04 Desember 2020

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dini

DAFTAR ISI [Buka]

Menjaga kesehatan gigi sejak dini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya jika kita tidak pintar-pintar merawat kesehatan gigi kita sejak dini, maka resiko yang akan ditimbulkan kita merasakan sakit gigi yang berkepanjangan.

Menjaga kesehatan gigi sejak dini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dengan menjaga kesehatan gigi, resiko sakit gigi pun dapat teratasi.

Jika sakit gigi, bau mulut yang ditimbulkan tidak sedap. Selain itu, dapat menyebabkan gangguan pada saat mengunyah makanan, lebih parahnya lagi akan berakibat mengganggu kesehatan tubuh yang lain.

Setelah kita mengkonsumsi makanan, jika tidak segera dibersihkan dengan baik, maka akan meninggalkan sisa makanan pada gigi yang akan bercampur dengan bakteri. Atau kita mengenalnya dengan istilah plak gigi.

Berawal dari plak gigi yang menempel pada permukaan gigi atau pun disela-sela gigi tersebut dapat mengakibatkan gigi berlubang hingga menyebabkan gingivitis atau peradangan pada gusi. Gingivitis, jika tetap dibiarkan maka akan berakibat kehilangan gigi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi

Memiliki gigi yang sehat pasti harapan semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. Namun sering kali banyak orang mengabaikannya. Tidak membersihkan gigi secara rutin serta masih membiasakan kebiasaan buruk seperti merokok atau mengkonsumsi makanan yang manis-manis tanpa membersihkannya.

Baca juga:

Selain itu, sisa makanan yang dikonsumsi, jika terlalu lama dibiarkan menempel pada gigi maka akan berakibat menjadi karang gigi, hal itu akan mengakibatkan sakit gigi.

Pasti semuanya tidak menginginkan hal itu kan?. Nah oleh karenanya mulai sekarang kita harus menjaga kesehatan gigi sejak dini agar tidak menyesal dikemudian hari.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan menyikat gigi dua kali sehari, tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Oleh karenanya agar kesehatan gigi dapat terjaga dengan baik, maka anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Jangan Gunakan Pasta Gigi dan Sikat Gigi Sembarangan

Sikatlah gigi secara teratur serta gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Kandungan fluoride pada pasta gigi tersebut berguna untuk memperkuat gigi serta mencegah gigi berlubang. Gunakan pula sikat gigi yang dapat menjangkau area-area sulit pada gigi dan memiliki bulu sikat yang halus.

Rutin Membersihkan Sela-Sela Gigi

Tidak selalu setelah menyikat gigi, sisa makanan dapat hilang seluruhnya. Pasti masih terdapat sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Oleh karen itu bersihkan pula gigi dengan menggunakan benang gigi secara hati-hati. Rutin membersihkan gigi dengan bantuan flossing dapat mengurangi plak yang menempel pada gigi

Hentikan Kebiasaan Merokok

Selain berbahaya bagi kesehatan, merokok juga bisa menimbulkan gangguan pada mulut dan gigi, seperti bau mulut, penumpukan plak dan karang gigi, serta perubahan warna gigi. Merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya radang gusi dan kanker mulut.

Rutin Berkumur dengan Obat Kumur

Berkumur dengan menggunakan obat kumur secara rutin juga turut membantu menjaga kesehatan gigi. Selain gigi kita lebih sehat, dengan berkumur dapat membantu mengurangi bau mulut dan membuat napas Anda lebih segar.

Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi

Selain membuat gigi tetap sehat, dengan rutin memelihara kesehatan gigi dapat meningkatkan kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini manfaat menjaga kesehatan gigi bagi kesehatan tubuh :

  • Menurunkan risiko penyakit Kadiovaskular
  • Menurunkan risiko terkena penyakit ISPA
  • Menurunkan risiko ibu hamil melahirkan bayi Prematur
  • Meningkatkan rasa percaya diri

Selain tetap menjaga kesehatan gigi, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih pun harus tetap diperhatikan. Disamping itu, rutinlah kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksa kesehatan gigi juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Kang Syahri Online
Welcome to Kang Syahri blog