13 November 2018

Kecewa Tiga Kali Pengajuan PIN AdSense Tidak Datang, Inilah Solusinya !

Loading...

Kecewa Tiga Kali Pengajuan PIN AdSense Tidak Datang, Inilah Solusinya !

Kecewa Tiga Kali Pengajuan PIN AdSense Tidak Datang, Inilah Solusinya !
PIN (Personal Identitas Number) Google Adsense
Menjadi seorang publisher periklanan yang diselenggarakan oleh google baik itu diperoleh mendaftar melalui platform blog maupun youtube adalah suatu kebanggaan bagi orang tersebut karena pemilik situs web, blog atau pun youtube telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya sehingga dapat memasang iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh google di halaman web, blog yang mereka kelola.

Dari pemasangan iklan tersebut pemilik situs atau blog akan mendapatkan penghasilan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung situs tersebut atau yang lebih dikenal dengan istilah sistem PPC (Pay Per Click) atau dibayar per klik iklan tersebut.

Namun bagi seorang publisher Adsense pemula seperti saya, untuk mendaftar dan disetujui keanggotaannya saya rasa sangat sulit. Tapi meskipun begitu saya tidaklah berkecil hati untuk terus mencoba mendaftar agar dapat disetujui. 

Pengalaman ditolak menjadi publisher Adsense

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya lalui, dari 3 kali mendaftar google adsense hanya 1 kali yang sudah disetujui. Yang lainnya ditolak terus, entah mungkin karena blog yang saya kelola belum layak dengan alasan-alasan yang menurut google adsense belum belum layak untuk menayangkan iklan di situs yang saya kelola.

Tahapan yang harus dilalui jika sudah disetujui menjadi publisher Adsense

Meskipun pengajuan keanggotaan sudah disetujui, ternyata masih ada lagi tahapan-tahapan yang mesti dilewati, yakni diantaranya adalah harus dapat memverifikasi PIN (Personal Identitas Number). PIN tersebut didapatkan jika penghasilan telah mencapai ambang batas yakni $10 atau setara dengan Rp. 130.000,- dalam mata uang Indonesia.

Saya sendiri dari sekian bulan serius menggeluti blog, akhirnya blog yang saya daftarkan pun mendapatkan notifikasi pada halaman beranda google adsense untuk mengajukan permohonan pengajuan PIN yang pertama. Menerima notifikasi tersebut bagi saya sangatlah senang karena jika telah melalui tahapan tersebut artinya saya nanti akan memperoleh penghasilan dari blog yang saya kelola. 

Kekecewaan saya pada google Adsense karena PIN tidak kunjung datang

Pengajuan PIN yang pertama yaitu pada tanggal 23 Juli 2018, dari pengajuan PIN pertama tersebut google adsense memberitahukan bahwa PIN akan segera sampai ke alamat saya dalam waktu 2-4 minggu. Dengan sabarnya saya terus menunggu PIN tersebut sampai pada alamat saya, namun kekecewaan yang saya dapat, karena PIN tak kunjung tiba. 

Dengan penuh rasa kecewa, saya mencoba bertanya pada teman-teman di komunitas IAPD tentang masalah yang saya alami. Indonesian Adsense Publisher Discussion atau yang lebih dikenal dengan IAPD Adalah komunitas tempat berkumpulnya para publisher AdSense Indonesia, komunitas ini diciptakan bertujuan agar dapat saling berdiskusi, belajar, dan berbagi pengalaman bersama guna meningkatkan penghasilan online dengan Google AdSense.

Dari komunitas tersebut saya memperoleh jawaban melalui pertanyaan yang sudah saya ajukan yakni agar mengajukan kembali PIN kedua. Tepatnya 20 Agustus 2018 saya pun mengajukan PIN yang kedua. Namun lagi-lagi kekecewaan pun saya dapatkan karena hingga tanggal 20 September 2018 PIN masih tetap tidak sampai pada alamat saya, padahal alamat pada halaman pembayaran google adsense tersebut sudah sesuai dengan alamat tempat tinggal saya yang tertera pada KTP.

Dari pengajuan PIN yang pertama dan yang kedua ini saya tidak bosan-bosannya untuk mendatangi langsung kantor POS dan Giro yang terdekat di kecamatan saya bahkan hingga mendatangi Kantor POS dan Giro Kabupaten langsung untuk menanyakan kedatangan surat dari google Adsense barangkali terselip atau belum sempat dikirim ke alamat saya, namun jawaban dari pegawai POS katanya belum ada surat yang masuk.

Kekecewaan pun datang lagi pada diri saya, namun dari kekecewaan tersebut tidaklah membuat saya putus asa dan berkecil hati, Tanggal 26 September 2018 saya pun mengajukan kembali permohonan PIN yang ketiga, hingga 4 minggu batas waktu untuk memverifikasi PIN yang ketiga pun telah habis, akhirnya pada halaman beranda akun google adsense saya terdapat notifikasi jika tidak segera memverifikasi PIN maka iklan tidak dapat ditayangkan kembali pada situs yang saya kelola. 

Kecewa Tiga Kali Pengajuan PIN AdSense Tidak Datang, Inilah Solusinya !
Email notifikasi PIN

Solusi terakhir untuk verifikasi PIN yang tidak kunjung datang dengan unggah KTP

Namun, Google adsense memberikan kebijakan yang terakhir yakni agar menunggah dokumen bukti identitas yang saya miliki. Setelah 4 bulan pengajuan PIN yang pertama sampai dengan yang ketiga sudah dilewati dan PIN tidak kunjung datang, tepatnya tanggal 30 Oktober 2018 akhirnya saya ikuti petunjuk untuk mengunggah dokumen bukti identitas (KTP).

Kecewa Tiga Kali Pengajuan PIN AdSense Tidak Datang, Inilah Solusinya !
Formulir unggah dokumen identitas (KTP)

Langkah-langkah untuk unggah dokumen identitas yaitu anda diminta untuk mengisi formulir sesuai dengan data pada akun google adsense
  1. Masukan nama lengkap sesuai dengan yang tertera KTP
  2. Pada kolom yang kedua, isikan dengan ID penayang google adsense milik anda,
  3. Kemudian pilih foto/gambar identitas pribadi (KTP) yang sudah di persiapkan. Kalau saya sendiri KTP tersebut saya foto dengan format PNG, yang penting dokumen identitas tersebut jelas terbaca.
  4. Setelah semuanya selesai, terkhir klik tombol kirim.
Baca juga : Cara agar semangat menulis artikel di blog
Alhamdullah tidak kurang dari 5 menit dapat balasan dari google adsense melalui email yang menjelaskan seperti gambar diatas dan notifikasi verifikasi PIN pada halaman adsense sudah hilang dengan sendirinya. Dengan hilangnya notifikasi verifikasi PIN berarti pengajuan melalui unggah dokumen bukti identitas sudah di setujui oleh google adsense.Jika sudah mendapat balasan email, maka anda sudah tidak memerlukan PIN lagi, dan otomatis akun google adsense anda terverifikasi.

Itulah sedikit pengalaman saya cara mengatasi masalah jika PIN google Adsense yang tidak kunjung datang padahal sudah tiga kali pengajuan PIN yaitu dengan cara mengunggah dokumen bukti identitas kita (KTP)

KANGSYAHRI.COM Merupakan media informasi berbasis online yang berisikan tentang informasi seputar dunia pendidikan, berita dan berbagai kumpulan artikel menarik lainnya.

This post have 4 komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon

  1. Sayang jadi inget dulu jaman kuliah menanti surat cinta dari google, pas gilaran udah terima, eh 1 hari menjelas pencairan kena suspend massal, akhirnya berhenti ngeblog deh, tapi tahun ini saya mau berusaha lagi hehe, Kalau sempat silahkan mampir ke blogku ya di https://www.febrianammar.com/ terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangat lagi mas, jangan pantang mundur. Lebih baik fokuskan dulu ngeblognya. penghasilan biar mengikuti. Karena proses itu pasti tidak akan membohongi hasil.

      Terimaksasih atas kunjunganya

      Delete
  2. Aku alhamdulillaah ga lama2 amat dapat surat cinta dari google hihii... Kalau jodoh ga ke mana, mas, sing sabar aja. Yang penting happy dengan menulis kan berbagi kisah kepada para pembacanya. Mantul uhuyyy! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul apa kata Mbak Nurul, Terus saja nulis dan bagikan pd pembaca. Nikmati saja...

      Delete