Ciri-ciri Kram yang Tidak Biasa, Hati-Hati Penyakit Kronis

Banyak wanita mencari cara mengatasi kram perut saat haid dan sering kali menyalahkan haid setiap bulan. Padahal ada beberapa diagnosa kram yang bukan hanya disebabkan oleh haid. Kista, sembelit, kehamilan bahkan kanker rasanya mungkin seperti nyeri haid yang normal. Tetapi sulit untuk mengatakan apakah rasa sakit itu disebabkan oleh sesuatu yang sederhana atau lebih serius. 

Kram Perut Penyebab Penyakit Kronis

Pada umumnya, kram perut biasa dialami perempuan saat haid, tapi bagaimana jika kram perut justru muncul saat Anda sedang tidak haid? Pada kondisi seperti itu perubahan hormonal yang berkaitan dengan ovulasi dapat berpengaruh. Kelainan fisik di rahim dan indung telur seseorang juga dapat menyebabkan kram yang terasa seperti saat sedang haid.

Tipe Kram Bukan Penyebab Haid

Ini adalah beberapa tipe kram yang bukan disebabkan oleh haid.

1. Penyakit Radang Usus Besar

Penyakit ini adalah ketika mengalami pembengkakan dan iritasi jangka panjang (kronis) di berbagai bagian saluran pencernaan. Itu terjadi ketika ada sesuatu yang rusak dalam sistem kekebalan tubuh. Crohn dapat mempengaruhi bagian mana pun dari saluran pencernaan (termasuk mulut).

Kolitisulseratif hanya melibatkan usus besar (usus besar). Rasa kram yang dihadapi adalah rasa sakit di bagian kanan bawah atau tengah perut. Rasa sakit ini bisa dalam kadar ringan hingga berat. Jika kamu menderita kolitisulserativa, kram akan berada di sisi kiri bawah perut kamu.

2. Kista Ovarium Pecah

Kista adalah kantung cairan. Terkadang mereka terbentuk di indung telur. Satu jenis, yang disebut kistafolikuler, terbuka untuk melepaskan sel telur dan kemudian larut dalam tubuh. Jika ini tidak terjadi, kista yang berbeda dapat terbentuk. Sebagian besar tidak berbahaya. Tetapi jika sudah tumbuh besar, itu bisa meledak.

Seperti apa rasanya kram ini? Kista yang pecah tidak selalu menyebabkan rasa sakit. Jika iya, mungkin mengalami kram parah secara tiba-tiba di kedua sisi perut bagian bawah di bawah pusar. Lokasi tergantung pada ovarium mana yang memiliki kista.

3. Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi jangka panjang (kronis) di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim menempel pada organ lain dan mulai tumbuh. Kram yang dirasa akan tampak seperti kram menstruasi biasa, tetapi bisa terjadi kapan saja dalam sebulan. Selain itu mungkin mengalami kram dan rasa sakit di punggung dan perut bagian bawah di bawah pusar.

Jika Anda mengalami demam, mual atau muntah yang signifikan, rasa sakit yang tidak dapat dikendalikan atau yang tidak membaik dalam seminggu, sebaiknya periksakan kondisi Anda ke dokter ahli jika kram yang dirasa cukup parah. Jangan membuat praduga sendiri sebab lebih baik mencegah dari pada mengobati.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

4 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Saya baru tau perihal endometriosis. Ngeri juga ya. Semoga kesehatan kita terjaga selalu. Salam kenal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung. salam kenal juga mbak...

      Hapus
  2. Biasanya saya kram di bagian perut karena pengaruh siklus bulanan setiap hari pertama, tetapi tidak rutin kramnya karena bergantung aktivitas fisik dan psikis saja.
    Ternyata tidak bisa dianggap sepele jika alami kram si luar siklus menstruasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, patut diwaspadai jika mengalami hal serupa

      Hapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!