19 April 2018

Keunikan Kesenian Singa Depok Indramayu

Keunikan kesenian singa depok Indramayu

Jika kita berbicara Indramayu, pasti yang terpikirkan di benak kita adalah kota kecil di wilayah pantura Jawa Barat. Ya, karena Indramayu memang berada di Provinsi Jawa Barat dan juga dilalui oleh jalur pantura atau pantai utara.

Kesenian dari Indramayu sangat beraneka ragam, dan merupakan sebuah seni yang patut dilestarikan. Kesenian singa depok salah satunya yang sudah tidak asing lagi bagi warga Indramayu, Cirebon, Subang dan sekitarnya. Setiap daerah memiliki keanekaragaman kesenian. Kesenian ini sering dipentaskan oleh warga pada saat acara hajatanan seperti khitanan atau rasulan.

Keunikan Kesenian Singa Depok Indramayu
Kesenian Singa Depok Indramayu (Dok. Kang Syahri)

Keunikan Kesenian Singa Depok Indramayu diantaranya

Kesenian singa depok asal Indramayu ini berupa tari-tarian  yang diiringi alunan musik tarling khas Indramayu dan beberapa orang dengan mengangkat boneka besar yang banyak ragam bentuk, mulai dari bentuk kuda, buroq, singa, ular naga berkepala tiga, burung dan lain sebagainya. Biasanya singa depok ini naiki oleh anak-anak yang akan di khitan mengelilingi kampung. Bukan hanya anak yang akan dikhitan saja yang diarak, beberapa teman dan keluarga seumurannya juga turut serta. Terkadang rombongan singa depok ini memenuhi seperempat ruas jalan desa.

Biasanya rombongan yang berada di paling belakang terdiri dari penyanyi dan pemain musik campuran tradisional dan modern. Beberapa dari alat musik tersebut adalah drum elektrik, gitar, dan kendang. Untuk menunjang kebutuhan listrik pemain musik, di belakang mereka ada rombongan tambahan yang menyeret genset dengan roda di bawahnya. Selesai arak-arakan, biasanya ada pertunjukan sulap dan atraksi oleh kelompok pemanggul singa depok untuk menghibur para hadirin yang datang ke hajatan.

Kesenian Singa Depok Indramayu (Dok. Kang Syahri)
Kesenian dari Indramayu ini sebenarnya ada beberapa yang sama dengan daerah lain. Tapi tetap saja mempunyai beberapa perbedaan yang menjadi ciri khas daerah Indramayu. Itulah salah satu yang menjadi keunikan kesenian singa depok Indramayu. Jika Anda melewati jalur pantura silahkan mampir di Indramayu untuk melihat kesenian Indramayu yang unik ini. 

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon