21 April 2018

Dampak Buruk Akibat Pembakaran Jerami Padi

Dampak buruk akibat pembakaran jerami padi

Pesta panen di daerah saya tinggal telah berakhir, biasanya para petani akan membakar jerami padi yang sudah mengering. Dari hasil pembakaran jerami itu akan menyisakan kabut asap yang sangat tebal yang mengganggu pernafasan. Entah karena ketidak tahuanya petani akan manfaat dari jerami atau karena tidak adanya penyuluhan langsung dari dinas terkait serta dari pemerintah desa, maka petani membakar jerami padi tersebut.

Padahal kalau saja para petani tahu manfaat dari jerami padi, tentunya mereka tidak akan membakarnya. Para petani berdalih, jika jerami tidak segera dibakar maka akan banyak tikus yang bersarang dan tinggal di tumpukan jerami dan jika harus menebar jerami ke lahan sawah maka akan menambah pekerjaan, selain itu juga akan menghambat musim tanam padi mereka yang kedua/nyadon (jawa).

Dampak buruk yang disebabkan karena pembakaran jerami

Akibat dari pembakaran jerami padi tersebut banyak warga yang mengeluh sesak nafas karena tiap hari harus menghirup udara yang kotor. Apalagi sawah yang letaknya di jalur pantura, asap tersebut bagi para pengguna kendaraan bermotor sangat mengganggu pandangan mata karena jalan yang dilaluinya tertutup oleh kepulan asap yang tebal. Bahkan asap tersebut hingga menyebar ke pemukiman penduduk dan sangat mengganggu pernafasan.

Dampak Buruk Akibat Pembakaran Jerami Padi
Pembakaran jerami padi (dok. Kang Syahri)
Sebenarnya dengan membakar jerami, berarti telah membakar unsur hara kalium yang terkandung di dalamnya, sebab kesuburan tanah tersebut akan hilang. Secara perlahan namun pasti pembakaran jerami ini akan menurunkan produktifitas tanah, sehingga hasil panen akan semakin menurun.

Selain itu juga, dengan pembakaran jerami padi termasuk pemborosan bagi petani itu sendiri. Karena jika saja petani mau mengembalikan jerami padi ke sawah tentunya pemupukan akan bisa dikurangi, namun jika dibakar terus-menerus maka akan memerlukan biaya untuk pembelian pupuk yang lebih banyak.

Solusi yang harus diterapkan pada petani

Oleh karena itu sebaiknya bagi para petani mulai sekarang jika panen padi telah usai, alangkah baiknya tidak lagi membakar jerami padi tersebut. Dan bagi pemangku kepentingan agar selalu memberikan pengarahan dan pengawasan terkait akibat yang ditimbulkan dari pembakaran jerami padi tersebut kepada petani.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon