarkan dan membaca buku di aplikasi audiobook. Tren mendengarkan buku tersebut, kini sudah semakin populer dikalangan anak muda.

Tidak hanya menggunakan gadget untuk bermain games atau bersosial media, gaway yang mereka miliki juga digunakan untuk mendengarkan aplikasi audiobook streaming yang dapat didengarkan sambil bersantai. Kehadiran audiobook Indonesia dapat menjadi media yang dapat mengedukasi, terutama generasi muda agar lebih mencintai literasi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Audiobook

Sebagai penghobi baca buku, ada beberapa kumpulan rekomendasi buku yang juga sudah saya dengarkan pada aplikasi Storytel, diantaranya Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal dan Negeri Lima Menara.

Mendengarkan novel Negeri Lima Menara dari aplikasi audiobook

Dari pengalaman menggunakan aplikasi audiobook Indonesia ada beberapa hal positif yang saya dapatkan, diantaranya dapat mengisi waktu luang dengan hal yang positif dan menyenangkan, menghilangkan kejenuhan setelah beraktivitas, menambah wawasan, dan menambah kosa kata baru dari cerita yang didengarkan.

Fitur Aplikasi Storytel

Berbagai fitur menarik tersedia bagi pengguna Storytel yang dapat dinikmati. Berikut ini saya rangkum beberapa fitur menarik dari Storytel audiobook Indonesia:

1. Dengar dan Baca Buku Secara Offline
Selain dapat menikmati berbagai macam judul buku, meski tanpa koneksi internet, kita juga dapat mendengar dan membaca buku secara offline. Selain itu, kita juga dapat mendownload buku langsung pada player dan dapat melihat seluruh audiobook yang telah diunduh secara offline.

2. Menentukan Target Mendengarkan
Untuk menentukan berapa banyak buku yang ingin dibaca atau didengarkan dalam jangka waktu tertentu, pengguna Storytel dapat mengatur target berapa jumlah buku yang ingin diselesaikan. Kita juga dapat memperpanjang jangka waktu atau menambah jumlah buku yang akan dibaca atau didengar.
Baca juga:
Tidak hanya itu, aplikasi audiobook juga menawarkan banyak fungsi yang lain, seperti, fungsi penanda buku untuk menyorot halaman dan melanjutkan membaca di waktu yang berbeda. Ini jadi memudahkan disaat belum selesai membaca, penanda akan aktif otomatis dan ketika kita mau melanjutkan kita sudah langsung berada di halaman terakhir yang kita dengarkan atau kita baca sebelumnya.

3. Mengundang Teman
Aplikasi ini memungkinkan kita mengundang teman untuk bersama-sama mendengarkan audiobook. Tautan undangan dapat dibagikan melalui SMS, email, Messenger, Twitter atau aplikasi apa pun yang kita miliki.

Undangan dapat dikirim pada pengguna baru yang belum pernah berlangganan aplikasi audiobook dari Storytel, dan kita dapat memilih rekomendasi buku apa pun untuk dibaca atau didengarkan.

4. Mode Anak
Tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, aplikasi Storytel juga dapat digunakan oleh anak-anak. Melalui fitur mode anak, orang tua dapat memilih rekomendasi buku yang sesuai kategori anak pada perangkat yang dimilikinya.

5. Memberi Ulasan dan Komentar
Jika kita telah selesai mendengarkan atau membaca buku, kita dapat memberikan ulasan positif dan memberi penilaian dengan memberikan jumlah bintang pada buku yang telah di baca. Kita juga dapat menulis komentar pada ulasan dari pengguna lain.

Buku Favorit di Storytel Audiobook Indonesia

Dari beberapa buku yang saya sebutkan, novel fiksi Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi dan Anes Wibowo sebagai naratornya ini termasuk buku favorit yang telah selesai saya dengarkan ceritanya melalui audiobook Indonesia.

Banyak rekomendasi buku di aplikasi Storytel audiobook Indonesia

Novel fiksi yang menceritakan tentang kehidupan sosial komunitas yang ada di pondok pesantren. Komunitas dalam lingkungan pesantren merupakan komunitas yang berbeda dengan kebudayaan yang beraneka ragam.

