Tukang Intip di Grup WhatsApp BWA (Blogwalking Asik)

Sebagai seorang blogger pemula seperti saya, berkumpul dalam sebuah komunitas blogger merupakan hal yang wajib. Mengapa demikian, berdasarkan pengalaman serta apa yang tengah saya jalani, berkumpul dengan komunitas blogger memiliki banyak manfaat. Selain menambah relasi pertemanan dan menambah pengetahuan seputar blog, juga sebagai jalan rejeki.
Grup WhatsApp BWA (Blogwalking Asik) yang makin asik

Tukang Intip di Grup BWA

Meski berkumpul dalam sebuah wadah khusus blogger memiliki manfaat yang banyak, namun saya sendiri termasuk blogger silent reader. Fitur membisukan notifikasi pada aplikasi WhatsApp, selalu saya aktifkan di semua grup yang saya ikuti, kecuali grup keluarga.

Alasan saya mengaktifkan fitur tersebut sebenarnya bukan karena risih dengan suara notifikasi chat di grup, tapi agar suara tersebut tidak mengganggu aktivitas saya yang lebih penting, terutama masalah pekerjaan.

Penyematan tukang intip di grup WhatsApp yang saya ikuti, termasuk grup Blogwalking Asik saya rasa pantas bagi saya. Pasalnya, saya adalah orang yang lebih banyak menyimak apa yang menjadi bahan diskusi di grup dibanding berinteraksi.

Jarang muncul di obrolan dan jarang ikut BW (blogwalking) sebenarnya bukan tidak aktif, tetapi karena saya lebih asik menjadi pembaca setia. Selain itu, karena keterbatasan pengetahuan yang saya miliki sehingga tidak berani untuk memberikan pendapat jika di grup ada anggota yang bertanya sesuatu.

Awal Gabung di Grup Blogwalking Asik

Awal mula saya bergabung di grup BWA diajak oleh teman blogger yang saya kenal pertama kali di grup IAPD (Indonesia AdSense Publisher Discussion) Google Plus sejak tahun 2018. Dia merupakan blogger yang berasal dari daerah yang sama, yakni Indramayu.

Ya, Doeljani atau yang akrab disapa Bang Doel pemilik blog doel.web.id dan blog kopitekno.com. Darinya, saya banyak belajar tentang blog. Meski berada dalam satu grup yang sama, tiap kali saya menemui permasalahan terkait blog dan lainnya, saya tidak segan bertanya langsung melalui chat pribadi, dan tiap pertanyaan yang saya ajukan, tidak segan dijawabnya.

Maski kami tinggal di satu daerah yang sama, tapi hanya beberapa kali ketemu. Mungkin karena jarak yang lumayan berjauhan dan karena kesibukkan kami masing-masing jadi tidak sesering bertemu dengan teman blogger yang masih satu desa.

Manfaat Gabung di Grup Blogwalking

Bagi saya, keberadaan grup blogwalking sebenarnya memiliki keuntungan tersendiri, meski hanya sebagai tukang intip di grup. Selain dapat menambah jaringan pertemanan dan memperoleh banyak pengetahuan, ada beberapa manfaat lain yang saya peroleh, diantaranya:

Memperoleh Ide Sebagai Bahan Tulisan

Dengan bergabung di grup blogwalking, secara tidak langsung saya memperoleh banyak ide baru untuk bahan tulisan di blog. Saat mengunjungi blog member lain, banyak mendapatkan informasi yang dapat dijadikan inspirasi untuk membuat konten baru.
Baca juga:
Ide pun tidak hanya diperoleh dari berkunjung ke blog yang lain saja, melalui obrolan sesama member di grup, baik itu membahas seputar blog atau membahas hal lain pun dapat dijadikan objek tulisan.

Mendapat Bantuan Jika Mengalami Kesulitan

Manfaat lain yang saya peroleh dari bergabung di grup blogwalking asik yaitu dapat memperoleh bantuan saat menemui kesulitan, baik teknis ataupun non teknis. Anggota yang lain tidak segan-segan memberikan solusi jika ada permasalahan yang sedang dialami.

Bahan Evaluasi untuk Blog Sendiri

Sering berkunjung ke blog sesama anggota grup, saya pun banyak memperoleh referensi sekaligus evaluasi. Dengan begitu dapat mengetahui kekurangan blog yang saya kelola. Mengevaluasi dengan cara membandingkan dengan blog yang lain, mulai dari penentuan niche, cara penulisan, gaya bahasa dan lain sebagainya.

Tempat Mempromosikan Blog

Selain dapat dijadikan ajang untuk memperluas ruang lingkup sosial antar sesama blogger, gabung di grup WhatsApp blogwalking asik juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan blog. Blog saya makin banyak dikenal dan jumlah lalu lintas kunjungan blog pun semakin meningkat.

Tentang Grup Blogwakling Asik

Grup WhatsApp Blogwalking Asik yang digawangi oleh Mbak Rini Novita Sari dan Mbak Hani (Tri W. Handayani) ini telah berdiri sejak tahun 2019, tepatnya pada tanggal 20 November 2019. Hingga hari ini telah memiliki 219 anggota dan dua admin. Dari semua member, banyak pula yang seperti saya, menjadi tukang intip. Hihihi..

Challenge di Grup BW Asik

Oiya, saat tulisan ini dibuat, grup blogwalking asik telah menginjak usia yang ke dua tahun. Dan tulisan ini diikutsertakan pada challenge dari admin rangka memeriahkan hari jadi grup BW Asik yang ke dua tahun dengan menulis artikel di blog masing-masing anggota.

Kegiatan zoom meeting di grup WhatsApp Blogwalking Asik

Ada dua tema penulisan yang ditentukan oleh admin, pertama, materi seputar kesan saat mengikuti pelaksanaan webinar yang telah berlangsung melalui Zoom Meeting pada tanggal 19 November. Pada webinar tersebut menghadirkan Bang Doel sebagai narasumbernya, dengan tema "Cara Meningkatkan Traffic Blog".
Baca juga:
Tema yang kedua, bagi peserta yang tidak dapat hadir saat webinar, maka wajib menulis artikel tentang Grup WhatsApp BW Asik, baik kesan, alasan masuk grup, cerita selama bergabung di grup atau topik lainnya. Saya sendiri memilih tema ini karena pada saat webinar berlangsung, tidak dapat hadir karena sakit.

Challenge ini juga banyak bertebaran hadiah menarik dari sponsor yang juga berasal dari anggota grup BW Asik. Semoga saja saya salah satu dari peserta yang beruntung mendapatkan hadiah menarik tersebut. Hihihi, ngarep!. 😀😀😀

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Kang Syahri Online
Selamat datang di Kang Syahri
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!
Chat with WhatsApp