29 September 2018

3 Cara Agar Semangat Menulis Artikel Di Blog

3 Cara Agar Semangat Menulis Artikel Di Blog

Malas memang sudah menjadi hal yang biasa pada diri manusia, termasuk saya sendiri akhir-akhir ini merasakan malas untuk membuat sebuah artikel pada blog Kang Syahri yang saya kelola ini. Padahal dalam sebuah blog, yang namanya artikel adalah denyut nadi kehidupan blog itu sendiri. Tidak dipungkiri, rasa malas itulah yang menyebabkan blog kita sepi dari pengunjung setia. Perlu kita ketahui, pengunjung akan selalu menunggu artikel-artikel terbaru dari pengelola blog yang sudah jadi langgananya. Kalau dari pengelola blog tersebut tidak ada lagi aktifitas untuk menyuguhkan artikel atau konten-konten terbarunya, otomatis mereka akan kabur dan beralih kepada blog atau website yang lain.

Menulis Artikel Yang Bermutu di Blog


Jika diibaratkan sebuah bangunan, sebuah blog tanpa artikel itu bagaikan rumah tanpa penghuni di dalamnya. Bangunan itu terlihat dari luar begitu megah, tapi didalamnya hampa tanpa canda gurau dan aktifitas penghuninya.

Biasanya timbulnya rasa malas pada diri seorang blogger untuk membuat artikel itu karena sebab-sebab tertentu, diantaranya mungkin lagi Bad Mood, BeTe, atau mungkin Sedang Galau. Untuk menghilangkan semua itu, saya akan memberikan tips agar tumbuh semangat dalam menulis artikel yang bermutu dan relevan dapat tumbuh lagi.
1. Refreshing
Jika Anda memiliki kesibukan yang lain selain menjadi seorang blogger, tentunya refreshing bersama keluarga akan memberikan sebuah penyegaran pada otak kita untuk berfikir serta membuat tubuh lebih fresh. Refreshing tidak hanya dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dan sebagainya. Dengan menyalurkan hobi kita seperti memancing atau bermain game pun sebenarnya dapat juga dijadikan solusi untuk menyegarkan segala aktifitas pada tubuh kita dari kepenatan.

2. Istirahat atau tidur
Ketika anda merasakan rasa malas pada saat membuat sebuah artikel, maka jangan dipaksakan. Karena jika terus dipaksakan yang ada nanti artikel yang anda buat akan berantakan. Istirahatkan mata dan fikiran anda melalui tidur. Biasanya kalau orang yang kelelahan dari beraktifitas, maka otot mata akan menjadi kaku dan fikiran pun akan buntu untuk berfikir. Naaaah setelah bangun dari tidur, kita bisa melanjutkan kembali untuk menulis, biasanya jika tubuh kita sudah diistirahatkan (tidur) pada saat bangun tidur kita akan banyak mendapatkan ide-ide yang bagus. Ide-ide tersebut dapat kita tuangkan untuk mejadi sebuah artikel.

3. Mambuat jadwal
Untuk membuat sebuah artikel pada blog, kita tidak dituntut mesti tiap hari standby didepan layar monitor. Namun jika kita memiliki jadwal yang terencana, membuat sebuah artikel dapat kita lakukan terjadwal. Misalnya dalam seminggu harus membuat tujuh buah artikel, berarti sehari kita siapkan satu artikel. 

Menulis Artikel Yang Bermutu di Blog
Jadwal publikasi artikel
Kenapa harus membuat jadawal?, Jika kita memiliki jadwal terencana, tentunya akan membantu kita jika ada kesibukan esok harinya. Seperti yang kita ketahui pada saat kita membuat sebuah artikel, dihalaman Entri terdapat menu Setelan entri dan disitu ada submenu Jadwal yang berikon Jam. Kita dapat mengatur jadwal sesuai keinginan kita. Contohnya kalau anda hari ini sedang semangat membuat artikel, mungkin esok hari anda ada kesibukan yang lain, maka anda buat artikel tersebut lebih dari satu. Agar artikel yang kita buat hari ini dapat dipublikasikan esok hari, maka kita setel pengaturan jadwalnya untuk esok hari dan artikel tersebut akan dipublikasikan dengan sendirinya sesuai dengan setelan tanggal dan waktu yang kita buat sebelumnya.

Itulah Tips agar tumbuh semangat dalam membuat artikel yang bermutu dan relevan dapat tumbuh lagi. Semoga artikel ini dapat membantu anda jika sedang mengalami kemalasan dalam membuat artikel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan menjadikan solusi untuk tumbuh kembali semangat dalam membuat artikel

Baca Juga :

4 komentar

bener juga gan kalo mau buat artikel yang mesti dijadwalin, biar kita updatenya teratur

Iya mas, malah dengan kita membuat jadwal yang terencana, tanpa disadari blog kt terus update artikel terbaru setiap harinya. itulah diantaranya keuntungan membuat jadwal

kalau saya pribadi yang tetap bikin semangat menulis itu adalah ada target jumlah artikel yang diterbitkan. Walaupun untuk mencapai itu perlu juga refresing dan istirahat sejenak kang. hehe

Target memang diperlukan dalam membuat artikel. Tapi disisi lain kita pun jangan terlalu dipaksakan untuk sebuah target yang terlalu berlebihan mas. Sewajarnya saja klo menurut saya pribadi sih

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak menempelkan link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...
EmoticonEmoticon