08 March 2018

6 Makanan Yang Dapat Mengobati Perut Kembung

6 Makanan Yang Dapat Mengobati Perut Kembung

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood kita. Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu. Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. 
Berikut adalah 6 makanan yang dapat mencegah kembung, diantaranya banyaklah mengkonsumsi:

Makanan Yang Dapat Mengobati Perut Kembung
Perut Kembung
Yogurt (probiotik)
Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak. 

Pisang (Kalium)
Pisang sangat kaya kalium, menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

Nasi
Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
Peppermint dapat mengaktifasi jalur anti nyeri diperut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

Pepaya
Pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laxative. 

Timun (diuretik natural)
Bila anda mengalamai perut kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Karen mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat anda mudah menurunkan berat badan.

Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat maka harap segeralah diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

4 komentar

Nah kebutulan gara gara cari wifi gratiss malem2, nyampek rumah masuk angin. Kwkwkw

Itu karena kebanyakan begadang Mas Wafa, Kurangi terlalu sering tdur larut malam. selain tubuh mudah masuk angin juga akan berdampak buruk bagi kesehatan...

Siap mas terimakasih sarannya... Tapi kalau masih belum selesai dan puas ngeflognya, jadi gak pengen pulang. Kwkwkw

Ooh ya pantesan klo gitu mas, inget dengan resiko yang ditimbulkannya mas..

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon