17 February 2018

Cara Membuat Dan Memasang Menu Navigasi Blog

Cara membuat dan memasang menu navigasi pada blog

Sebelum pembahasan lebih jauh tentang cara membuat dan memasang menu navigasi pada blog, lebih baiknya anda mengerti terlebih dahulu dengan apa yang dimaksud menu navigasi. Oleh karena itu akan saya jelaskan sedikit pengertian dari pada menu navigasi dan fungsinya. 

Menu navigasi merupakan sebuah tab menu yang berisikan petunjuk bagi pengunjung dan juga sebuah kategori dari sebuah situs yang berisi link tujuan yang sesuai dengan nama menu yang tercantum di dalamnya. Menu navigasi ini sendiri biasanya berada pada bagian Header, tapi tidak sedikit pula penyedia tamplete atau para blogger memasang menu navigasi ini pada bagian Footer.

membuat menu navigasi pada blog

Biasanya menu navigasi berisi tentang keabsahan dari sebuah blog yang dimilikinya, seperti terpasangnya Menu Privacy Policy, Disclaimer, Contact US, About Me, Terms of Service  dan lain sebagainya. Jika seorang blogger ingin mendaftarkan blognya ke google AdSense agar dari hobi menulis sebuah artikel diblog tersebut mendapatkan nilai nominal, maka syarat sebuah blog itu diantaranya adalah harus memasang menu navigasi pada blognya agar  mudah diterima sebagai publisher AdSense.

Memasang menu navigasi pada blog

Langkah-langkah membuat  menu  navigasi  pada  blog.

Berikut ini saya jelaskan langkah-langkah dalam  membuat  menu  navigasi  pada  blog.
Pertama-tama seperti biasa, anda masuk terlebih dahulu pada dasboard blog anda  kemudian  klik Halaman.

Membuat dan memasang menu navigasi pada blog


Langkah selanjutnya yaitu anda buat halaman baru untuk membuat menu navigasi tersebut dengan cara klik Halaman baru, seperti yang saya tampilkan pada gambar diatas yang ditandai dengan angka 2 (dua).

Setelah halaman baru terbuka, langkah berikutnya yaitu berikan judul pada halaman tersebut sesuai dengan nama yang akan dipasang pada menu navigasi. Misalkan anda akan membuat menu navigasi Privacy Policy, maka halaman yang anda buat pun harus menggunakan nama yang serupa. Setelah semuanya selesai, kemudain anda publikasikan. Tapi ingat anda harus meng-copy terlebih dahulu URL halaman yang sudah anda buat tersebut untuk dipasang pada menu navigasi tersebut.


Langkah-langkah memasang URL menu navigasi.

Langkah-langkah untuk memasang URL halaman agar dapat tampil pada menu navigasi yaitu, klik pada menu Tema, kemudian klik Edit HTML. Cari kode yang menampilkan menu navigasi, setelah kode menu navigasi tersebut ketemu, paste URL yang sudah didapat dari halaman yang anda buat. 

Cara membuat dan memasang menu navigasi pada blog

Setelah URL tersebut dipastekan pada menu Edit HTML, langkah selanjutnya klik Simpan Tema, dan halaman yang dipasang pada menu navigasi pun selesai dibuat. Untuk melihat hasilnya, anda dapat langsung klik Lihat blog atau melalui Pratinjau tema terlebih dahulu. 

Demikian langkah-langkah untuk membuat dan memasang menu navigasi pada blog, semoga apa yang saya bagikan melalui postingan kali ini dapat mengatasi kesulitan anda dalam membuat dan memasang menu navigasi.

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang hanya bisa sedikit menulis, meliput, meng-edukasi dan memberikan informasi melalui internet dan teknologi dengan misi mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya membaca melalui media internet

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon