Kamis, Juli 01, 2021

Warna Seragam Kerja Pudar, Begini Cara Mengatasinya!

Mengenakan seragam kerja dengan warna yang seperti baru akan membuat kita percaya diri. Apalagi seragam kerja yang digunakan sudah lama. Agar selalu selalu terlihat tampil rapih didepan teman kerja maupun atasan, maka seragam kerja harus tetap cerah dengan warnanya yang masih seperti baru. Untuk itu cara untuk mengembalikan warna baju yang pudar ada beberapa langkah yang mesti dilakukan dengan baik dan benar.

Ada beberapa cara mencuci seragam kerja agar tidak mudah pudar, berikut ini cara perawatan yang baik dan benar.

Mengatasi Warna Seragam Kerja yang Pudar

Biasanya, warna seragam kerja yang memudar dikarenakan proses pencucian yang keliru. Selain itu, penyebab warna baju yang mudah memudar karena salah memilih detergen dan pewangi pakaian yang kurang tepat.

Untuk itu perlu memerhatikan saat memilih detergen serta pada saat mengeringkan baju yang tepat agar warna pakaian lebih tahan lama. Ada beberapa cara mencuci seragam kerja yang benar agar meminimalkan pemudaran warna, berikut cara perawatan yang benar untuk menjaga warna pakaian tetap cerah:

1. Pisahkan Pakaian Berwarna

Untuk pakaian dengan warna gelap seperti hitam, maroon dan coklat, sebaiknya digabung dalam satu kali pencucian, tapi usahakan jangan sampai ada yang terselip seragam dengan warna putih sebelum mencucinya.

Banyak orang berpendapat, untuk menghilangkan noda kotoran seperti tumpahan oli atau terkena tumpahan makanan dapat dihilangkan dengan cara merendam dalam air panas. Padahal dengan cara tersebut akan mempercepat proses pemudaran. Jadi sebaiknya seragam dengan warna putih pisahkan pada saat mencuci dengan pakaian yang berwarna gelap.

2. Balikkan Pakaian Sebelum Dicuci

Cara lain yang dapat dilakukan sebelum mencuci seragam kerja sebaiknya dibalikkan pakaian dalam keadaan terbalik, tujuannya agar dapat mempertahankan warna baju, karena jika tidak dibalik maka gesekan saat mencuci bisa membuat kusam warna pakaian. Jika menggunakan mesin cuci, pastikan mengatur kecepatan dan waktu dengan tepat, biasanya akan ada petunjuk tertentu pada detergen dan mesin cuci.

Selain itu, dengan membalikkan pakaian sebelum dicuci dan pada saat dijemur agar pada bagian luar pakaian terhindar dari terik sinar matahari, sehingga warna dan tekstur kain akan lebih awet. 

3. Pilih Detergen dan Pewangi yang Tepat

Agar penggunaan pewangi pakaian lebih maksimal hingga meresap ke serat-serat kain, maka sebaiknya cermatlah dalam memilih produk yang kandungannya aman untuk pakaian. Hal ini karena tidak semua detergen dan pewangi pakaian mampu mempertahankan kualitas pakaian. 

Pilihlah produk yang akan membuat pakaian tak hanya harum dan higienis saja. Namun sebaiknya gunakan pewangi pakaian yang diformulasikan dengan kandungan khusus yang aman untuk pakaian agar tetap lembut serta wangi.

4. Jenjemur Pakaian yang Tepat

Selain teknik mencuci, perhatikan juga saat menjemur pakaian. Hindari penjemuran yang terlalu lama apalagi langsung di bawah terik sinar matahari langsung, karena akan membuat seragam menjadi bau matahari dan akan mengikis warna pakaian. Oleh karena itu yang harus dilakukan ialah menjemur pakaian secukupnya sampai tidak ada air pada serat kain. 

5. Setrika Pakaian dengan Benar

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan agar seragam kerja tidak mudah pudar yaitu dengan teknik menyetrika yang benar. Pada saat menyetrika sebaiknya jangan menggunkan temperatur panas yang terlalu tinggi. Jika sering menyetrika dengan temperatur yang terlalu tinggi maka dapat membuat warna pakaian cepat pudar dan seragam pun mudah sobek. Atur temperatur dengan teliti sebelum menyetrika agar warna pakaian tetap terjaga.

Penutup

Itulah cara mengatasi seragam kerja agar tidak mudah pudar dengan menggunakan beberapa langkah dari sebelum mencuci hingga proses menyetika yang tujuannya agar pakaian warnanya selalu terawat dan penampilan semakin menarik. 

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog