FORTUNE Indonesia Summit 2022, Ajang Konferensi Terbesar Bidang Ekonomi dan Bisnis

Sejak Fortune resmi diluncurkan di Indonesia pada 8 Agustus 2021, bersama IDN Media, FORTUNE Indonesia terus berusaha memberikan informasi yang berkualitas, akurat, dan relevan seputar dunia bisnis.
Komitmen FORTUNE Indonesia mempersembahkan FORTUNE Indonesia Summit 2022 pertama kali

FORTUNE Indonesia Summit 2022

Salah satu bentuk komitmen FORTUNE Indonesia dengan bangga mempersembahkan FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang pertama kalinya. Platform yang menghadirkan multi-stakeholder dan business person paling berpengaruh di Indonesia ini mengangkat tiga tema besar yaitu impact, sustainability, dan growth.

Acara yang digelar selama 2 hari pada tanggal 18 hingga 19 Mei 2022 yang bertempat di The Westin, Jakarta ini mengangkat beragam topik, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability.

Category Awardee FORTUNE Indonesia Summit

Dalam event tersebut dihadiri oleh lebih dari 30 pembicara, mulai dari Menteri hingga para petinggi dari perusahaan-perusahaan berpengaruh, serta diramaikan oleh sekitar 1.000 peserta. Selain itu, diselenggarakan juga awarding session pada sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

1. Penghargaan Businessperson of the Year

Terdapat beberapa nama besar dalam daftar Businessperson of the Year, diantaranya Garibaldi Thohir, CEO Adaro Energy; Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina; William Tanuwijaya, CEO Tokopedia; hingga M. Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin dan Presiden Direktur Indika Energy.

Terdapat beberapa nama besar dalam daftar Businessperson of the Year

2. Penghargaan 40 Under 40

Sedangkan dalam daftar 40 Under 40 memuat nama tokoh-tokoh Indonesia dari berbagai sektor dengan usia di bawah 40 tahun per 1 Februari 2022, antara lain Anderson Tanoto, Managing Director RGE; Edward Tirtanata & James Prananto, Co-founder & CEO Kopi Kenangan; John Riady, CEO Lippo Karawaci & Direktur Lippo Group; Roderick Purwana, Managing Partner of East Ventures; konten kreator Arief Muhammad.

Terdapat 5 Category Awardee dalam daftar 40 Under 40

Terdapat 5 Category Awardee dalam daftar 40 Under 40, antara lain:
  1. Business, Those who are advanced in business before turning 40 years old
  2. Entertainment, Most celebrated young entertainers
  3. Government & Public Policy, Millennials in bureaucratic environments.
  4. Social, Those who are well known for their concerns in the field of social issues.
  5. Sports, Youngsters who excel in global sports competition.

Ekonomi Kreatif, Tulang Punggung Perekonomian Nasional

Pada FORTUNE Indonesia Summit 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno juga turut mengambil bagian sebagai pembicara. Beliau menyampaikan sejumlah pencapaian sektor pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk potensinya yang masih besar.

Ekonomi Kreatif, Tulang Punggung Perekonomian Nasional

Menurutnya, kedepan, ekonomi kreatif perlahan akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional karena sektor usaha ini memiliki peluang untuk tumbuh dengan lebih baik lagi kedepannya. Menurutnya pula, pada sektor ini meski menghadapi segala dinamika, termasuk pandemi Covid-19 terbukti tetap bertahan.

Mantan Wagub DKI Jakarta juga menambahkan, berdasarkan data kajian strategis Kemenparekraf, ekonomi kreatif menyumbang sekitar Rp1.273 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia tahun lalu. Bahkan, pada 2024 mendatang, sumbangsih lapangan usaha ini ditaksir meningkat menjadi 4,5 persen terhadap PDB.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga juga turut menyampaikan apresiasi atas digelarnya FORTUNE Indonesia Summit 2022. Beliau berharap acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 sebagai ajang konferensi terbesar di bidang ekonomi dan bisnis.

Beliau juga memberikan pujian pada peraih penghargaan Businessperson of the Year 2021 yang merupakan daftar pebisnis terbaik Indonesia, maupun 40 Under 40, daftar pemuda berpengaruh yang memiliki kontribusi positif bagi Indonesia.

Sandiaga berpendapat, ajang ini akan menjadi kesempatan bagi para pemimpin perusahaan, pebisnis, dan entrepreneur untuk saling belajar secara lintas industri.

Dunia Virtual, Bagian dari Ekspansi Bisnis

Tidak hanya menghadirkan pendiri perusahaan Investasi PT Saratoga Investama Sedaya, pada ajang FORTUNE Indonesia Summit juga menghadirkan Raffi Ahmad, Artis sekaligus Chairman Rans Entertainment sebagai pembicara.

Dunia Virtual, Bagian dari Ekspansi Bisnis

Pada kesempatan tersebut, Raffi Ahmad menuturkan jika saat ini sedang membuat sebuah proyek Metaverse, yakni RansVerse. Menurut Raffi, niatnya membentuk dunia virtual merupakan bagian dari ekspansi bisnis baru sekaligus untuk mempermudah berinteraksi dengan para penggemarnya tanpa batas ruang.

Dalam sesi talk show bertajuk The Future of Media, Raffi juga menuturkan jika RansVerse juga merupakan bentuk ikhtiar dari Rans Entertainment untuk mencoba bisnis baru. Proyek RansVerse menyediakan 24 ribu tanah virtual dan melibatkan 300 animator.

Bisnis Raffi Ahmad melalui RANS Entertainment memiliki banyak lini portofolio, mulai dari makanan, fashion, otomotif, digital, hingga olahraga. Selain menaungi rumah produksi RA Picture dan RANS Music, RANS Entertainment juga memiliki banyak bisnis lain, diantaranya RANS Animation Studio, RANS Beauty, RANS eSports, hingga klub olahraga bola basket dan sepak bola RANS Cilegon FC.

Penutup

Untuk dapat menghadiri event bergengsi di ajang FORTUNE Indonesia Summit 2022, Anda dapat berlangganan Majalah Fortune Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia.

Anda juga dapat mencari informasi lebih lengkap tentang FORTUNE Indonesia Summit 2022 dengan mengakses Instagram resmi FORTUNE Indonesia atau dengan menghubungi email hello@fortuneidn.com.

Referensi dan sumber gambar:
  1. https://fortunesummit.fortuneidn.com/
  2. https://www.fortuneidn.com/news/luky/sandiaga-uno-pariwisata-tulang-punggung-ekonomi-potensinya-besar
  3. https://www.fortuneidn.com/tech/luky/raffi-ahmad-beberkan-alasan-bikin-dunia-virtual-ransverse

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

9 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang santun sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. FORTUNE Indonesia Summit 2022 memberi angin segar bagi ekosistem bisnis Indonesia. Terima kasih sharingnya ya:)

    BalasHapus
  2. FORTUNE Indonesia SUMMIT ini acara bergengsi - mengagumkan ya melihat sepak terjang para orang sukses ini!

    BalasHapus
  3. Ada pak Sandiaga juga .. sungguh acara Fortune Indonesia Summit 2022 ini acara yang sangat bermanfaat dan inspiratif bagi para pebisnis Indonesia

    BalasHapus
  4. Acara yang sangat keren dan menginspirasi. Sharing yang sangat bermanfaat dan membangun semangat....

    BalasHapus
  5. kemarin ikutan nonton, wah banyak banget ilmunya di acara ini. bisa belajar dari orang-orang sukses.

    BalasHapus
  6. Acaranya keren ya. Apalagi pas liat Raffi Ahmad dengan proyek RANSverse nya. Benar-benar pintar memanfaatkan peluang

    BalasHapus
  7. Penghargaan untuk 40under40 ini bikin saya terinspirasi sekali.
    Banyak cara mendapatkan insight positif dan ini salah satunya

    BalasHapus
  8. Penghargaan 40under40 betul-betul memberikan inspirasi bagi saya. Insight positif bisa didapatkan dari banyak hal, salah satunya adalah lewat Fortune Indonesia Summit ini

    BalasHapus
  9. Acara Fortune Indonesia Summit ini sepertinya perlu diadakan tiap tahun ya, agar semakin banyak anak muda yang termotivasi untuk sukses sesuai dengan bidang yang ditekuninya

    BalasHapus
avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!