24 February 2018

Cara Backup dan Pulihkan Template Blog

Cara backup dan pulihkan template blog

Bagi seorang blogger, apa lagi seorang blogger pemula pasti sering kali melihat tampilan blog milik orang lain sangat menarik dan ingin sekali mengganti dengan template blog yang serupa. Begitu juga dengan saya pribadi pernah mengalami hal yang sama. Sebenarnya untuk mengganti template blog bukanlah hal yang sulit, namun dengan seringnya berganti-ganti tema mempengaruhi kinerja dari blog tersebut, bahkan mungkin banyak gadget yang sudah tersusun dengan rapih pada saat sebelum merubah template tersebut akan menjadi berantakkan. Untuk itu saran saya sebelum anda mengganti sebuah template blog, pastikan pada saat pertama kali anda membuat blog harus yakin bahwa tema yang akan digunakan tersebut tidak akan diganti lagi dengan template blog yang lain dikemudian hari.


Sebaiknya sebelum anda mengganti template yang baru pastikan anda membackup terlebih dahulu agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya struktur kode html didalam template tersebut terjadi kerusakan, anda dapat memulihkannya kembali. Membackup dan memulihkan kembali sebuah tempalate itu suatu hal yang wajar. Apalagi bagi seorang blogger pemula, terkadang ingin menambahkan sebuah widget atau pun kode css, ada baiknya sebelum mengedit kode html pada tamplate tersebut anda backup terlebih dahulu agar nanti dapat dipulihkan kembali jika terjadi kerusakan.

Langkah-langkahnya cara backup dan pulihkan template blog.

Berikut ini saya akan bagikan langkah-langkahnya cara membackup dan pulihkan kembali template blog.
Seperti biasa, anda login terlebih dahulu ke blog yang anda kelola, kemudian klik menu Tema. 


Setelah halaman Tema terbuka, kemudian klik Backup/Pulihkan yang ada di pojok kiri atas seperti yang saya tandai dengan angka 2 pada gambar diatas.



Langkah berikutnya yaitu silahkan anda backup template blog yang anda gunakan dengan cara klik Download tema. Hasil download template tersebut akan tersimpan pada komputer anda dengan format XML Document, tinggal nanti anda rubah nama dari template hasil backup tersebut agar mudah dikenali dengan cara klik kanan pada file tamplate tersebut, kemudian pilih Rename. Berikan nama tempalate sesuka anda, tapi saya sarankan agar memberikan nama sesuai dengan nama blog yang anda kelola sendiri.

Setelah anda membackup tamplate, langkah selanjutnya jika ada ingin mengganti atau memulihkan kembali template blog anda, maka langkah-langkahnya yaitu klik Pilih file (cari letak file template di komputer anda/anda menyimpan file tersebut), kemudian klik Upload. Setelah file template tersebut terupload, kemudian klik Tutup. 

Itulah langkah-langkah cara membackup dan pulihkan template blog. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat bagi anda.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon