16 November 2019

Mudahnya Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia Secara Online

Loading...
Pada forum diskusi online, saya mendapati pertanyaan cara berhenti donasi UNICEF. Dari semua jawaban seputar cara berhenti menjadi donatur di UNICEF Indonesia secara online tidak memberikan penjelasan secara lengkap. Pertanyaan tersebut muncul dari beberapa donatur rutin yang telah bergabung menjadi donatur di UNICEF Indonesia.

Ada pertanyaan lain juga mengemuka selain tentang cara berhenti donasi UNICEF Indonesia secara online, pertanyaan perihal untuk siapa dan siapa sajakah yang berhak menerima donasi UNICEF?. Dari beberapa pertanyaan tersebut, melalui postingan saya kali ini akan mengulas sedikit tentang UNICEF, sejarah UNICEF di Indonesia, apa sajakah yang sudah dilakukan UNICEF di Indonesia. .

Cara-berhenti-donasi-UNICEF

Tentang UNICEF

UNICEF atau United Nations Children's Found adalah sebuah organisasi global bentukan PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) dengan tujuan pembentukan organisasi ini adalah untuk memberikan bantuan kepada anak-anak beserta ibunya di negara-negara berkembang.

UNICEF sendiri hingga kini sudah memiliki kurang lebih 90 negara peserta di dunia. Selama 70 tahun, UNICEF telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi anak-anak di seluruh dunia, bahkan anak-anak yang berada di daerah konflik sekalipun. Berdasarkan konvensi hak-hak anak di PBB yang mengatur hak-hak sipil, politik, ekonomi, sosial, dan kultural anak-anak. UNICEF memberikan bantuan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan pada anak-anak yang kurang beruntung di seluruh dunia.

Sejarah UNICEF di Indonesia

Di Indonesia, pada awalnya UNICEF memberikan bantuan darurat pada bencana kelaparan di Lombok pada tahun 1948 bersamaan dengan Indonesia menjadi salah satu negara anggota organisasi UNICEF. Pada tahun 1949, Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan organisasi bentukan PBB tersebut yang ditandai dengan pembuatan dapur susu di Jogjakarta, Jawa Tengah.

Pada masa Orde Baru, UNICEF dan organisasi PBB lainnya bersama dengan Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto dengan diluncurkannya Rencana Pembangunan Lima Tahun (REPELITA) pertamanya ikut terlibat dalam memberikan bantuan secara teknis. Tidak hanya itu saja, dengan berjalannya waktu keterlibatan UNICEF di Indonesia semakin berkembang serta memiliki program untuk membantu mewujudkan hak-hak anak-anak dan perempuan di Indonesia.

Peran UNICEF Untuk Indonesia

Organisasi kemanusiaan dibawah naungan PBB ini banyak memberikan kontribusi bagi anak di daerah terpencil dan daerah yang mengalami bencana alam. Pada saat terjadi gempa bumi dan tsunami yang dahsyat di Sulawesi yang telah banyak menelan korban jiwa dan trauma berkepanjangan bagi anak-anak. UNICEF berperan aktif terjun langsung ke lapangan untuk mengirimkan pasokan darurat kepada 475.000 anak-anak korban gempa.

Dalam menjaga hak kelangsungan hidup, perlindungan dan perkembangan anak di Indonesia, UNICEF mendukung program Pemerintah Indonesia dalam rangka mensejahterakan anak-anak Indonesia, karena anak-anak adalah masa depan bangsa sekaligus aset bagi bangsa yang wajib untuk dipelihara berdasarkan amanat Undang-Undang Dasar 1945.

UNICEF berkomitmen untuk memberikan keadilan serta mencapai tujuan untuk mewujudkan hak-hak semua anak di Indonesia. Dalam bidang pendidikan, UNICEF menawarkan harapan besar untuk masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak dengan memberikan kesempatan belajar di sekolah formal maupun non-formal agar anak-anak memiliki kesempatan yang adil dalam hidup terutama anak yang paling dirugikan.

Dengan program utamanya yaitu tanggap darurat, UNICEF memberikan bantuan dengan lebih memperioritaskan anak-anak yang beresiko tertinggal. Selama lebih dari enam dekade, UNICEF bersama dengan pemerintah dan masyarakat sipil telah memberikan bantuan pembangunan dan kemanusiaan hingga menjangkau jutaan anak-anak di seluruh Indonesia, diantaranya dengan mengkampanyekan pentingnya imunisasi nasional serta memberikan vaksinasi campak dan rubella kepada hampir 70 juta anak di Indonesia pada tahun 2018.

Keberadaan UNICEF di Indonesia yaitu untuk memastikan agar tidak ada anak yang tertinggal dengan komitmen memberikan kesempatan seadil-adilnya bagi anak-anak dimanapun terutama anak yang paling dirugikan serta membantu Indonesia mewujudkan hak-hak anak-anak dan perempuan.

