Traveloka Xperience, Rencana Libur Tahun Baru Ke Dieng Makin Seru

Tidak terasa sekarang kita sudah berada di bulan Oktober, itu berarti tinggal dua bulan lagi kita akan mengakhiri tahun dan berganti ke tahun baru. Hemm... dalam benakku terfikirkan untuk mengisi libur tahun baru  nanti berencana berlibur ke salah satu daerah di Jawa Tengah.

Traveloka Xperience, Libur Tahun Baru 2020 Makin Seru
Foto : @sayapgarudajawa
Bicara tentang Jawa Tengah, apalagi tentang objek wisatanya, maka tidak akan ada habisnya. Provinsi yang satu ini memiliki berbagai macam objek wisata menarik yang wajib dikunjungi. Ya, Dieng...!!! itulah salah satu lokasi wisata yang menjadi pilihan saya untuk mengisi libur tahun baru 2020 nanti.

Dieng, Keajaiban Alam dan Warisan Dunia

Oh iya sebelumnya saya akan mengulas sedikit tentang Dieng. Dieng merupakan dataran tinggi yang ada di Provinsi Jawa Tengah dan masuk pada wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo yang letaknya berada di sebelah barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Mengapa saya memilih Dieng sebagai lokasi wisata untuk berlibur di tahun baru?. Jawabanya adalah karena Dieng ini selain menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah, Dieng juga cocok bagi saya sebagai seorang penyuka budaya.

Di Dieng, kita akan melihat keajaiban alam sebagai warisan dunia yang dimiliki Indonesia. Di Dieng juga kita akan banyak mendapatkan wawasan budaya serta akan melihat beragam keunikan yang menakjubkan. Diantara beberapa keunikan yang ada pada Dieng, antara lain:

1. Anak Rambut Gimbal

Di Dieng terdapat anak-anak yang berambut gimbal. Anak-anak dengan rambut gimbal ini tumbuh secara alami dan sudah ada sejak jaman dahulu. Anak-anak yang berambut gimbal ini diistimewakan, karena konon jika memotong rambut gimbalnya maka harus ada ritual khusus agar anak tersebut tidak jatuh sakit.

Sebelum acara ritual dimulai, biasanya orang tua akan menanyakan keinginan anaknya dan orang tua pun harus dapat memenuhi keinginannya. Jika tidak, maka ritual harus ditunda dulu sebelum semua persyaratannya terpenuhi. Hemmm... unik juga ya!

Traveloka Xperience, Libur Tahun Baru 2020 Makin Seru
Candi Arjuna / Foto : @dhimas.satriaa
Acara ritual pemotongan rambut gimbal ini dapat disaksikan pada acara rutin tahunan yang diselenggarakan pada bulan Agustus dalam acara Dieng Culture Festival. Acara tersebut juga menampilkan pagelaran wayang kulit, pameran kesenian dan kerajinan tradisional, pesta bakar jagung, pesta lampion, dan lain sebagainya.

2. Bun Upas/Salju

Seperti yang kita ketahui, umumnya salju hanya berada di negara yang beriklim dingin. Indonesia meskipun negara yang beriklim hujan dan kemarau pun terdapat salju, khususnya di Dieng.

Ya, salah satu daerah yang terdapat salju adalah di Dieng. Dieng ini berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, sehingga membuat suhu di Dataran Tinggi Dieng sangat dingin.

Baca juga: 

Biasanya salju akan nampak antara bulan Juli sampai dengan Agustus. Karena suhu pada pagi hari di Dieng sangat rendah hingga minus 1 derajat Celcius dan jika pada siang hari, suhu udara mencapai hingga 10 sampai dengan 15 derajat Celcius.

Naaah, Suhu udara yang rendah di pagi hari tersebut memunculkan embun beku. Penduduk Dieng menyebutnya Bun Upas.

3. Golden Sunrise dan Negeri Atas Awan

Yang tidak kalah menariknya dari dataran tinggi Dieng adalah Puncak Sikunir. Dari Puncak Sikunir kita dapat menyaksikan golden sunrise pada sore hari.

Puncak Sikunir sendiri berada di kawasan perbukitan yang terletak di Desa Sembungan, yaitu desa yang berada di ketinggian 2.100 meter diatas permukaan laut. Desa Sembungan ini disebut juga desa tertinggi di pulau Jawa.

