Ads 720 x 90

Cara Menghilangkan Plak Gigi Yang Menggangu Penampilan

Memiliki gigi yang bersih adalah dambaan setiap orang, terlebih jika gigi tersebut bersih dan sehat. Dengan gigi yang bersih dapat membuat Anda tampil lebih percaya diri. Tidak sedikit orang melakukan berbagai macam perawatan agar gigi yang dimiliki tersebut tetap sehat hingga usia tua. Namun tidak sedikit pula orang yang tidak menyadari jika plak gigi adalah awal dari berbagai macam masalah penyakit serius pada gigi dan mulut. Cara menghilangkan plak gigi dapat dilakukan dengan cara manual yaitu menggunakan alat konvensional atau dengan bantuan alat ultrasonic scaler.

Cara Menghilangkan Plak Gigi
Sumber gambar : tanyapepsodent.com

Penyebab timbulnya plak gigi

Plak gigi sendiri adalah lapisan tipis dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gusi ataupun sela-sela gigi yang mengeras karena tidak dilakukan pembersihan. Meskipun tidak terasa sakit, jika plak gigi dibiarkan maka lama-kelamaan akan mengeras dan susah untuk di bersihkan. Pada keadaan seperti itu, orang akan merasa minder karena giginya tidak terlihat bersih.

Timbulnya plak gigi biasanya disebabkan karena perilaku sebagian orang yang malas untuk menggosok gigi atau membersihkan gigi secara rutin. Plak gigi akan menumpuk dan mengeras dengan cepat dan akan berakibat pada kerusakan gigi yang lebih serius, diantaranya gigi berlubang, infeksi pada gusi, gusi bengkak, bau mulut yang tidak sedap hingga sakit gigi.

Cara menghilangkan plak gigi

Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan plak gigi sejak dini yaitu:
1. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat.
Dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, terutama sukrosa. ini dapat mencegah bakteri berkembang biak di gigi dan mulut. Dengan menghindari jenis-jenis makanan tersebut, Anda dapat mengurangi resiko makin berkembangnya bakteri di sela-sela gigi. 
Selain itu perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan, karena sayur dan buah adalah jenis makanan yang sehat dan aman untuk gigi. Kandungan serat pada sayuran hijau membantu membersihkan gigi secara alami. Dan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C juga bisa membantu mengurangi timbulnya plak pada gigi serta dapat menjaga kesehatan gusi.

2. Menyikat gigi dan menggunakan dental floss. 
Menyikat gigi adalah cara yang paling mudah untuk membersihkan plak gigi. Namun dalam memilih pasta gigi sebaiknya harus lebih teliti. Gunakan sikat gigi yang dapat menjangkau sela-sela gusi serta permukaan sikat yang rata agar tidak terjadi rasa sakit pada gusi seperti Sikat Gigi Pepsodent Vertical Expert. Model sikat gigi ini sangat dianjurkan karena dapat mengangkat sisa makanan yang menempel sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya plak.

Cara Menghilangkan Plak Gigi
Sumber gambar : tanyapepsodent.com
Membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss lebih ampuh untuk menghilangkan plak gigi dibandingkan sekedar menyikat gigi. Dengan menggunakan benang gigi, dapat menyapu secara merata seluruh permukaan gigi. Dengan demikian, kebersihan gigi dan mulut Anda bisa terjaga secara maksimal.

3. Penggunakan bahan kimia.
Selain menyikat gigi dengan sikat gigi Pepsodent Vertical Expert, Pasta gigi yang digunakannya pun harus menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Flouride ini berfungsi untuk mengikat enamel gigi sehingga permukaan gigi lebih keras dan tahan terhadap serangan asam dari bakteri.

Selain cara menghilangkan plak gigi yang sudah saya sebutkan diatas, dengan mengurangi ngemil, dapat membantu Anda untuk menghindari munculnya plak pada gigi. Yang tidak kalah pentingnya lagi terutama bagi kaum pria, yaitu kebiasaan merokok. Selain dapat mengakibatkan penyakit pada saluran pernafasan atau ISPA, rokok juga dapat mengakibatkan plak pada gigi yang bersumber dari nikotin yang dihisapnya.

Cara menghilangkan plak gigi sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus ke dokter gigi, namun kadang kala karena melakukan perawatannya harus dengan sabar, akhirnya banyak orang yang enggan untuk melakukan perawatan secara rutin.
Kang Syahri
KANGSYAHRI.COM merupakan media informasi berbasis online yang berisikan tentang informasi seputar dunia pendidikan, berita dan berbagai kumpulan artikel menarik lainnya

Related Posts

2 comments

  1. Saya tertarik dengan sikat gigi Pepsoden Expert, bentunya ergonomis. Pengen cari jika ke toserba, soalnya urusan fifi tidak bisa dianggap cemen, menyangkut kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain bentuknya yang ergonomis, sikat gigi ini sangat dianjurkan karena dapat mengangkat sisa makanan yang menempel sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya plak.

      Delete

Post a Comment

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

Subscribe Our Newsletter