Hacktiv8, Tempat Belajar Programming Terbaik untuk Pemula

Kemudahan menggunakan berbagai perangkat digital, seperti mengakses smartphone, komputer tidak lepas dari sebuah software untuk mengoperasikannya, dan semua itu adalah karya dari seorang programmer yang handal. Apalagi memasuki era industri 4.0, hampir semua perusahaan besar berlomba-lomba merekrut karyawan yang memiliki skill serta menguasai teknologi dan informasi, terutama web developer.
Hacktiv8 merupakan tempat belajar programming terbaik bagi pemula

Belajar Programming untuk Pemula

Saat ini, profesi yang banyak diincar oleh perusahaan teknologi salah satunya adalah programmer. Untuk memiliki skill tentang bahasa pemrograman, tidaklah harus bersekolah di sekolah resmi. Sebenarnya, belajar programming untuk pemula dapat ditempuh hanya dengan bermodal perangkat komputer dan sumber belajar yang tepat serta memiliki niat yang sungguh-sungguh.

Untuk dapat menguasai bahasa pemrograman, memang membutuhkan waktu yang tidak cepat. Belajar programming, terutama bagi pemula akan lebih cepat dan mudah dikuasai jika dibarengi dengan niat dan kegigihan. Salah satu sekolah coding yang memiliki instruktur terbaik dan profesional yang mampu membimbing proses belajar programming lebih cepat dan mahir, yakni di Hacktiv8.

Hacktiv8 adalah Coding Bootcamp terbaik dan pertama di Asia yang telah terdaftardi Council on Integrity in Results Reporting (CIRR). CIRR merupakan standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada siswa merupakan hal yang sangat penting.

Pengalaman Ikut Kelas Bootcamp Hacktiv8

Sebagai blogger yang bergelut dengan postingan di blog, ternyata itu saja tidak cukup. Apalagi platform blog yang saya gunakan Blogspot, mau tidak mau harus juga belajar tentang coding agar dapat mengedit atau mempercantik tampilan blog melalui template yang digunakan.

Bootcamp Hacktiv8 melalui kelas online bersama blogger di Hacktiv8

Pada pertengahan bulan Desember ini, saya mendapat kesempatan mengikuti kelas bootcamp bersama teman sesama blogger melalui kelas online di Hacktiv8. Saya pikir belajar coding melalui online akan menjadi kendala buat saya. Karena konon, belajar coding itu harus bertatap muka di kelas secara langsung dengan instrukturnya. 

Ternyata dugaan saya salah, Hacktiv8 menyediakan fasilitas belajar secara online melalui Aplikasi Zoom Meeting, Discord dan GitHub. Tidak hanya menggunakan beberapa aplikasi pendukung kegiatan belajar, instrukturnya pun selalu standby meski di luar jam belajar sekalipun.

Jika ada kesulitan, instruktur segera merespon dan memberikan solusinya. Jadi pantas saja jika Hacktiv8 merupakan salah satu sekolah Coding Bootcamp terbaik yang ada di Indonesia.

Bersama dengan blogger yang lain, kami mengikuti kursus full stack developer, yakni belajar membuat website dari awal, mulai dari proses beckend (bagian belakang aplikasi) hingga menjadi frontend (tampilan sebuah aplikasi).

Kurikulum Kursus Full Stack JavaScript

Berbeda dengan lembaga kursus full stack developer lainnya, di Hacktiv8 kegiatan pembelajaran berlangsung selama dua hingga tiga kali dalam seminggu. Sekolah coding di Hacktiv8 berlangsung selama lima hari dalam sepekan dan jam pelajaran dimulai pukul 09.00 samapai 18.00.

Coding Bootcamp terbaik memberikan pelatihan lebih mudah

Agar dapat mencetak lulusan yang memiliki skill di bidang programmer, Hacktive8 menyelenggarakan pembelajaran dengan menerapkan kurikulum yang terbaru dan sesuai dengan perkembangan serta kebutuhan dunia kerja, khususnya teknologi industri.

Meski durasi belajarnya pendek, tetapi materi yang didapatkan lebih padat. Siswa yang mengikuti pembelajaran hanya membutuhkan waktu 16 minggu agar menjadi seorang full stack developer yang handal.

Para siswa juga di bimbing oleh tutor yang profesional yang siap mendamping serta konsultasi jika menemukan permasalahan saat pembelajaran berlangsung. Tidak hanya itu, untuk mengembangkan karir lulusan, melalui kurikulum yang digunakan di Hacktiv8 dapat mengembangkan Growth Mindset bagi karir mereka nantinya.

Dukungan Karir di Dunia Kerja

Terdapat beberapa program bimbingan karir yang disiapkan oleh Hacktiv8 sebagai bekal di dunia kerja bagi siswa setelah selesai mengikuti kursus Full Stack Developer, diantaranya:

1. CV And Resume
Yakni serangkaian kegiatan yang bersifat edukasi dalam membuat resume dan merancang portofolio yang relevan dengan industri terkini.

2. Interview Coaching
Merupakan sesi praktik interview bagi siswa yang tujuannya agar siswa lebih percaya diri saat menghadapi sesi interview dengan perusahaan nanti.

3. Buddy System
Buddy System adalah program yang dirancang khusus untuk memberikan kesempatan pada siswa untuk saling berdiskusi dan bekerja sama dalam satu tim dengan baik.

4. Career Opportunity
Hacktiv8 memberikan fasilitas pada lulusannya untuk terhubung dengan lebih dari 350 hiring partner. Dengan begitu, siswa memiliki peluang besar memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya setelah lulus.

Program Engineering Empathy

Kurikulum yang diterapkan di Hacktiv8 tidak hanya sebatas penyampaian materi dan memperhatikan intelektual siswa, namun lebih dari itu, Bootcamp Hacktiv8 juga memperhatikan kondisi emosional siswanya dengan menambahkan program engineering empathy. Pelaksanaan program ini siswa dapat berkonsultasi langsung dengan konselor.

Manfaat Kursus Full Stack Developer

Setelah mengikuti kursus full stack developer di Hacktiv8, bagi saya pribadi memberikan manfaat yang besar. Selain dapat dapat mengetahui proses beckend hingga menjadi frontend sebuah aplikasi, ternyata dengan belajar di sekolah coding dapat melatih kesabaran.

Terlebih bagi pemula seperti saya, belajar programming terbaik di sekolah coding Hacktiv8 yang telah merasakan bagaimana susahnya membuat sebuah aplikasi. Dengan begitu akhirnya saya lebih menghargai para programmer yang telah bersusah payah membuat sebuah aplikasi untuk mempermudah kinerja sebuah aplikasi yang sering kita gunakan. 

Review Hacktiv8

Ada sedikit review Hacktiv8 yang bersumber dari website resminya, jika ingin mengikuti program di Hacktiv8. Terdapat kualifikasi yang harus dimiliki oleh setiap calon siswa agar menjadi digital talent yang terlatih dan berkompeten, diantaranya:
  • Siap Berkomitmen
  • Memiliki Kemauan Belajar
  • Memiliki Kemampuan Dasar Bahasa Inggris
  • Memiliki Motivasi Tinggi
  • Memiliki Laptop

Kurikulum Bootcamp Hacktiv8 disusun dengan materi berjenjang

Selain itu, proses penerimaan siswanya pun cukup mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh calan siswa, antara lain:
  • Mengisi Formulir
Calon siswa wajib mengisi formulir aplikasi di website Hacktiv8 secara lengkap dan benar
  • Wawancara
Setelah melakukan pengecekan formulir calon siswa, tim Hacktiv8 akan menghubungi calon siswa untuk melakukan sesi wawancara.
  • Mengikuti Tes
Proses selanjutnya calon siswa wajib mengikuti tes logika dan bahasa Inggris.
  • Hasil Seleksi
Tim Hacktiv8 akan memberitahukan hasil seleksi dalam waktu 24 jam setelah calon siswa mengikuti tes logika dan bahasa Inggris.

Kesimpulan

Di Indonesia, ada beberapa tempat belajar programming terbaik untuk pemula. Namun jika Anda ingin serius menekuni dunia pemrogaman, sebaiknya pilihlah sekolah coding yang memiliki instruktur yang profesional, yakni di Hacktiv8. 

Agar tahu lebih jelas tentang Hacktiv8 dan memiliki ketertarikan menjadi programmer yang handal, Anda dapat mengikuti kursus Full Stack Developer di Hacktiv8. Anda juga dapat mencari informasi secara lengkap melalui website resminya di https://www.hacktiv8.com/.

Selain menempuh pendidikan dengan mengikuti kursus full stack developer, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas programmer dan developer yang dapat dijadikan teman diskusi atau bahkan mentor dalam proses belajar coding.

Pengalaman, nasihat dan feedback mereka akan menambah pengetahuan dan pengalaman belajar coding untuk pemula. Pada dasarnya, tidak ada metode belajar coding terbaik yang dapat diterapkan pada semua orang. Itulah sedikit review Hacktiv8 sebagai tempat kursus full stack developer terbaik pertama di Asia.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

29 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Siapapun bisa ikutan belajar coding di Hacktiv8 ya Kang, meski yang awam sekalipun, karena proses pembelajaran dimulai dari basic sekali. Meski cuma 4 hari nyobain belajar, seru banget dan dapat banyak ilmu baru. Lah gimana yang belajar sampai 12 minggu, pasti matang banget

    BalasHapus
  2. Pengalaman belajar yang mantap.
    Ini Hacktiv8 buat orang dewasa aja apa ada kelas buat anak-anak kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pengalaman sy itu khusus yang untuk orang dewasa lebih diutamakan kak, karena materinya relate dengan mereka yang memang sudah atau pro coding, pemula/enginer juga bisa kok gabung di hactiv8

      Hapus
  3. Wah asyik sepertinya, meskipun ketika sudah masuk pemrograman blog, tiba-tiba lola hehe. Tapi layak dicoba. Terima kasih informasinya Pak.

    BalasHapus
  4. Wah, dulu hampir banget daftar hacktiv8 untuk class bootcamp javascriptnya. Tapi sayang nggak jadi karena belum ada dananya.

    BalasHapus
  5. pengen banget bisa memperdalam dunia IT. Waktu sekolah IT masih sekedarnya aja kak. hahhaha. sampek sekarang baru tahu ternyata ilmu coding jg diperlukan.

    BalasHapus
  6. seru pasti ya Kang bisa belajar coding bareng teman-teman Blogger ini, kita jadi tahu tentang proses pembuatan website dari awal dan memang butuh kesabaran pastinya ya karena ada proses trial dan error yang harus dilewati hingga program sukses dan siap digunakan.

    BalasHapus
  7. Wah belajar coding lagi, ini, ya Kang? Ngoding itu asyik kalau udah ketemu formulanya ya. Kalau belum ketemu, bikin puyeng hihihi

    BalasHapus
  8. Wah, mantap nih Kang Syahri udah belajar full stack.
    Bakalan lebih lancar dan smooth kalo nanti utak-atik blognya, nih.
    Selamat ya Kang, semoga ilmunya barokah dan bermanfaat..

    BalasHapus
  9. Wah, makin gampang ya belajarnya dengan hacktiv8 ini.. Kurikulum pembelajarannya jg bisa disesuaikan dengan kita.. Semoga ilmunya bisa dimanfaatkan dengan maksimal ya..

    BalasHapus
  10. Wah senangnya bisa belajar full stack..
    Semoga semakin oke ngeblognya ya kang syahri...
    Ilmunya berkah dan bermanfaat ..sukses selalu

    BalasHapus
  11. wah keren kang ilmunya semoga bermanfaat

    saya gak terlalu ngerti masalah coding-codingan, tapi kalo mendalami ilmu itu sepertinya ngedit blog jadi tambah jago

    BalasHapus
  12. Belajar coding menjadi menyenangkan jika ada mentor yang ahli di bidangnya, namun hadirnya hactiv8 membantu belajar coding jadi maksimal

    BalasHapus
  13. Wow, keren nih kelas. Udah lama sekali ga nyentuh coding, bahasa pemrograman. Ini free atau berbayar, Kak? Btw kelasnya full online zoom itu ya, Kak?

    BalasHapus
  14. Wuaah, aku gaptek nih, beneran. Seneng ya kalau bisa belajar coding meskipun tertatih-tatih kali, karena pikiran isinya udah penuh cabe bawang, hehehe

    BalasHapus
  15. Yang dimaksud "full stack developer" itu apa kak?
    Ini kursusnya berbayar kah?

    BalasHapus
  16. Hai kakak salam kenal aku Dennise.Beruntung sekali ya mendapat kesempatan menimba ilmu dari Hacktiv8. Karena belajar programing itu lumayan tingkat kesulitannya dan harus serius & teliti ya

    BalasHapus
  17. Wah, asyik sekali bisa belajar bahasa programmer dan tentunya dapat belajar coding. Dan ini sangat dibutuhkan dalam industri digital.

    BalasHapus
  18. duh saya wajib banget nih belajar di Hacktiv8, tapi bisa ngikutin gak ya?

    karena setiap buka coding, kepala saya lagsung nyut2an

    BalasHapus
  19. Waah makin banyak aja ya aplikasi untuk membantu anak jadi progrner. Memang menyenangkan. Dan skrg utk jadi programmer ga kenal usia ya

    BalasHapus
  20. Wah, memang keren ya programer.. Harus punya ketelitian tinggi juga ya... Hasil kerjanya memudahkan orang lain juga. Pantes gajinya tinggi. Menarik ini kursus coding, harus siap pusing...

    BalasHapus
  21. Byuh, ikutan Hactiv8, Kak? Kereeeen. Aku salut sama para programming nih. aku nyobainn koding sedikit aja udah pusing :D. Mantap. Semangat, Kak

    BalasHapus
  22. wah rekomen banget yaa kang untuk yang tertarik belajar tentang skill coding, karena konon skillnya ini nantinya banyak dicari dan dibutuhkan loh

    BalasHapus
  23. wah keren bangat kak belajar koding, alau saya mungkin sudah pusing liatin kode-kode html, salut sih sama yang pinter coding

    BalasHapus
  24. kepegen sekali suatu hari nanti juga bisa belajar programing. Salut sama tulisannya. Memberikan motivasi nih,

    BalasHapus
  25. Seru banget ya belajar pemograman di hacktiv8. Apalagi instrukturnya pun selalu standby meski di luar jam belajar sekalipun.

    BalasHapus
  26. Seneng ya ada hactiv yang membantu anak menjadi kreatif dan berpikir logis deh. Anak skrng dituntut untuk lebih kreatif ya kang

    BalasHapus
  27. Aku dari dulu pengen banget belajar coding. Kalau blog error bisa langsung diperbaiki sendiri. Nggak perlu harus nunggu orang lain. Enak juga ya kalau belajar di Hacktiv8. Kita tetap bisa bertanya pada mentor meski kelas sudah berakhir

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!
Chat with WhatsApp