Traveloka Xperience, Libur Tahun Baru 2020 Makin Seru
Foto : @NegriAtasAwanDIENG
Pada pagi hari, di Puncak Sikunir kita dapat menyaksikan keindahan lembah bukit yang tertutup kabut putih. Jika kita berada di Puncak Sikunir seolah kita serasa berada di atas awan. Oleh karena itu Dieng Plateau dikenal juga dengan sebutan Negeri Atas Awan.

Selain dapat menikmati beragam keunikan-keunikan yang ada di Dieng. Objek wisata yang dapat dikunjungi serta dapat dijadikan referensi untuk berlibur di tahun baru 2020 nanti diantaranya Telaga Warna, Telaga Menjer, Kawah Sikandar, Kebun Teh Tambi, Air Terjun Sikarim, Gua Semar, dan Kompleks Candi Dieng.

Keunggulan Traveloka Xperience

Karena saya termasuk orang yang tidak mau direpotkan dengan urusan yang menyita waktu, termasuk dalam hal rencana liburan awal tahun 2020 nanti. Maka saya percayakan semuanya pada Traveloka. Karena segala keperluannya harus disiapkan dengan matang, termasuk tiket, transportasi, penginapan, info lokasi wisata, oleh-oleh dan lain sebagainya.

Traveloka Xperience, Libur Tahun Baru 2020 Makin Seru
Traveloka Xperience
Traveloka sendiri adalah salah satu perusahaan terkemuka di Asia Tenggara  yang bergerak di bidang travel yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan dalam satu platform, diantaranya menyediakan tiket pesawat, hotel, tiket kereta, hotel, aktivitas rekreasi, transportasi bandara dan lain sebagainya.

Selain itu Traveloka juga telah melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan hiburan serta gaya hidup yang terintegrasi dalam satu aplikasi, yaitu Traveloka Xperience. Traveloka Xperience adalah sebuah platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup yang mudah dan berkualitas di Asia Tenggara.
Traveloka Xperience, Libur Tahun Baru 2020 Makin Seru
Fitur baru Traveloka dan Kategori Traveloka Xperience

Traveloka Xperience, Penuhi Kebutuhan Gaya Hidup yang Mudah dan Berkualitas

Traveloka Xperience juga menyediakan layanan pencarian dan pemesanan beragam kategori aktivitas liburan dan gaya hidup, mulai dari tiket atraksi, tour, tiket taman bermain anak, pijat dan spa, kecantikan, tiket bioskop, tiket event / festival / konser musik, karaoke, hingga kelas olahraga.

Pokoknya Traveloka Experience ini memudahkan para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup yang mudah dan berkualitas.

Yang menarik perhatian saya pada Traveloka Xperience ini memiliki kategori highlights, deskripsi, rincian aktivitas, pengalaman yang ditawarkan, dan review dari orang-orang yang pernah mencoba sebelumnya. Selain itu masih banyak lagi kategori di Traveloka Xperience lainnya.


Memudahkan Transaksi dengan Traveloka Xperience

Di Traveloka Xperience kita tidak perlu khawatir kehabisan tiket, karena ketersediaan tiket selalu ada hingga memudahkan kita untuk mendapatkannya, kita tidak perlu mengantre lebih lama karena setelah kita melakukan pembayaran, e-ticket akan dikirimkan langsung via email.

Metode pembayarannya pun sudah tersedia lebih dari 40 metode yang dapat memudahkan kita bertransaksi, baik itu melalui minimarket, m-banking, i-banking, saldo uangku, kartu kredit, bank transfer hingga pay letter.

Dan kita pun dapat memilih tanggal liburan sesuai keinginan. Selain itu di Traveloka Xperience juga banyak menawarkan diskon yang menarik.

Traveloka Xperience, Beri Layanan Memuaskan

Traveloka Xperience, Libur Tahun Baru 2020 Makin Seru
Pencarian Tiket Tur - Wisata Alam Dieng

Agar dapat menikmati #XperienceSeru di Dieng, dengan banyak mengunjungi objek wisatanya. Melalui aplikasi Traveloka Xperience kita dapat memesan tiket dengan cara memilih salah satu pilihan wisata yang tersedia. Pada aplikasi Traveloka Xperience, kita dapat mencari destinasi wisata dengan mudah.