Cek laporan donasi  UNICEF Indonesia online?

Agar tetap mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat ataupun donatur yang telah memberikan bantuan untuk anak-anak melalui UNICEF, setiap tahun UNICEF memberikan laporannya secara rinci. Laporan rutin tahunan tersebut dapat Anda akses di laman resmi UNICEF Indonesia.
Cara-berhenti-donasi-untuk-Unicef

Cara menghubungi UNICEF Indonesia.

Untuk menghubungi UNICEF Indonesia terkait dengan donasi, Anda dapat menghubungi alamat UNICEF Indonesia di:
  • World Trade Center 6, Lantai 10
  • Jalan Jendral Sudirman Kav. 31
  • Jakarta 12920, Indonesia
  • E-mail : ids.donorlove@unicef.org

Atau dapat menghubungi:
  • (021) 8066 2100 (Layanan donatur) dan;
  • (021) 5317 0999 atau (021) 255 8200 (Untuk donasi)
  • Jam operasional : Senin s/d Jum'at pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Cara berhenti donasi UNICEF online?

Cara berhenti donasi UNICEF Indonesia secara online, Anda dapat menghubungi :
  • Layanan donatur (021) 8066 2100
  • Email ke : ids.donorlove@unicef.org
  • Jam Operasional: Senin - Jumat pukul 09.00 - 17.00

Cara Donasi UNICEF Indonesia Secara Online!

Karena tujuan utama dari organisasi bentukan PBB ini yaitu tetap memastikan agar tidak ada lagi anak-anak yang tertinggal, maka UNICEF tetap membuka kesempatan kepada para donatur maupun masyarakat luas untuk ikut berperan serta mendukung program-program UNICEF dengan cara memberikan donasi secara online melalui laman resmi UNICEF Indonesia. Untuk panduan donasi online secara lengkapnya dapat anda simak caranya dibawah ini:

Panduan-donasi-Unicef-Online
  1. Kunjungi situs resmi UNICEF Indonesia. 
    Untuk memulai berdonasi di UNICEF, langah awal yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengunjungi laman resmi UNICEF Indonesia yaitu di Support Unicef Indonesia. Anda dapat mengaksesnya dengan mudah baik menggunakan komputer ataupun smartphone.
  2. Memilih tipe donasi.
    Langkah selanjutnya yaitu Anda dapat menentukan tipe donasi UNICEF yang diinginkan. Pada tipe donasi, terdapat dua pilihan donasi yang diinginkan, yaitu donasi rutin dan donasi satu kali. Donasi rutin artinya Anda dapat memberikan donasi setiap bulan dengan jumlah yang tetap sesuai dengan kesepakatan awal, sedangkan donasi satu kali artinya Anda dapat memberikan donasi kapanpun dengan jumlah sesuai keinginan tanpa kesepakatan awal. Donasi satu kali ini dapat dilakukan secara manual.
  3. Melengkapi data diri.
    Setelah Anda menentukan tipe donasi yang diinginkan, langkah selanjutnya yaitu melengkapi identitas Anda sebagai donatur di UNICEF Indonesia dengan cara mengisi nama lengkap, alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi pada kolom yang telah disediakan. Dengan melengkapi data diri, maka Anda telah resmi bergabung dengan UNICEF Indonesia. Besaran donasi dapat dipilih sesuai dengan kemampuan Anda, mulai dari 150.000 hingga tak terbatas. Berapapun donasi yang Anda berikan sangat berarti anak-anak yang berada di daerah terpencil ataupun anak-anak yang sedang mengalami bencana alam maupun anak-anak yang kurang beruntung.
  4. Memilih cara berdonasi.
    Untuk memilih cara berdonasi, jika Anda memilih tipe donasi rutin maka Anda dapat menggunakan Kartu Kredit, Bank Transfer, Internet Banking atau dengan Convenience Store. Convenience Store yang telah bekerjasama dengan UNICEF Indonesia.
Karena sangat bermanfaatnya bantuan yang diberikan oleh para donatur atau masyarakat bagi perbaikan kehidupan anak-anak di seluruh Indonesia, Maka Anda dapat menyalurkan bantuan ke UNICEF melalui online atau langsung melalui rekening berikut:

Cara-donasi-untuk-Unicef

Dari uraian saya diatas semoga dapat mewakili jawaban atas pertanyaan tentang cara berhenti donasi UNICEF Indonesia secara online. Sekali lagi saya jelaskan  bahwa bantuan yang diberikan oleh UNICEF ini berfokus pada bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan dalam jangka waktu yang panjang. Dan yang berhak menerima bantuan dari UNICEF adalah anak-anak yang tidak beruntung. UNICEF juga memberikan perlindungan kepada anak-anak secara hukum.

KANGSYAHRI.COM Merupakan media informasi berbasis online yang berisikan tentang informasi seputar dunia pendidikan, berita dan berbagai kumpulan artikel menarik lainnya.

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon