Ads 720 x 90

Segera Backup Data Smartphone Anda Dengan USB OTG SanDisk!

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat berbanding lurus dengan pentingnya penyimpanan data penting yang tersimpan pada smartphone. Perangkat yang wajib dimiliki sebagai media penyimpanan data untuk saat ini salah satunya adalah perangkat USB. Memindahkan sebuah data dari smartphone ke komputer memang sangat diperlukan, terlebih data tersebut sangat penting bagi Anda. Baik berupa foto, video, dokumen ataupun data-data penting lainnya yang tersimpan pada smartphone.

Backup Data Smartphone Dengan USB OTG SanDisk!

Pentingnya melakukan backup data smartphone


Seberapa pentingkah melakukan backup data smartphone?
Jawaban dari pertanyaan itu bagi saya "Sangatlah Penting..!". Alasannya karena menurut saya sebuah data meskipun ukurannya kecil namun nilainya sangat besar.

Contohnya sebuah foto atau video hasil jepretan dari smartphone, yang mana foto dan video tersebut diambil pada momen-momen penting bersama keluarga, teman, sahabat. Namun tiba-tiba smartphone yang Anda miliki rusak terkena virus atau mungkin lebih parahnya lagi hilang dicuri. Padahal foto atau video yang tersimpan di smartphone belum sempat dibackup seluruhnya.

Seperti yang pernah saya alami, menerima dan mengirimkan sebuah data baik itu dalam bentuk dokumen maupun foto dan video dokumentasi, sering kali smartphone yang saya gunakan tiba-tiba tidak mampu lagi untuk mengambil gambar karena kapasitas memori yang digunakan sudah penuh dengan data penting lainnya.

Baca juga:


Pada kondisi seperti tersebut diatas, saya hanya diberikan dua pilihan, yakni antara menghapus beberapa data lama agar data baru dapat tersimpan, atau tidak menggunakan smartphone tersebut untuk mendokumentasikan sebuah foto dan video. Dari kedua pilihan tersebut sangat mengganggu pikiran saya. Dan jika data tersebut harus #DibuangSayang kan kalau dibuang cuma-cuma?.

Oleh karena itu, agar tidak lagi terjadi hal yang serupa maka saya harus segera mem-backup data smartphone dengan menggunakan USB OTG SanDisk secara rutin agar data yang tersimpan tetap aman.

Kehilangan Data Penting dan Keterbatasan Memori pada Smartphone

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia. Tingkat penetrasi dan perilaku pengguna smartphone di Indonesia pada bulan september 2018 telah mencapai 27,4%. Angka tersebut setara dengan kurang lebih 73 juta pengguna smartphone di Indonesia.

Backup Data Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh DEKA yang juga didukung oleh Western Digital Corp  dengan judul "Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey" yang melibatkan 1.120 responden di enam kota besar di Indonesia, ternyata orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone hingga 67%. Dan lebih dari 80% responden survey telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan backup secara teratur selama sebulan sekali.

Tidak hanya itu saja, dari hasil survei tersebut juga memperoleh hasil yang sangat mengejutkan, yaitu:
  • Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Mereka cenderung menggunakan smartphone sebagai medi hiburan, seperti gaming, video streaming, dan berbelanja online.
  • 90% responden menggunakan smartphone untuk mengambil gambar dibandingkan untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Itu berarti  menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti ‘kamera’ digital.
  • Kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16 hingga 32 GB. Dengan kapasitas yang terbatas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Kapasitas terbatas ini menyebabkan pengguna smartphone terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan dan hampir mereka mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori.
Banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data penting mereka, diantaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Padahal kalau data penting tersebut #DibuangSayang.

Namun meskipun begitu, hanya sepertiga dari pengguna smartphone yang rutin melakukan backup data smartphone-nya, baik sebulan sekali atau lebih. Padahal backup data pada smartphone merupakan hal yang penting saat ini.

USB OTG SanDisk, Produk terbaik untuk backup data smartphone

Mengingat pentingnya melakukan backup data smartphone dan agar tidak terjadi lagi kecolongan karena data-data penting saya yang tersimpan pada smartphone hilang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli sebuah USB produk dari #SanDiskAPAC. Saya pun segera buka Aplikasi Shopee melalui smartphone dan mengunjungi Official Store SanDisk di Shopee. Shopee Mall sendiri merupakan salah satu fitur di aplikasi Shopee, dan Sandisk Official Shop adalah akun resmi dari Sandisk di Shopee yang menjual seluruh produk SanDisk 100% original dan bergaransi.


Itulah alasan kenapa SanDisk Official Shop yang akhirnya dipilih. Di Sandisk Official Shop, saya membeli USB OTG SanDisk yaitu SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 32GB USB 3.0 OTG Flash Drive dengan harga Rp. 85.500, cukup murah bukan?

USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 ini memudahkan pemindahan konten dari telepon ke komputer karena terdapat konektor micro-USB di satu sisi dan konektor USB 3.0 di sisi lain sehingga dapat dipindahkan dari berbagai perangkat, baik dari ponsel/tablet Android ke laptop, PC atau komputer Mac dan sebaliknya. Konektor USB 3.0 ini memiliki kinerja tinggi dan kompatibel dengan port USB 2.0. Flash drive untuk perangkat Android ini memiliki aplikasi SanDisk Memory Zone2 untuk melakukan backup pada hasil pemotretan secara otomatis dan manajemen file dan media yang mudah.

Backup Data Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

Fitur dan manfaat USB OTG SanDisk

  1. Mengosongkan memori dengan mudah pada ponsel AndroidTM dengan fitur On The Go 
  2. Memindahkan file antar ponsel Android dengan OTG dan tablet serta PC dan komputer Mac
  3. Tambahan penyimpanan 16GB, 32GB, 64GB atau 128GB untuk ponsel Android dan tablet
  4. Desain menawan dapat digeser dengan konektor micro-USB dan USB 3.0
  5. Kemampuan transfer USB 3.0 kecepatan tinggi dari drive ke komputer  hingga 150MB/s (hanya untuk 32GB-128GB)
  6. Kemampuan transfer USB 3.0 kecepatan tinggi dari drive ke komputer hingga 130MB/d. (hanya untuk 16GB)
  7. Mengosongkan memori pada ponsel Android dengan fitur On The Go untuk menambah lebih banyak foto, video dan lagu 
  8. Untuk kemudahan pengelolaan dan backup file pada perangkat Android, gunakan aplikasi SanDisk Memory Zone (tersedia di Google Play)
  9. Kompatibel dengan kebanyakan perangkat Android

Jadi menurut saya, USB OTG (On The Go) SanDisk ini sebagai salah satu produk terbaik untuk melakukan backup data smartphone yang tidak diragukan lagi kinerjanya.

Tulisan ini diikut sertakan dalam SanDisk Blogging CompetitionPentingnya Melakukan BackUp Data SmartPhone” yang diselenggarakan oleh Western Digital Corp.
#DibuangSayang 
#SanDiskAPAC 
Kang Syahri
KANGSYAHRI.COM merupakan media informasi berbasis online yang berisikan tentang informasi seputar dunia pendidikan, berita dan berbagai kumpulan artikel menarik lainnya

Related Posts

6 comments

  1. Backup data pake Sandisk memory zone jadi menyenangkan. Backup data jadi tak menyusahkan. Sandisk keren.

    ReplyDelete
  2. Iya bang, Karena SanDisk sendiri dirancang untuk mempermudah dalam melakukan backup data smartphone. dan yang pasti SanDisk tidak diragukan lagi kinerjanya.

    ReplyDelete
  3. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, segera backup tuh hasil jepretan dari smartphone nya supaya gak kehilangan data2 penting

      Delete
  4. Walau kecil tapi banyak manfaatnya, saya terbantu sekali dgn adanya usb OTG SanDisk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak bener. Saya pun merasakan hal yang sama dari manfaat USB OTG SanDisk ini..

      Delete

Post a Comment

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

Subscribe Our Newsletter