Sebagai contoh destinasi wisata Plataran Dieng - 2H1M (2 hari 1 malam), Ternyata harga yang ditawarkan oleh Traveloka sangat murah, hanya Rp. 595.000,- dengan rincian :
  • Durasi   : 2 Hari 1 Malam
  • Waktu dan Lokasi Penjemputan:

Peserta akan dijemput pukul 20:00 di Plaza Semanggi (Jakarta), 21:00 di Tambun Selatan Rest Area KM 19 (Bekasi), dan 21:00 di Rest Area 57 (Karawang), termasuk:

1.
Akomodasi
Kamar bersama untuk 3 - 4 orang, homestay
2.
Makan
- 1x sarapan
- 2x makan siang
- 1x makan malam
- Air mineral
- Tersedia pilihan halal
3.
Transportasi
- Elf pendek (15 kursi) ber-AC
- Elf panjang (19 kursi) ber-AC
- Bus medium (30 kursi) ber-AC
4.
Item/Layanan lainnya
- Tiket masuk ke tempat rekreasi
- Pemandu tur
- Pemimpin tur
- Dokumentasi (foto)
Tidak termasuk asuransi perjalanan dan biaya tambahan kamar pribadi.

Traveloka Xperience, Libur Tahun Baru 2020 Makin Seru
Pilihan Tiket Tur - Wisata Alam Dieng

Bukan hanya itu saja, melalui Traveloka Xperience, jadwal perjalanan tur ke Dieng sudah tersusun dengan baik, mulai dari:
09:00-09:15 : Tiba di Dieng
09:15-09:30 : Check in penginapan
09:30-09:45 : Sarapan (pribadi)
09:45-10:00 : Sosialisasi kegiatan wisata
10:00-10:45 : Menuju mata air suci Tuk Bimo Lukar
10:45-12:00 : Menuju kompleks Candi Dieng Peninggalan Kerajaan
12:00-12:15 : Kembali ke penginapan
12:15-13:00 : Makan siang
13:00-15:00 : Menuju Dieng Teather
15:00-16:30 : Menuju Telaga Warna dan Batu Pandang
16:30-17:30 : Menuju Kawah Sikidang
17:30-18:30 : Kembali ke penginapan
18:30-20:30 : Makan malam
20:30-21:30 : Berbagi kisah tentang Dieng yang diceritakan oleh penduduk Dieng
21:30-           : Acara bebas dan istirahat

Dengan jadwal yang sudah tersusun dengan baik, menjadikan Traveloka Xperience sebagai sebuah platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup yang benar-benar memberikan layanan yang memuaskan bagi penggunanya.

Pokoknya dengan aplikasi Traveloka Xperience ini, kita akan mendapatkan #XperienceSeru dengan harga yang terjangkau. Segala kemudahan yang diberikan oleh Traveloka mulai dari membeli tiket dan memesan tempat menginap, membuat rencana liburan akan terasa lebih menyenangkan.

Belum lagi banyak promo yang diberikan, semakin membuat Traveloka Xperience ini menjadi pilihan. Karena bersama Traveloka Xperience, rencana libur tahun baru 2020 saya ke Dieng pasti makin seru...!

#TravelokaBlogContest2019
Artikel ini diikut sertakan pada Kompetisi Blog "#ExperienceSeru dengan Travelokayang diselenggarakan Traveloka dan c2live.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

4 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Liburan pake Traveloka Xperience tinggal duduk manis bisa menjangkau kemana-mana termasuk Dieng ini. Platform solutif dari unicorn kebanggan Indonesia. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang. Dengan Traveloka semua dipermudah

      Hapus
  2. Dieng cantikm jika berada di atas gunungnya seperti berada di negeri kahyangan, sesuatu yang tak terbayangkan bahwa keindahal alam itu sungguh menakjubkan. Kita bisa menafakuri sekaligus merasa bersyukur terhadap hidup yang telah Allah berikan.
    Traveloka Xperience mengajak kita beroleh pengalaman baru yang seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak betul, segala ciptaan Allah patut disyukuri dan dipelihara termasuk keindahan alam yg begitu sempurna.
      Dengan Traveloka Xperience dapat merencanakan untuk berlibur di tahun baru 2020 nanti dengan matang...

      Hapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!