Perbedaan kultural membuat sejumlah kelompok komunitas berkumpul untuk bekerja sama bertahan hidup dalam satu lingkungan, yakni pondok pesantren. Novel ini sangat sarat dengan fenomena-fenomena individu dan sosial yang menarik untuk dikaji dari setiap tokohnya.

Objek yang digambarkan sebagai negara pilihan untuk meraih cita-cita para tokohnya, yakni Inggris, Amerika Serikat, Arab Saudi, Mesir dan Indonesia. Adapun menara merupakan acuan sebuah impian dan cita-cita ideal mereka.
Baca juga:
Pelajaran yang dapat dipetik dari kisah pada novel Negeri Lima Menara, yakni kesungguhan dalam menuntut ilmu merupakan kunci dari keberhasilan, suka duka persahabatan dalam meraih cita-cita, pentingnya motivasi sebagai pendorong dan nasihat yang menjadi landasan dalam menuntut ilmu.

Penutup

Sebagai salah satu layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan terbesar di dunia, Storytel menawarkan penggunanya mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul dalam skala global. Berkantor pusat di Stockholm, Swedia, kini Storytel telah beroperasi di 20 negara, termasuk Indonesia.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, terdapat banyak buku best seller yang dapat dijadikan rekomendasi buku layaknya perpustakaan online. Kehadiran aplikasi audiobook Indonesia telah memberikan pengaruh yang positif, terutama bagi para penghobi baca buku. Mereka diberikan kemudahan membaca buku seperti mendengarkan orang bercerita.

Bagi Anda yang ingin mencoba baca buku online di audiobook Indonesia, dapat mengunduh Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel untuk Android sekarang. Mumpung sedang promo nih, berlangganan aplikasi audiobook hanya Rp39.000 sebulan. Yuk, segera unduh dan nikmati semua fitur dan kelebihan dari aplikasi audiobook Indonesia sekarang juga!.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

13 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Rasanya pengen coba download daripada gabut pas di jalan atau nunggu di RS hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bisa jadi temen ngilangin kejenuhan tuh

      Hapus
  2. Wah keren yaa. Enak ini ada storytel jadi bisa dimana saja "baca" buku. Wawasan dapat lebih berkembang

    BalasHapus
  3. Foto saya mana nih, hehehe.... Keren ya, baca buku cukup dengerin lewat audio aja, nggak capek baca teks lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah...
      Iya ya Mas, harusnya saya tembahin foto sampean yg lg dengerin novel di Storytel juga. Iya, dong, jadi lebih asik, gak perlu buka-buka buku lagi pokoknya!

      Hapus
  4. Wohooo ini benar-benar cara seru menikmati buku ya Mas, secara pilihan bukunya pun banyak banget, sampai 500ribu lebih ya, duuuh saya juga jadi tak sabar nih ingin menjelajahi cari buku-buku yang emang sudah lama saya ingin baca tapi belum beli maupun belum ada kesempatan membacanya.
    Kalau dengan Storytel ini, emak-emak bisa nyambi dengar dibacakan buku sambil kerjain tugas domestik IRT ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang paling saya suka karena naratornya berkualitas, jd gak bosen dengerin bukunya

      Hapus
  5. Lumayan berimbang jadinya ya,karwna aplikasinya ada visual dan audionya ya.

    BalasHapus
  6. Aku baru saja unduh dan langsung mendengar cuplikan buku anak dibacakan oleh naratornya. Asyik sepertinya. Harus berlangganan premium dulu kah kalau ingin mendengarkan utuh?

    BalasHapus
  7. Seru, ya kang apilkasi ini. Selain ragam pilihan bukunya banyak dan rekomended. Aplikasi Storytel ini juga ada naratornya. Keren2.

    BalasHapus
  8. saya jga instal aplikasi Storytel ini Kang seru banget ya buat nemenin perjalanan traveling kalau saya mah. Enaknya banget ga perlu buka buku bisa sambil rebahan pula bacanya dan ga rusak mata

    BalasHapus
  9. aku juga sudah donlot aplikasi ini, mas dan lagi dengerin buku tere liye. asyik juga nih sambil kerja bisa dengerin cerita si Sintong

    BalasHapus